Advertorial

Gajah Monster Kembali Beraksi di Otobursa Tumplek Blek 2018

Kompas.com - 06/07/2018, 15:58 WIB

Wilayah Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat akan penuh dengan ingar-bingar dan raungan mesin-mesin besar (21-22/7/2018) karena acara Otobursa Tumplek Blek 2018. Seperti biasa, akan hadir Gajah Monster (Gamon) yang sudah menjadi ikon acara.

Atraksi gilas mobil tentu menjadi salah satu konten acara yang ditunggu oleh para pengunjung. Bagaimana tidak, Gamon akan melindas beberapa mobil yang jadi rintangan. Namun tenang, acara ini akan tetap aman karena ditangani oleh tenaga profesional.

Basis Gamon sendiri yakni Chevrolet Jimmy Blazer keluaran 1976. Standarnya, Chevy Blazer ini memiliki bentuk kotak, khas mobil Amerika. Sementara itu, mesinnya menggunakan milik marine atau truk yang aslinya berkapasitas 350 cu in.

Perjalanan Modifikasi Gamon

Untuk kepentingan atraksi, Gamon mengalami banyak modifikasi dari kondisi semula. Di awal tahun diciptakannya Gamon, bodinya masih kotak kotak dengan warna yang berganti dari putih ke merah.

Kemudian lingkar roda juga sudah ganti menggunakan yang besar. Gamon pernah menggunakan ban berukuran 44 inci. Tentu bisa dibayangkan betapa besar dan jangkungnya mobil itu ditambah bodi kotaknya yang membuatnya semakin terlihat sangar.

Seiring perjalanan, wajah Gamon berubah; mulai bodi, suspensi dan ban. Mesin masih sama yakni Chevrolet V8, tetapi kapasitas naik menjadi 454 cu in dan injeksi dengan 2 throttle body. Itu semua demi kerennya aksi Gamon saat gilas mobil. Juga agar tenaga lebih mudah keluar.

Sistem penggerak menggunakan 4WD yang memudahkannya ketika menggilas mobil karena ban depan dan belakang ikut berputar. Tingkat “kerusakan” pada mobil yang digilas jadi maksimal.

Sementara gardan menggunakan milik Toyota Land Cruiser VX80. Ban yang dipakai kini berukuran 39,5 inci, sedikit lebih kecil dibanding yang terdahulu. Meski demikian, hal itu tidak mengubah keseruan atraksi

Selain itu, bodi Gamon juga sudah berubah bentuk, yakni menggunakan bahan serat kaca sehingga lebih enteng dibanding bentuk kotak.

Wujud Gamon 2018

Nah, untuk atraksi 2018 ini, Gamon kembali akan berubah wujud. Desainnya akan jauh lebih menarik dari sebelumnya. Pastinya pengunjung akan terasa lebih familiar terhadap tampang Gamon yang terbaru.

Penasaran? Makanya datang dong ke acara Otobursa Tumplek Blek 2018 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat (21-22/7/2018). Sampai ketemu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com