Advertorial

Serap Lebih Banyak Tenaga Kerja, Kampus Harus Cetak Lulusan Berkualitas

Kompas.com - 13/07/2018, 15:48 WIB

Guna meningkatkan keterserapan tenaga kerja dari lulusan perguruan tinggi di Indonesia, kampus ditantang agar lebih berperan aktif dalam menghasilkan lulusan berkualitas dan berdaya saing.

Berdasarkan data ketenagakerjaan terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah angkatan kerja pada Februari 2018 adalah 133,94 juta orang. Jumlah itu terdiri dari 127,07 juta orang yang bekerja, dan 6,87 juta orang sisanya masih menganggur.

Catatan BPS juga menunjukkan, jumlah penduduk bekerja dari pendidikan tinggi baru pencapai 15,21 juta orang, atau baru 11,97 persen dari jumlah keseluruhan.

Menjawab tantangan akan kondisi itu, Universitas Islam Indonesia (UII) menjadi salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang mendapat lima bintang dalam kategori kelayakan kerja dari penilaian Quacquarelli Symonds (QS) Stars University Ratings.

QS adalah lembaga pemeringkatan internasional yang berbasis di London. Penilaian ini menunjukkan pengakuan internasional akan keunggulan UII dalam menyediakan berbagai fasilitas dan pelatihan persiapan karier guna menaikkan kelayakan kerja alumninya.

Capaian lima bintang itu tidak lepas dari layanan terbaik yang tersaji melalui UII Career Center dalam perannya menjembatani para pencari kerja lulusan perguruan tinggi (job seeker) dengan industri (employer).

Berikut adalah 4 layanan yang diberikan oleh UII Career Center:

1. Konseling dan pendampingan karier

Bagi mahasiswa yang masih bingung dalam menentukan karier, mereka dapat berkonsultasi dengan psikolog untuk mendalami potensi dan minat kerja, serta mendapat berbagai cerita inspirasi dari pengalaman karier para alumni.

2. Media sosial jejaring alumni (Graduway)

UII menghubungkan mahasiswanya dengan jaringan alumni yang terintegrasi melalui media sosial Graduway sehingga memungkinkan mereka mencari mentor pribadi sekaligus memperluas jaringan profesional dengan alumni di berbagai profesi. Graduway merupakan media sosial jejaring alumni yang juga digunakan oleh kampus-kampus besar dunia seperti University of College London dan University of California, Los Angeles.

3. Informasi lowongan kerja melalui career.uii.ac.id

Melalui situs web ini, informasi lowongan kerja tersedia setiap saat sehingga memberikan kemudahan bagi job seeker untuk melamar kerja secara daring (online) dan langsung terhubung dengan employer.

4. UII Integrated Career Days

Acara pekan karier terpadu ini diselenggarakan secara rutin dan mencakup kegiatan job fair, campus hiring, online recruitment, dan walk in interview yang mempertemukan job seeker dengan banyak perusahaan mitra UII secara langsung.

Keempat layanan tersebut terus ditingkatkan untuk memberikan pelayanan terbaik dan kemudahan bagi lulusan UII dalam pengembangan kariernya.

Komitmen kuat untuk mencetak lulusan dengan kelayakan kerja yang tinggi membuat UII menjadi kampus ideal untuk mengasah ilmu dan mengembangkan diri.

Jadilah bagian dari UII untuk menjadi lulusan berkualitas dan berdaya saing tinggi. Info lengkap tentang pendaftaran, kunjungi pmb.uii.ac.id atau media sosial @uiiyogyakarta.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com