Advertorial

Ini Pentingnya Memiliki Kartu Kredit di “Zaman Now”

Kompas.com - 24/07/2018, 17:06 WIB

Pemerintah melalui Bank Indonesia tengah menggalakkan Gerakan Nasional Non Tunai atau GNNT. Hal itu dilakukan agar masyarakat mulai beralih menggunakan alat pembayaran non tunai, salah satunya kartu kredit untuk bertransaksi. Melalui gerakan ‘revolusi mental’ itu, diharapkan transaksi pembayaran menjadi lebih efektif dan aman. Apalagi, banyak manfaat yang bisa masyarakat dapatkan dari gerakan tersebut.

Gerakan yang diinisasi oleh Agus Martowardojo, Gubernur Bank Indonesia periode 2013 hingga 2018 itu tampaknya menunjukkan perkembangan yang signifikan. Pasalnya jika dilihat lebih seksama,  jumlah penggunaannya alat pembayaran non tunai terus menanjak, khususnya kartu kredit.

Mengacu data Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI), nilai transaksi kartu kredit per Maret 2018 sudah mencapai Rp 71,13 triliun. Jumlah tersebut setara dengan 25 persen dari total nilai transaksi kartu kredit sepanjang 2017 lalu yang mencapai Rp288,91 triliun.

Sedangkan untuk jumlah transaksi, per Maret tahun ini ada 82,02 juta transaksi kartu kredit dari 17,39 juta kartu yang beredar. Data tersebut menunjukkan hal yang positif, karena artinya masyarakat mulai menyadari pentingnya uang digital.

Melihat data tersebut, GNNT tampaknya disambut dengan baik oleh masyarakat Indonesia secara luas. Alasannya, di samping karena prosesnya yang aman dan mudah, transaksi menggunakan kartu kredit juga memiliki beberapa keuntungan seperti berikut ini.

1. Menunjang aktivitas di luar negeri

Bepergian ke mancanegara, baik untuk urusan pekerjaan, bisnis, atau sekedar liburan tentu perlu persiapan matang. Anda harus menyiapkan alat transaksi pembayaran yang bisa diterima di berbagai negara tersebut.

Nah, selain mata uang negara tujuan, kartu kredit juga bisa digunakan untuk alternatif alat pembayaran ketika berada di luar negeri. Kartu kredit bisa diterima di mana saja selama suatu merchant memiliki logo VISA atau Mastercard. Dengan begitu, Anda akan mudah bertransaksi selama berada di luar negeri.

Bayangkan jika Anda membawa uang tunai dalam jumlah yang minim, tetapi harus membeli sesuatu yang penting di luar negeri? Anda tinggal mengeluarkan kartu kredit dan transaksi bisa langsung dilakukan. 

2. Membantu berhemat lewat aneka promosi

Nah, tak terbayangkan bukan bagaimana bisa kartu kredit membuat Anda berhemat? Ya, Anda bisa melakukan penghematan dengan selalu mengecek program promosi dari kartu kredit yang sedang berlangsung.

Promo kartu kredit seringkali berupa potongan harga atau cashback di restoran, hotel, tempat wisata, dan sebagainya. Dengan adanya promosi semacam itu, maka Anda bisa lebih hemat saat melakukan transaksi.

Selain itu, beberapa kartu kredit pun memberikan potongan harga apabila berbelanja di supermarket.

 3. Terdapat fasilitas cicilan yang meringankan

Fasilitas cicilan akan sangat meringankan ketika membeli barang yang cukup mahal tetapi dana belum tersedia. Misalnya, untuk membeli peralatan elektronik untuk mengganti barang yang rusak.

Dengan adanya fasilitas cicilan, maka Anda akan lebih mudah mengatur pengeluaran. Anda bisa mendapatkan barang yang Anda butuhkan di waktu dan kondisi keuangan yang tepat.

 4. Memudahkan berbelanja online

Saat ini semakin banyak toko online yang menawarkan kemudahan berbelanja. Tanpa harus keluar rumah, Anda bisa mendapatkan barang yang Anda incar sesuai kebutuhan. Toko online pun menawarkan berbagai metode pembayaran, termasuk dengan menggunakan kartu kredit.

Kartu kredit akan membuat aktivitas belanja online Anda lebih lancar. Apalagi dengan banyaknya penawaran  menarik dari toko online khusus untuk para pengguna kartu kredit. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas cicilan yang meringankan Anda.

 5. Membayar berbagai tagihan secara otomatis

Tagihan listrik, telepon, internet, TV kabel, hingga asuransi adalah beberapa contoh daftar tagihan yang harus Anda lunasi setiap bulannya.

Jika Anda termasuk orang yang sering lupa membayar tagihan, maka kartu kredit bisa jadi solusi. Pilihlah kartu kredit yang memberikan fasilitas pembayaran semua tagihan tersebut secara otomatis. Anda pun tak perlu lagi khawatir.

Nah, jika Anda tertarik untuk mengajukan kartu kredit, saat ini ada cara pengajuan yang mudah dan aman melalui CekAja.com. Sebagai e-commerce produk finansial nomor satu di Indonesia, CekAja.com menyediakan beragam produk finansial, termasuk kartu kredit. 

Anda bisa membandingkan berbagai produk kartu kredit dengan mudah, sehingga bisa mendapatkan yang sesuai kebutuhan. Selain itu, Anda juga bisa mengajukan kartu kredit secara online di CekAja.com tanpa perlu mendatangi kantor bank penerbit. CekAja.com menyediakan proses yang mudah, aman dan terpercaya karena meruapakan salah satu anak usaha dari perusahaan global, C88 Financial Technologies.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com