Advertorial

Wujudkan Hidup yang Lebih Berkualitas bersama Podomoro Park

Kompas.com - 08/08/2018, 18:45 WIB

Apa yang terlintas dalam benak Anda ketika berbicara soal hidup berkualitas baik? Mungkin saja Anda membayangkan bisa bergerak bebas tanpa terbebani penyakit kronis, bercengkrama riang bersama sanak saudara, ataupun terbebas dari stress dan tekanan hidup yang menghimpit.

Hidup berkualitas baik memang menjadi impian banyak orang. Namun, tidak sedikit pula yang mengabaikannya. Apa kabar segudang pekerjaan yang Anda harus selesaikan secepatnya? Belum lagi bila berurusan dengan kemacetan panjang. Semua hal ini tentu menguras pikiran dan tenaga Anda sehari-hari.

Sebenarnya, hidup berkualitas baik tidak mustahil untuk Anda wujudkan. Lihat saja lima tempat yang tergabung dalam ‘The Blue Zones’, rumahnya orang-orang berumur panjang serta lebih sehat. Para penduduk di wilayah tersebut melakukan sejumlah hal sederhana secara rutin untuk menjaga kesehatan fisik dan mental mereka.

Bila melihat panduan Departemen Kesehatan Australia, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan guna menjalani hidup sehat atau mencegah penyakit, seperti mengatur pola makan yang sehat dan seimbang, melakukan olah raga, menjauhi alkohol dan produk tembakau, istirahat yang cukup, serta memiliki manajemen stres yang baik.

Hunian dan Kualitas Hidup

Tidak hanya menjalani gaya hidup sehat, lingkungan tempat Anda dan keluarga bermukim membawa pengaruh besar bagi kualitas hidup.

Berdasar studi yang dimuat dalam Psychosomatic Medicine Journal, 32 anak yang tinggal di lingkungan lebih baik, khususnya tempat tinggal dengan akses ruang hijau dan udara bersih, memiliki hormon kortisol yang turun hingga 45 persen.

Kortisol, jelas Danielle Rubinov, adalah ukuran dorongan stres biologis seseorang. Peningkatan kadarnya akan berdampak pada penurunan fungsi kesehatan, mulai dari insomnia, kelelahan, gangguan kecemasan, hingga peningkatan tekanan darah dan gula darah.

Hal ini juga sejalan dengan yang dilakukan para peneliti asal Philadelphia, Amerika Serikat. Mereka mengamati respon warga sekitar terkait pengalihfungsian lahan kosong di area mereka.

Dari 342 peserta yang diwawancara, mereka yang tinggal di dekat area ruang hijau, tingkat depresinya turun sampai 41 persen dan perasaan tidak berguna turun sampai 51 persen, dibandingkan dengan peserta yang tinggal di area yang tidak direstorasi.

Elemen Alam untuk Kehidupan

Menilik manfaat baiknya, kini semakin banyak developer yang mengusung konsep hijau untuk kawasan perumahannya. Sebut saja Agung Podomoro Land yang tengah mengembangkan Podomoro Park di Bandung Selatan.

Mengusung lima elemen alam dalam kawasannya, Podomoro Park berupaya mewujudkan lingkungan hunian nyaman yang dapat meningkatkan kualitas hidup para penghuninya.

Salah satu elemen yang hadir dalam kawasan ini adalah air, sang sumber kehidupan. Kehadiran elemen ini dalam hunian dipercaya mampu membawa keseimbangan dan kesejahteraan bagi sang penghuni.

Saat ditemui Kompas.com, Konsultan Hokiplus The Steven Eric Lazuardi menyampaikan, dalam ilmu fengshui, elemen air melambangkan energi positif dan rezeki lancar, sehingga begitu penting keberadaannya di dalam sebuah hunian atau lingkungan tempat tinggal.

Kawasan Podomoro Park menerapkan elemen air hadir dalam wujud danau indah yang membentang sepanjang satu kilometer di tengah kawasan. Bayangkan jika Anda memandangnya, jernihnya air danau mampu membawa ketentraman dan sekejap melupakan kepenatan.

Podomoro Park Podomoro Park

Danau indah tersebut dapat menjadi tempat Anda dan keluarga untuk bercengkrama bersama. Berkumpul di gazebo dan menelusuri jogging track yang terletak di tepi danau, serta bermain kano dan sepeda air dapat Anda nikmati sehingga meningkatkan kebersamaan dan kehangatan dengan keluarga.

Tahukah Anda, berkumpul dan bercengkerama dengan keluarga serta teman sangat bermanfaat bagi kesehatan mental. Hal itu pula yang diterapkan para penduduk Okinawa-Jepang. Tempat yang termasuk ke dalam ‘The Blue Zones’ ini memiliki jumlah penduduk wanita paling panjang umur di dunia, rata-rata melebihi usia 100 tahun. 

Selain danau, Podomoro Park tentu tidak melupakan kebutuhan air setiap penghuninya. Demi menyediakan air yang berkualitas, Podomoro Park dan PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung melaksanakan penandatangan nota kesepahaman guna menjamin pasokan air minum di kawasan ini. 

Bila berbicara soal alam yang asri dan sejuk, tentu kita tidak bisa melupakan elemen pembangunnya : pepohonan dan tanaman hijau. Peran pepohonan bagi kebersihan udara sangatlah penting, karena pohon dapat membersihkan partikel-partikel yang mencemari udara.

Pepohonan juga berperan sebagai produsen oksigen bersih yang berkualitas bagi tubuh kita, sehingga fungsi organ dalam tubuh dapat berjalan dengan baik. 

Untuk memiliki kawasan yang asri dan berudara bersih, Podomoro Park menghadirkan serangkaian pepohonan dan collective garden yang memenuhi kawasan ini. Rindangnya pepohonan mampu memberikan kenyamanan bagi para penghuni, baik yang sedang berjalan maupun yang bersepeda dan berolahraga lari di kawasan ini. 

Tidak sekedar elok dipandang, kehadiran elemen hijau dalam Podomoro Park mampu membawa ketenangan bagi Anda sekeluarga. Pasalnya, warna hijau, dapat membawa manfaat positif bagi kesehatan mental seperti menyeimbangkan emosi, penyegaran mata, dan menenangkan pikiran. 

Podomoro Park Podomoro Park

Seolah ingin selalu mendekatkan penghuninya dengan alam, Podomoro Park Bandung memanfaatkan 50 persen lahannya untuk area terbuka hijau. 

Anda tidak perlu khawatir membawa si kecil ke luar rumah. Biarkan ia berlari sepuasnya, mengeksplorasi rindangnya alam serta bermain dengan kawan sebayanya. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan fisiknya dan dapat melatih interpersonal skill-nya saat ia berinteraksi dengan teman-temannya. 

Jangan lewatkan pula kesempatan untuk berjalan kaki menelusuri kawasan ini, karena melakukan aktivitas fisik sangat baik untuk kesehatan tubuh. Lihat saja penduduk dua kota lainnya yang tergabung dalam ‘The Blue Zones’. 

Selain memperhatikan asupan makanan yang baik, aktif bergerak bagi penduduk Sardinia-Italia dan Nicoya-Costarica merupakan obat paling ampuh untuk menjaga kesehatan. Dengan berjalan kaki di di area terbuka, mereka kuat secara fisik dan mental hingga usia 90 tahun dan lebih. 

Dalam kawasan Podomoro Park, pemandangan alam pegunungan pun terbentang indah di depan mata. Barisan pegunungan Malabar dan Patuha bisa dinikmati langsung dari kamar tidur Anda setiap hari. 

Melihat hijaunya alam dan pemandangan yang indah dapat membantu Anda mengistirahatkan pikiran dan merelaksasikan diri, sehingga mampu melepaskan kepenatan dan mengatur tekanan stress.

Berkaca dari wilayah Loma Linda-California dan Ikaria-Yunani, warga setempat memiliki prinsip bahwa istirahat dan relaksasi merupakan hal penting karena mereka dapat meredakan tekanan stress yang bermanfaat bagi kesehatan mentalnya.

Prinsip ini sejalan dengan apa yang diungkapkan Prof. Richard Wiseman dari University of Hertfordshire terkait tidur. Menurut riset yang ia lakukan, tidur siang di bawah 30 menit membuat seseorang lebih fokus, produktif dan kreatif serta merasa lebih bahagia. 

Lengkapi pula waktu istirahat Anda dengan merasakan hawa segar dalam kawasan Podomoro Park Bandung. Udara sejuk di kawasan ini dilengkapi oleh hembusan wind tunnel dari pegunungan Bandung Selatan. 

Sudah bukan rahasia lagi, udara bersih nan segar kaya akan oksigen sangat bermanfaat bagi tubuh. Dokter Valerie Gladwell dari University of Essex mengungkapkan, berada di udara terbuka yang bersih terbukti dapat meningkatkan kesehatan dan suasana hati. "Berjalan di luar ruangan dapat melepaskan hormon endorfin dan hormon yang meningkatkan suasana hati lebih baik, yaitu oksitosin," jelas Valerie. 

Podomoro Park Podomoro Park

Mendukung gaya hidup sehat setiap penghuni, Podomoro Park membekali kawasannya dengan sejumlah fasilitas olahraga seperti private clubhouse yang memiliki infinity pool, gym, jacuzzi, lapangan tenis, dan lapangan basket. Tidak hanya itu,  jogging track di tepi danau dan jalur sepeda tersedia, siap untuk Anda jajaki. 

Semua fasilitas tersebut Podomoro Park persembahkan bagi Anda yang merindukan kenyamanan layaknya suasana liburan sekaligus lingkungan yang mampu meningkatkan kualitas bagi semua anggota keluarga. 

Jadi, tunggu apa lagi? Mari investasikan kesehatan Anda sekeluarga dengan tinggal di Podomoro Park, hunian bernuansa resort terbaik di Bandung, karena keluarga Anda sangat pantas mendapatkan yang terbaik.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengakses laman resminya di www.podomoropark.com. Anda pun bisa mengunjungi kantor pemasaran Podomoro Park Bandung di Podomoro Pavilion, Jl. Diponegoro 27 Bandung atau menghubungi via telepon di  022 7152 0888 dan Whastapp di 0813 8888 2700. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com