Advertorial

Mudahnya Mengajukan Pinjaman untuk Berbagai Kebutuhan

Kompas.com - 14/07/2018, 09:54 WIB

Memiliki utang atau pinjaman bukan lagi hal yang tabu. Banyak negara maju yang memanfaatkan pinjaman untuk mendorong pertumbuhan ekonominya. Lihat saja utang negara adidaya, Amerika Serikat, yang mencapai senilai 19,23 triliun dolar AS, kemudian Inggris yang memiliki pinjaman senilai 9,087 triliun dolar AS. Tumpukan pinjaman tersebut digunakan untuk pembangunan ekonomi dan infrastruktur, mulai dari jalan, sarana umum, pendidikan dan lain sebagainya.

Nah bagaimana dengan Tanah Air kita, Indonesia? Hingga saat ini utang luar negeri Indonesia mencapai kisaran Rp5.000 triliun atau sekitar 358,7 miliar dolar AS. Jika dilihat dari kacamata bisnis, instrumen utang sah sah-sah saja digunakan untuk menyokong ekspansi ekonomi.

Apalagi melihat tingkat pertumbuhan Indonesia yang saat ini mencapai 5,06%, menandakan kalau tingkat pertumbuhan Tanah Air masih cukup tinggi dibanding negara lain yang justru sudah mulai jenuh. Alhasil, sekarang banyak bertumbuh lembaga-lembaga keuangan, baik itu perbankan maupun pembiayaan.

Ditambah, sampai sekarang pertumbuhan ekonomi kita masih digerakkan oleh sektor konsumsi, bahkan pada tahun lalu, dari sisi pengeluaran, konsumsi rumah tangga menyumbang sekitar 56,13% terhadap produk domestik bruto (PDB). Artinya belanja masyarakat merupakan katalis utama dalam pergerakan ekonomi di Indonesia.

Melihat hal itu, tak aneh jika industri perbankan tanah air berlomba-lomba meluncurkan produk keuangan untuk memanjakan hasrat konsumsi masyarakat. Bahkan jika menilik data statistik perbankan Indonesia, pertumbuhan tertinggi dalam saluran kredit perbankan selama 2017 terjadi pada kredit konsumsi yang mampu tumbuh 11,02% menjadi Rp1.335,4 triliun dari posisi sebelumnya Rp1.202,83 triliun.

Kemudian di posisi kedua, diikuti oleh kredit modal kerja yang bertumbuh 8,48% menjadi Rp2.222,81 triliun dari posisi sebelumnya Rp2.049,1 triliun. Nah, menyoal kredit konsumsi, saat ini terdapat beberapa jenis produk yang digandrungi oleh masyarakat, seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Khusus untuk KTA, produk  ini banyak digandrungi oleh khalayak ramai karena sifatnya yang mudah dalam pengajuan dan juga cepatnya waktu pencairan. Dengan KTA, Anda dapat memenuhi kebutuhan jangka pendek, seperti untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, renovasi rumah dan bahkan untuk modal bisnis sekalipun. Berikut beberapa manfaat KTA.

Mudah dan Tidak Membutuhkan Jaminan

Untuk mengajukan fasilitas kredit ini, Anda tidak perlu repot datang ke bank penerbit produk KTA. Cukup mengakses situs CekAja.com, di sana Anda akan menemukan beragam produk KTA yang dimiliki oleh bermacam lembaga keuangan dan mitra perbankan. Anda dapat menemukan produk mana yang memberikan penawaran terbaik, baik itu dari sisi suku bunga ataupun kemudahan persyaratan.

Selain itu karena sifatnya yang tanpa agunan alias tanpa jaminan, hal itu membuat produk pinjaman ini menjadi kian menarik. Karena berarti nasabah tidak perlu memberikan jaminan aset seperti BPKB, sertifikat rumah atau perhiasan sekalipun untuk mendapatkan fasilitas ini.

KTA memungkinkan Anda agar tetap bisa memanfaatkan aset untuk keperluan lain. Meskipun tanpa jaminan, Anda tetap harus membayar kewajiban sesuai waktunya.  Karena semakin tertib Anda melakukan pembayaran, maka semakin terbuka peluang untuk mendapatkan kreditur baru dengan plafon yang lebih tinggi tentunya.

Penggunaan Dana yang Fleksibel

Keunggulan atau kelebihan KTA selanjutnya adalah fleksibilitas untuk penggunaan dana pinjaman. Nasabah diberi kebebasan dalam menggunakan dana pinjaman untuk keperluan apapun, baik itu untuk renovasi rumah, membeli mobil, biaya pendidikan, biaya kesehatan dan untuk memenuhi gaya hidup sekalipun, diperbolehkan oleh bank.

Selama profil risiko Anda masih berada dalam batas normal, bank kemungkinan meloloskan aplikasi Anda. Namun, ada baiknya menggunakan dana pinjaman untuk hal-hal yang produktif, misalnya modal bisnis. Sehingga dana yang dipinjam kelak bisa berguna bagi kesejahteraan Anda sendiri.

Proses Pengajuan yang Cepat

Pengajuan KTA memiliki prosedur yang sangat mudah dan cepat. Disini tidak diperlukan adanya survei, evaluasi aset jaminan dan beragam prosedur yang biasanya dilakukan pada penyaluran kredit  konvensional.

Untuk mendapatkan fasilitas ini Anda hanya tinggal mengisi formulir pengajuan yang berisikan data diri dan data keuangan untuk kemudian dilakukan penilaian oleh bank. Melalui CekAja.com, Anda bisa melakukan semua proses pengajuan melalui laptop atau bahkan gadget Anda tanpa perlu repot.

Apalagi, saat ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga sudah memiliki sistem layanan informasi keuangan (SLIK). Melalui sistem anyar tersebut, debitur dapat mengetahui data kredit perbankan seperti data pokok debitur, plafon kredit, baki debet, kualitas kredit, beban bunga, cicilan pembayaran serta denda atau penalti pinjaman. SLIK juga bisa memberikan informasi mengenai status agunan serta rincian penjamin kredit.

Nah, jika Anda tertarik, segera ajukan pinjaman melalui CekAja.com. Sebagai salah satu anak usaha perusahaan global, C88 Financial Technologies. CekAja.com memberikan fasilitas perbandingan produk keuangan sesuai kebutuhan hingga pengajuan dengan proses yang aman, mudah dan terpercaya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com