Advertorial

Kenalkan Kebudayaan Indonesia, Listra UNPAR Kirim Delegasi Seni ke Yunani

Kompas.com - 13/08/2018, 20:17 WIB

Seiring semangat generasi muda dalam melestarikan kebudayaan Indonesia, Unit Kegiatan Mahasiswa Lingkung Seni Tradisional Universitas Katolik Parahyangan (UKM Listra Unpar) kembali mengadakan program Misi Budaya pada bulan Agustus 2018.

Dalam Misi Budaya 2018 mendatang, UKM yang bergerak di bidang seni tari dan musik tradisional Indonesia ini akan mengirim 20 delegasi untuk tampil di Yunani. Sebelumnya, Listra Unpar pernah melakukan kegiatan serupa dengan mengunjungi Turki (2013), Yunani (2014), dan Polandia (2015).

Selama lebih dari dua minggu, Listra akan mengikuti beberapa acara, salah satunya The 56th Lefkas International Folklore Festival di Kepulauan Lefkada, Yunani.

Dari sederet kelompok kesenian yang berasal dari sepuluh negara, Listra menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia dan juga Asia Tenggara yang turut berpartisipasi dalam festival ini.

-- -

Dalam festival akan digelar pada 19 – 26 Agustus 2018 ini, Listra Unpar sendiri akan membawakan beberapa tarian dalam festival tersebut, antara lain Tari Medley Nusantara, Tari Truna Smara Sekar, Tari Merak, Tari Daranan Tanang Baupang, Tari Rampak Kendang, dan Tari Saman.

Selain itu, tim Listra juga akan menyambangi kota Athena dalam rangka memenuhi undangan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Athena. Mereka didapuk untuk menunjukkan kebolehannya dalam acara Indonesian Cultural Night.

Diselenggarakan pada 28 Agustus 2018, kegiatan yang digelar KBRI Indonesia ini bertujuan memperkenalkan kebudayaan Indonesia di luar negeri. Dalam acara tersebut, tim Listra juga akan membawakan beberapa tari daerah antara lain Tari Topeng, Tari Cendawasih, dan Tari Ketuk Tilu.

Misi Budaya 2018 sendiri merupakan salah satu bagian dari program kerja utama Listra, Wajah Nusantara. Selain Misi Budaya 2018, Listra akan mementaskan Gelar Pamit 2018 : Pesta, Rasa, Dansa.

Mengusung konsep pagelaran seni dengan ragam tari dan musik daerah serta menghadirkan berbagai jajanan khas Nusantara, Gelar Pamit 2018 digelar pada hari Minggu (12/08/2018). Acara ini juga menjadi seremoni pelepasan delegasi yang akan bertolak ke Yunani untuk menjalankan misi budaya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com