Advertorial

Kiat Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Kompas.com - 04/09/2018, 18:45 WIB

Indonesia dengan jumlah populasi yang mencapai lebih dari 250 juta jiwa ternyata memiliki tingkat penetrasi asuransi yang rendah. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tingkat penetrasi Asuransi di tanah air baru mencapai 2,99 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB). 

Sementara, Singapura dengan jumlah penduduk yang hanya mencapai lebih kurang 5 juta jiwa tingkat penetrasi asuransinya berkisar di angka 5 persen terhadap PDB. Level penetrasi yang sama juga ternyata dimiliki negara tetangga lainnya seperti Malaysia dan Thailand.

Rendahnya penetrasi asuransi di Indonesia juga sebenarnya sudah terbukti melalui Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan pada 2016 lalu. Hasil survei menunjukkan bahwa 96,7 persen masyarakat Indonesia memiliki tujuan keuangan, tetapi 69 persennya merupakan tujuan jangka pendek. Misalnya saja, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan bertahan hidup.

Sementara untuk tujuan yang sifatnya membayar pendidikan dan mempersiapkan hari tua masing-masing hanya 12,6 persen dan 6,3 persen masyarakat Indonesia yang mengutarakannya. Padahal kedua hal tersebut merupakan amunisi persiapan keuangan yang penting dan sebaiknya dimiliki, terlebih oleh kaum muda.

Untuk persiapan hari tua angkanya sangat kecil jika dibandingkan dengan tujuan keuangan lainnya. Padahal ketika usia mulai bertambah justru persiapannya harus lebih matang.

Salah satu hal yang dapat Anda siapkan sekarang adalah back-up kesehatan melalui asuransi. Anda tentu tak ingin ketika nanti masuk usia senja, ragam masalah kesehatan mulai datang menyerang sementara persiapan belum rampung.

Namun, belum banyak yang memilih asuransi kesehatan sebagai sarana pemenuhan tujuan keuangan tersebut. Padahal untuk mendapatkan salah satu produk asuransi itu sangatlah mudah. Selain itu, lebih cepat Anda memilikinya, semakin murah pula premi yang harus dibayarkan dengan manfaat yang dapat dimaksimalkan.

Memang tidak dapat dimungkiri, tinggi atau rendahnya penetrasi asuransi selalu berkaitan dengan sosialisasi dan juga edukasi. Sejauh mana masyarakat sudah mengetahui betul manfaat dari asuransi.

Nah, asuransi kesehatan seperti apa yang layak dipilih? Yuk, Simak lima kriteria Asuransi Kesehatan yang tepat untuk dipilih berikut.

1. Pilih asuransi dari perusahaan  yang dapat dipercaya

Perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas yang baik biasanya akan memberikan pelayanan yang baik pula. Anda mungkin bisa memulainya dengan mengecek di laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), apakah perusahaan asuransi yang Anda inginkan sudah terdaftar di OJK.

Pilih juga agen asuransi yang profesional. Rekrutmen agen asuransi terjadi hampir setiap hari, oleh karena itu pengetahuan dan juga pelayanan dari setiap agen berbeda, tergantung jam terbangnya.

2. Asuransi non tunai (cashless)

Ketika sudah mendapatkan perusahaan asuransi yang akan dijadikan mitra untuk menjamin kesehatan Anda dan keluarga, pilihlah manfaat asuransi yang menggunakan skema non tunai (cashless).

Umumnya terdapat dua skema yang dapat Anda pilih, reimburse dan cashless. Jika memilih skema reimburse, dana segar harus selalu tersedia di kocek. Ini karena skema reimburse  mengharuskan Anda membayar terlebih dulu biaya kesehatan untuk kemudian ditagihkan ke perusahaan asuransi.

Memilih skema cashless akan lebih baik. Pada skema ini perusahaan asuransi yang akan membayar biaya kesehatan di rumah sakit. Nasabah hanya perlu menunjukkan kartu asuransinya saja saat berobat.  Premi yang dikeluarkan jika Anda memliih menggunakan skema ini memang lebih besar ketimbang skema reimburse. Namun manfaatnya sangat menarik.

Skema ini memberikan kemudahan dan kenyamanan saat berobat ke rumah sakit, memberikan manfaat perlindungan seperti biaya kamar, biaya obat-obatan, biaya dokter, biaya operasi, biaya kemoterapi, biaya rawat jalan kecelakaan, dan biaya lain, dengan lebih lengkap. Manfaat penggantian pun lebih besar.

3. Jaringan rumah sakit yang luas

Apabila memilih perusahaan asuransi dengan banyak mitra rumah sakit yang luas, jaminan kesehatan Anda tentunya akan menjadi lebih baik. Karena itu pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki jaringan rumah sakit lebih luas.  

Jangan sampai ketika Anda berada di luar kota dan tiba-tiba harus berurusan dengan rumah sakit, ternyata perusahaan asuransi Anda tidak memiliki kerja sama dengan rumah sakit setempat.

4. Pilih asuransi kesehatan murni

Ketika mencari produk asuransi yang cocok untuk kebutuhan, Anda pasti akan diberikan penawaran asuransi plus investasi (unitlink) atau asuransi murni. Jika menemukan hal seperti itu pastikan Anda memilih asuransi murni.

Alasannya, dengan premi yang sama manfaat yang didapatkan dari produk asuransi murni akan lebih besar ketimbang asuransi unitlink. Selain itu, pada Asuransi Unit Link, premi yang Anda bayarkan untuk asuransi kesehatan menjadi lebih kecil karena asuransi unitlink memiliki porsi yang lebih kecil untuk manfaat kesehatan.

Jika Anda menginginkan platform yang lebih tinggi, maka harus siap untuk membayar premi yang lebih mahal. Jangan lupa juga, terdapat sejumlah potongan biaya unitlink yang jumlahnya tidak sedikit.

5. Pilih asuransi rawat inap

Pilih asuransi yang menjamin biaya kesehatan rawat inap. Namun jika memiliki dana lebih, tidak ada salahnya juga ikut memasukkan jaminan rawat jalan dalam polis Anda.

Jangan juga lupa untuk memilih limit gabungan dalam polis asuransi Anda. Mekanisme ini akan membuat Anda  lebih leluasa dalam menggunakan manfaat dari polis asuransi. Apabila Anda memilih limit per perawatan, jaminan yang belum terpakai untuk perawatan lain tidak dapat dialokasikan ke perawatan yang justru membutuhkan tambahan jaminan.

Setelah mengetahui kriteria asuransi kesehatan terbaik, segera kunjungi Cekaja.com.  Sebagai e-commerce finansial nomor satu di Indonesia CekAja.com siap membantu Anda menemukan asuransi kesehatan terbaik. Anda pun bisa mengajukan asuransi kesehatan secara online untuk menghemat waktu dan tenaga.

Sebagai salah satu anak usaha dari C88 Financial Technologies ,CekAja.com memiliki teknologi terkini untuk bisa membandingkan berbagai produk keuangan sesuai kebutuhan dan profil Anda.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com