Advertorial

Membedah Pesona Bumi Borneo di Festival Kuliner Serpong 2018

Kompas.com - 24/08/2018, 18:45 WIB

Memasuki tahun ke delapan, Summarecon Mal Serpong (SMS) kembali menggelar perhelatan akbar yang paling ditunggu sepanjang tahun.

Sejak sukses mengangkat keindahan pulau Dewata dalam Festival Kuliner Serpong (FKS) perdana bertema “Beauty of Bali” di tahun 2011, SMS konsisten memperkenalkan keindahan nusantara, khususnya melalui keragaman kulinernya.

Sejumlah daerah telah dihadirkan dalam event kuliner satu ini. Mulai dari provinsi Sumatera Barat dengan “Minang nan Rancak” di tahun 2012, “Jawa Sing Ngangeni” tahun 2013 dari provinsi Jawa Tengah, “Sulawesi Nyamanna'... Pe Sadap" dari pulau Sulawesi di tahun 2014, “Horas...Beta Mangan Hita” tahun 2015 mengeksplor kebudayaan dari Sumatera Utara, budaya khas Jawa Timur di tahun ke enam dengan tema “Wuenak E' Puolll”, hingga kuliner Jawa Barat dalam tema “Raos Pisan Euy” di tahun 2017.

Tahun ini, SMS kembali tertantang untuk menyuguhkan ragam kuliner dan budaya nusantara dari Bumi Borneo, pulau Kalimantan melalui Festival Kuliner Serpong 2018 ‘Pesona Bumi Borneo’.

Dalam momen ini, SMS ingin mengajak lagi masyarakat untuk lebih mencintai dan mengangkat kemewahan kuliner dan budaya tanah Borneo selama sebulan penuh, dari tanggal 16 Agustus hingga 16 September 2018 mendatang.

Dilengkapi balutan dekorasi khas Kalimantan, area parkir selatan SMS akan menjadi lokasi yang menyajikan ragam kuliner terbaik dari pulau Kalimantan hingga kemewahan masakan nusantara yang disiapkan khusus untuk pengunjung setia SMS agar bisa bereksplorasi dan mengenal lebih jauh tentang kebudayaan dan tradisi dari pulau terbesar di Indonesia ini.

Berangkat dari kekayaan kuliner dan budaya Kalimantan, FKS tahun ini diinspirasi         oleh kota-kota besar di pulau tersebut seperti Pontianak, Banjarmasin, Singkawang,       dan Sambas.

Dari panggung yang dibentuk menyerupai rumah Betang, rumah adat Suku Dayak dengan ukiran perpaduan warna hitam dan kuning, hingga sapundu, totem berbentuk orang yang kerap ditemukan di pelosok Kalimantan akan berdiri kokoh di area parkir selatan dengan warna yang merefleksikan semangat suku utama pulau ini.

Pengunjung dapat menikmati menu otentik khas Borneo seperti Bubur Ikan Aweng,        Sate Kuah Pontianak, Bubur Pedas Sambas, Rujak Idola Singkawang, Soto Banjar dan         Sate Tulang Borneo.

Untuk menikmati sajian di FKS, pengunjung cukup menukarkan uang dengan kartu makan berisi saldo yang dapat ditukarkan di kasir yang disediakan.

Dengan kartu makan ini, pengunjung dapat bertransaksi di total 100 tenant kuliner nusantara yang tersedia sambil menikmati bangunan bersejarah dan ikon-ikon identik yang sengaja dihadirkan dalam event ini.

Menemani pengunjung berwisata kuliner bersama keluarga, SMS turut mengundang musisi asal Kalimantan untuk tampil di panggung FKS, yaitu Radja Band pada tanggal 5 September dan Element pada 12 September 2018.

Tidak hanya memuaskan lidah dan telinga pengunjung, persembahan tarian tradisional seperti Tari Borneo Khatulistiwa serta alunan alat musik tradisional yaitu Nada Borneo dalam permainan musik sape juga dipersiapkan guna meramaikan suasana festival dan memperkenalkan pesona kebudayaan asli Borneo. Pengunjung FKS tahun ini akan dimanjakan dengan suasana layaknya sedang berada di pulau Kalimantan.

FKS juga akan menyelenggarakan berbagai kompetisi yang terbuka untuk umum        dan para rekan media yang hadir. Mulai dari kompetisi foto bertema di media sosial   instagram hingga kuis seputar FKS yang dibagikan melalui media sosial twitter dengan account @SMS_Serpong. Pemenang yang beruntung dalam kompetisi media sosial akan mendapatkan hadiah berupa kartu makan FKS.

Ada pula kompetisi bagi para vlogger untuk unjuk kreativitas melalui hasil karya video atau vlog yang secara persuasif menunjukkan pengalaman mereka selama berada di FKS. Dengan mengikuti ketentuan yang ada, pemenang hasil video terbaik dan terfavorit masing-masing berhak mendapatkan satu unit Dji Spark Drone dan Dji Osmo Black.

SMS juga akan memberikan apresiasi kepada rekan jurnalis media massa yang selalu membantu pemberitaan dan exposure tentang FKS dengan mengadakan Journalist Competition.

Kompetisi ini terbuka bagi semua jurnalis, baik media lokal ataupun nasional. Jurnalis dapat mengumpulkan materi berupa hasil liputan media cetak, elektronik, ataupun daring mengenai acara FKS 2018 yang telah dipublikasikan.

Hasil liputan atau tulisan yang masuk akan dinilai oleh juri yang memiliki kompetensi dalam bidang jurnalistik. Seluruh pemenang dari kompetisi yang akan dilaksanakan selama periode FKS 2018 akan memenangkan hadiah senilai total 25 juta.

Menghadirkan hal yang berbeda, FKS tahun ini turut menggelar program Semangat Makanan Nasional Indonesia sebagai bentuk kontribusi dan dukungan SMS terhadap Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (KEMENPAR).

Program satu ini bertujuan untuk memperkenalkan lima jenis makanan nasional khas Nusantara sebagai ikon kuliner Indonesia, yaitu Soto, Rendang, Sate, Nasi Goreng dan Gado-gado.

"Kami berharap event-event yang kami sajikan tidak hanya menghibur, namun juga memberikan tambahan wawasan dan kepedulian untuk turut melestarikan kebudayaan nasional, tidak hanya melalui kekayaan kuliner namun juga dengan memperkenalkan ragam budaya seni tradisional daerah.” tutur Willy Effendy, Center Director Summarecon Mal Serpong.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com