Kilas

Sineas Muda Melestarikan Lingkungan Lewat Film

Kompas.com - 01/08/2018, 21:50 WIB


KOMPAS.com -  Gerakan 1000 yang juga diisi oleh sineas muda turut melestarikan lingkungan lewat film. Hal itu terciri dari teaser film impian 1.000 pulau yang  diluncurkan Senin (31/7/2018) di Pulau Kelapa Dua, Taman Nasional Kepulauan Seribu.

“Melalui peluncuran ini, saya mengajak masyarakat untuk bersatu mewujudkan film sebagai media pendidikan, melestarikan lingkungan, memberdayakan potensi lokal, dan menjadikan Indonesia bersih, melayani, tertib, mandiri, dan bersatu” ajak Ketua Gerakan 1000 Ivon Zakaria dalam rilis yang diterima Kompas.com (Selasa (1/8/2018).

Acara itu dihadiri oleh lembaga dan organisasi yang tergabung dalam Gerakan 1000. Di antaranya Rismunandar, Asisten Deputi Jejaring Inovasi Maritim, Kemenko bidang Kemaritiman selaku Koordinator Gerakan Indonesia Bersih Gerakan Nasional Revolusi Mental dan perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sineas Muda Indonesia, dan banyak lagi.

Di samping peluncuran, diadakan juga sejumlah acara lain, yakni penanaman 1.200 mangrove di area Taman Nasional dalam rangka memperingati hari mangrove internasional, dan pembukaan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas kelembagaan yang dilaksanakan oleh Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu bekerja sama dengan OJK

Gerakan 1000 adalah gerakan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan dengan pendekatan quadruple helix (4 helix) dengan penerapan prinsip-prinsip Gerakan Revolusi Mental.

Dalam hal ini, Gerakan 1000 ditunjuk menjadi pilot project ekonomi kreatif terintegrasi yang didukung oleh kementerian dan lembaga di antaranya Kementerian dan Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian dan Koordinator bidang Kemaritiman, Kementerian dan Koordinator bidang Perekonomian, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Bank Indonesia, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pemerintah Provinsi DKI, Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu.

Sejak dimulainya Gerakan 1000 pada 2016, kini terdapat 32 aktivitas pemberdayaan masyarakat yang telah dilaksanakan sebagai wujud kerja nyata dan kerja bersama dari gerakan itu.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com