Kilas

Wali Kota Hendi Apresiasi Kegiatan Donor Darah di Balaikota

Kompas.com - 27/08/2018, 19:00 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Wali Kota Semarang Hendar Prihadi mengapresiasi kegiatan aksi donor darah yang dilaksanakan di Gedung Balaikota Semarang belum lama ini. Dia juga berharap melalui kegiatan itu timbul rasa semangat berkorban bagi orang lain. 

“Saya harap kegiatan donor darah ini dapat dijadikan momentum bukan hanya untuk saling peduli dan berbagi terhadap sesama manusia. Namun, juga membangun semangat mau berkorban untuk kepentingan dan kesejahteraan orang lain," ujar Wali Kota seperti rilis yang diterima Kompas.com, Senin (27/8/2018).

Wali Kota yang akrab disapa Hendi ini kemudian mengatakan, kegiatan kemanusiaan tersebut menjadi satu bentuk manifestasi pengorbanan sebagaimana telah dicontohkan oleh para pejuang pendahulu di dalam merebut kemerdekaan.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Kesehatan Keluarga Bagian Kesra Setda Kota Semarang, Hanif Samiaji yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, kegiatan donor darah ini dilaksanakan Pemkot Semarang sebagai bentuk turut memeriahkan HUT RI yang ke-73.

"Tak cuma itu, donor darah dilaksanakan untuk meningkatkan kepedulian kita terhadap sesama, terutama bagi masyarakat yang sedang membutuhkan,” ujarnya.

(BACA JUGA: HUT RI Ke-73, Wali Kota Hendi Pamer Prototipe Becak Listrik)

Menurut Hanif, ketika kita mendonorkan darah, bukan hanya bisa menyelamatkan nyawa orang lain.  Namun, memberikan pula dampak positif terhadap kesehatan pendonornya.

Selain diadakan oleh Pemkot Semarang, acara yang mengusung tema “Dengan Donor Darah Kita Tingkatkan Kepedulian dan Rasa Cinta Kasih Sesama demi Terwujudnya Masyarakat Kota Semarang yang Hebat, Sehat, dan Semakin Sejahtera” terselenggara berkat kerja sama dengan  Dharma Wanita Persatuan, Tim Penggerak PKK Kota Semarang dan PMI Kota Semarang.

Bakti sosial donor darah ini berhasil mengumpulkan sebanyak 153 kantong darah dari para pendonor, Mereka kebanyakan berasal dari kalangan pegawai pemerintah Kota Semarang, TNI, Polri, Dharma Wanita Persatuan, Tim Penggerak PKK Kota Semarang dan mahasiswa.

Selain Wali Kota Semarang, turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Semarang.

 

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com