Advertorial

Ini Layanan Premium dari Maskapai di Indonesia untuk Kelas Bisnis

Kompas.com - 29/08/2018, 22:05 WIB

Pada era modern seperti sekarang, pemesanan tiket pesawat dapat dilakukan dengan mudah secara online. Saat mencari atau memesan tiket secara online, salah satu fitur yang bisa Anda gunakan adalah menentukan tingkatan harga.

Tahukah Anda, perbedaan harga tersebut berdampak pada pemilihan tempat duduk dalam pesawat? Perbedaan harga tiket ini dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:

  • Best price: Tiket dengan harga murah, namun tidak bisa memilih nomor seat (tempat duduk). Jika ingin mengganti jadwal, Anda akan membayar penalti mahal.
  • Affordable: Tiket setingkat di atas harga promo, relatif standar. Jika ingin mengganti jadwal terbang, Anda akan dikenakan penalti yang tidak begitu besar dan bisa memilih tempat duduk.
  • Flexible: Tiket dengan harga mahal, tetapi tidak semahal kelas eksekutif. Anda bisa mengubah jadwal tanpa penalti dan bisa naik penerbangan berikutnya (next flight) jika ketinggalan pesawat (no show-off) tanpa bayar biaya apapun.

Ilustrasi Ilustrasi
Apabila memilih kelas bisnis dengan kategori tiket Flexible, berikut ini layanan premium yang akan Anda dapatkan:

1. Garuda Indonesia

Kelas bisnis Garuda Indonesia dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang kenyamanan, salah satunya adalah tempat duduk berdesain ergonomis dengan ruang kaki yang lega selebar 106 cm.

Untuk kelas bisnis jarak dekat, Garuda Indonesia memiliki konfigurasi tempat duduk 2 – 2 dengan lebar 42 – 44 inci. Khusus pada pesawat Boeing 737 terbaru, lebar tempat duduknya adalah 41 inci.

Selain itu, hidangan yang disajikan di penerbangan internasional bervariasi, mulai dari makanan khas Eropa, Asia, Jepang, Tiongkok, hingga Indonesia.

Untuk minumannya, tersedia wine, champagne, minuman beralkohol, dan minuman ringan untuk penerbangan ke Eropa dan Australia. Sementara dalam penerbangan domestik, tersedia makanan hangat untuk semua penumpang Kelas bisnis.

Armada pesawat Airbus A330-200 juga menyediakan flat-bed dengan lebar kursi 74 inci dan bisa berbaring hingga 180 derajat.

Penumpang Kelas bisnis dapat menikmati in-flight entertainment sepanjang perjalanan karena telah disediakan layar sentuh LCD berukuran 11 inci dengan AVOD di setiap kursi. Fasilitas power supply laptop pun juga dapat Anda temukan di setiap kursi.

2. AirAsia

Maskapai asal Malaysia ini mendapat kategori 1 dari Otoritas Penerbangan Sipil Indonesia untuk kualitas keselamatan penerbangan. Menggunakan pesawat Airbus A320-200 dan Airbus A320neo, AirAsia melayani banyak penerbangan domestik di Indonesia dan luar negeri.

Sebagai maskapai berbiaya rendah, AirAsia memiliki kelas ekonomi dan kelas bisnis yang dilayani dengan AirAsia X.

Untuk kelas bisnis, fasilitas yang akan penumpang dapatkan lebih banyak dibanding kelas ekonomi, yaitu layanan Red Carpet dengan fasilitas check-in di ruang khusus, akses gratis lounge, bisa masuk jalur antre yang cepat, pilih kursi, bagasi 40 kg, layanan bagasi prioritas, makanan, serta premium flat bed dengan bantal dan selimut.

Spesifikasi flat-bed di AirAsia X yaitu lebar 20 inci, celah antara tempat duduk 60 inci dan jarak ketika dalam posisi berbaring adalah 77 inci.

3. Batik Air

Maskapai yang tergabung dalam Lion Air Group ini memiliki 12 kursi kelas bisnis dan 168 kursi kelas ekonomi. Fasilitas yang ditawarkan Batik Air adalah tempat duduk nyaman dengan jarak antar kursi 35 inci untuk kelas ekonomi dan 45 inci untuk kelas bisnis.

Setiap kelas juga mendapatkan LCD di setiap kursi sebagai bagian dari in-flight entertainment Batik Air, bagasi gratis 20 kg untuk Kelas Ekonomi dan 30 untuk kelas bisnis, serta makanan dan minuman gratis selama penerbangan.

4. Lion Air

Mulai beroperasi sejak tahun 2000, Lion Air termasuk maskapai domestik terbesar di Indonesia. Maskapai satu ini menyediakan penerbangan kelas ekonomi dan kelas bisnis pada beberapa rute.

Bagi penumpang kelas bisnis, tersedia ruang kabin yang lebih lega, ruang kaki yang luas 38 inci, serta makanan dan minuman gratis selama penerbangan.

Dari segi penyimpanan barang, Lion Air menyediakan bagasi kabin gratis 7 kg dan 30 kg untuk check-in. Penumpang yang check-in secara online bisa memilih tempat duduk tanpa biaya tambahan. Sementara itu, jika melakukan check-in di bandara, Anda akan diberikan seat yang tersedia dan tidak bisa dipilih.

5. Sriwijaya Air Group

Maskapai NAM Air yang tergabung dalam Sriwijaya Air Group menawarkan kelas ekonomi dan kelas bisnis dengan fasilitas yang memadai.

Pada kelas bisnis, penumpang akan mendapatkan hot meal dan makanan penutup. Penumpang kelas bisnis juga bisa mengakses lounge eksekutif NAM Air, check-in terpisah, bebas biaya pembatalan pemesanan, kendaraan khusus dari lounge ke pesawat, bagasi gratis 30 kg, serta makanan dan minuman selama penerbangan.

Ilustrasi makanan penerbangan Ilustrasi makanan penerbangan
Perbedaan fasilitas yang ditawarkan masing-masing kelas dalam setiap maskapai di atas berbanding lurus dengan harga tiket yang dibayarkan penumpang. Semakin mahal dan semakin tinggi kelas yang diambil, pelayanan yang Anda dapatkan juga akan semakin eksklusif.

Penasaran untuk mencoba pengalaman menaiki pesawat Kelas Bisnis atau Kelas Non-ekonomi lainnya? Cari tahu dulu informasi harga tiket penerbangan kelas non-ekonomi dan tanggal yang sesuai dengan keinginan Anda.

Yang paling mudah, Anda bisa cek di online travel agent layaknya Traveloka. Melalui aplikasi Traveloka, Anda bisa menemukan harga terbaik dan ketersediaan penerbangan dengan langkah-langkah yang mudah dan cepat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com