Kilas

Presiden Jokowi dan Mentan Amran Jalan Sehat Bersama 1 Juta Warga di Makassar

Kompas.com - 30/07/2018, 19:38 WIB


KOMPAS.com-
Presiden Jokowi dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan jalan sehat bersama 1 juta warga di Makassar. Acara itu dinamai Jalan sehat  bersama Sahabat Rakyat Indonesia, dilaksanakan pada Minggu (29/7/2018) atas prakarsa Amran.

Pada kesempatan tersebut, Amran menyampaikan pujian atas kinerja pemerintah yang telah berhasil mencetak sejarah dalam pembangunan ekonomi. Salah satunya, tingkat kemiskinan yang turun satu digit.

“Seluruh sahabat, Presiden kita luar biasa. Saat ini tingkat kemiskinan turun satu digit, terendah sejak 1998,” demikian kata Amran dengan suara yang lantang kepada seluruh peserta jalan sehat seperti dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Maret 2018, jumlah penduduk miskin di Indonesia sebanyak 9,82 persen turun 0,30 persen dibandingkan September 2017 yang sebesar 10,12 persen.

Adapun jumlah penduduk miskin pada Maret 2018 sebanyak 25,95 juta orang. Jumlah ini turun 630.000 orang dibandingkan September 2017 yang sebesar 26,58 juta orang.

Tak hanya itu lanjut Amran, Presiden Jokowi pun berhasil membangun infrastruktur dari Sabang sampai Merauke dalam kurun waktu yang cukup singkat. Salah satunya membangun jalan 3.000 kilometer di Papua.

Amran menekankan capaian keberhasilan pemerintahan Jokowi pun terjadi pada sektor pertanian. Kebijakan pembangunan pertanian telah menorehkan berbagai kinerja yang patut menjadi catatan penting dalam sejarah bangsa Indonesia.

Saat ini tercatat, dari data BPS, ekspor pertanian di tahun 2017 sebesar Rp 441 triliun atau naik 24 persen dibandingkan 2016 yang hanya Rp 355 triliun.

“Di Sulawesi Selatan telah dibangun tiga bendungan, nilainya Rp 3 triliun. Lalu, irigasi telah dibangun pada  3 juta hektar lahan. Terakhir khusus sektor pertanian, ekspor pangan naik 24 persen. Ini berkat hasil kerja keras kita semua. Kerja keras bapak dan ibu bupati serta gubernur semuanya. Kami hanya menghadirkan anggaran dan program yang nyata bagi pembangunan dan kesejahteraan rakyat,” tutur Amran.

Menurut Amran, selama eranya, Presiden Jokowi telah melakukan kunjungan ke Makassar, Sulawesi Selatan sebanyak 10 kali. Ini menunjukan kepedulian terhadap pembangunan di Sulawesi Selatan dan Indonesia Timur sangat tinggi.

“Terima kasih Pak Jokowi khususnya dari warga Indonesia Timur. Pak Jokowi menaruh perhatian yang sangat tinggi untuk Indonesia Timur,” ucap Amran.

Terpantau, hadir di acara ini Maruarar Sirait, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan terpilih Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman, Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indah Parawangsa dan Emil Dardak, Gubernur Gorontalo Rusli Habibi, dan Gubernur Kalimantan Selatan Sabirin Nur.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com