Advertorial

Pupuk Indonesia Adakan Jalan Sehat yang Paling Meriah di Pulau Sebatik

Kompas.com - 21/08/2018, 10:57 WIB

Ada yang berbeda di Pulau Sebatik yang merupakan perbatasan RI-Malaysia di Hari Jumat pagi (17/8/2018). Kali ini PT Pupuk Indonesia (Persero) selaku BUMN bersama anak usahanya, PT Pupuk Kalimantan Timur hadir di tengah masyarakat Pulau Sebatik untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-73.

Hari itu ada ribuan warga memadati Lapangan Aji Kuning, Kecamatan Sebatik Tengah, Kalimantan Utara untuk mengikuti berbagai rangkaian acara, salah satunya adalah jalan sehat yang diadakan usai pelaksanaan upacara bendera dan senam kesehatan.

Jalan sehat ini ialah salah satu rangkaian acara dari sebuah tajuk, BUMN Hadir untuk Negeri yang merupakan bentuk penugasan langsung dari Kementerian BUMN.

Antusias masyarakat mengikuti acara

Acara jalan sehat dipimpin langsung oleh Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero), Aas Asikin Idat. Jajaran direksi PT Pupuk Indonesia (Persero) dan jajaran Direksi PT Pupuk Kalimantan Timur turut berada di barisan depan.

Start Point Acara Jalan Sehat dari Lapangan Aji KuningKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Start Point Acara Jalan Sehat dari Lapangan Aji Kuning

Usai bendera start dikibarkan, rangkaian rombongan manusia yang memanjang hingga mencapai lebih dari satu setengah kilometer langsung memenuhi rute jalan sehat dengan kelompok marching band berada di paling depan.

Panjang rute tempuh jalan sehat ini adalah lima kilometer, dimulai dari Lapangan Aji Kuning, Patok 3 Aji Kuning Perbatasan Indonesia-Malaysia, dan kembali ke lapangan melalui Jalan Lingkar Pulau Sebatik.

Jumlah peserta jalan sehat yang mencapai sekitar 5.000 orang; mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga usia tua menunjukkan sangat antusiasnya warga mengikuti acara. Bahkan inilah pertama kali diadakan jalan sehat yang paling ramai sekaligus meriah di Pulau Sebatik.

Rombongan Peserta Jalan SehatKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Rombongan Peserta Jalan Sehat

Hal itu disampaikan oleh salah satu peserta dari warga, Saripa. Menurutnya, sebelumnya sudah pernah diadakan acara jalan sehat, tetapi tidak seramai acara kali ini. Ia melanjutkan bahwa jalan sehat yang ramai seperti ini baru pertama kali diadakan.

Pria yang juga merupakan ketua RT 04 di Desa Balansiku ini turut menyatakan tanggapannya atas diselenggarakannya acara jalan sehat ini. “Bagus sekali, karena baru tahun ini diikuti berbagai masyarakat, asosiasi sehingga sangat ramai,” ujar dia.

Ajak masyarakat agar hidup sehat

Latar belakang diadakan rangkaian kegiatan berupa jalan sehat ini ialah untuk mengajak masyarakat agar hidup sehat dengan cara berolahraga.

“Di samping bersenang-senang juga ada olahraganya untuk menyehatkan masyarakat,” ujar Ka. Corporate Communication, Wijaya Laksana.

Ia menjelaskan, rangkaian acara jalan sehat, termasuk juga upacara bendera, kuliner gratis, bersih-bersih, hingga pemberian bantuan merupakan tugas dari Kementerian BUMN yang harus dilaksanakan untuk setiap BUMN di Indonesia.

Rombongan Peserta Jalan SehatKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Rombongan Peserta Jalan Sehat

“Rangkaian kegiatannya sama, tetapi modifikasi atau pelaksanaan acaranya di setiap daerah satu sama lain itu berbeda-beda,” ujar Wijaya.

Guna menarik minat masyarakat, panitia juga menyediakan doorprize kepada peserta dengan hadiah menarik seperti sepeda motor dan sepeda. Pengundian dilakukan usai peserta jalan sehat kembali lagi di Lapangan Aji Kuning.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com