Kilas

Lepas Jalan Sehat, Puan Minta Warga Sukseskan Asian Games 2018

Kompas.com - 12/08/2018, 17:01 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Menteri Kordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Budaya (PMK) Puan Maharani menyatakan, kesuksesan pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang nanti tak lepas dari kerjasama dan gotong royong seluruh komponen bangsa Indonesia.

"Oleh karena itu, mari kita sambut Asian Games 2018 dengan gembira dan jadilah tuan rumah yang baik," kata Puan saat melepas peserta Jalan Sehat Asian Games XVIII 2018 di Kantor Gubernur Sumatera Selatan, Palembang, Minggu (12/8/2018).

Politisi PDI Perjuangan ini kemudian mengatakan, kesempatan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games ini merupakan yang kedua setelah 56 tahun yang lalu. Untuk itu kepercayaan ini harus dijawab dengan kesuksesan apalagi Asian Games merupakan ajang olahraga terbesar ke-2 setelah olimpiade.

Jalan sehat sendiri diikuti oleh 10.000 siswa SMA/SMK, beserta 5000 pelajar SMP dan guru. Total para peserta menempuh jarak jalan sejauh 3,7 kilometer (KM) dengan titik start dan finish di kantor Gubernur Sumatera Selatan.

(BACA: Puan: Kesiapan Jakabaring Selenggarakan Asian Games Sudah 99 Persen)

Menko PMK Puan Maharani dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menyempatkan diri ikut Jalan Sehat Asian Games XVIII 2018 di Palembang, Minggu (12/8/2018). DOK Kemenko PMK Menko PMK Puan Maharani dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menyempatkan diri ikut Jalan Sehat Asian Games XVIII 2018 di Palembang, Minggu (12/8/2018).
Menko Puan pun sangat mengapresiasi keterlibatan siswa SMP, SMA/SMK, dan guru di Palembang dalam kegiatan ini. Dia kemudian berpesan kepada mereka untuk selalu menjaga kebersihan kota Palembang dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Sebagai informasi jalan sehat tersebut diselenggarakan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Tujuan acara sendiri adalah untuk menyemarakkan gelaran Asian Games ke-18 yang tinggal 6 hari lagi.

Selain Menko Puan, hadir pula Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. Keduanya terlibat dalam prosesi pelepasan peserta jalan sehat dan menyempatkan diri bergabung dengan perserta untuk mengikuti acara tersebut.

Usai mengikuti jalan sehat, baik Puan dan Alex Noerdin membagikan door prize kepada para peserta. Door prize terdiri dari 1 sepeda motor, 45 sepeda hingga 50 boneka Asian Games XVIII 2018.

(BACA JUGAMenko PMK Targetkan Tim Indonesia Masuk 10 besar di Asian Games)

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com