Kilas

Percepat Penanggulangan Dampak Gempa NTB, 4 Menko Turun Tangan

Kompas.com - 27/08/2018, 19:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menegaskan, 4 Menko akan melakukan tahapan-tahapan tindak lanjut pemulihan bencana di Nusa Tenggara Barat (NTB) sesuai bidangnya.

Empat menko tersebut masing-masing adalah Menko Politik, Hukum, dan Keamanan, Menko Perekonomian, Menko Kemaritiman dan Sumber Daya, serta Menko PMK.

Menurut Puan, langkah itu diambil sebagai tindak lanjut untuk mengimplementasikan pelaksanaan Inpres Nomor 5 tentang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Gempa Bumi di Lombok. Ini juga sesuai dengan fokus utama pemerintah yang ingin percepatan pemulihan NTB pasca gempa.

"Sejak tanggal 25 Agustus yang lalu, kita sudah masuk dalam tahap pemulihan. Jadi kita rencanakan satu bulan ke depan akan ada tahapan persiapan, pelatihan, bahkan penyiapan logistik bahan bangunan untuk bisa melakukan pembangunan rumah penduduk," ujar Menko PMK usai mengikuti Rapat Rekonstruksi dan Rehabilitasi Provinsi NTB Pasca Gempa di Kantor Wakil Presiden, Senin (27/8/2018).

Lebih lanjut, Puan mengatakan bahwa upaya rehabilitasi dan rekonstruksi akan berjalan secara bertahap sampai bulan Maret. Pembangunan fasilitas umum, fasilitas kesehatan, sekolah, rumah ibadah, kantor pemerintah dan lain sebagainya akan mulai dibangun awal bulan depan.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin mengapresiasi komitmen pemerintah pusat untuk mempercepat pemulihan NTB. Salah satunya, melalui pemberian bantuan senilai RP 50 juta untuk memberbaik rumah rusak berat yang rencananya dilakukan secara bertahap.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com