Advertorial

Unggulkan Pendidikan Bertaraf Internasional, Sampoerna Academy BSD Terapkan Kurikulum Berbasis STEAM

Kompas.com - 12/09/2018, 19:26 WIB

Melunturnya batas geografis membuat kompetisi talenta semakin sengit. Kini, persaingan tidak hanya datang dari dalam negeri saja, tetapi juga dari luar. Karenanya, jika ingin unggul di masa datang, kompetensi yang dimiliki seseorang juga harus bertaraf internasional.

Guna meningkatkan tingkat kompetensi generasi muda kita, jalur pendidikan menjadi salah satu cara ampuh yang dapat ditempuh. Hanya saja, mutu yang dimiliki oleh sekolah-sekolah sekarang pun perlu dicermati sebab kurikulum yang diajarkan sebuah sekolah menjadi basis utama dalam membentuk karakter dan kemampuan seseorang.

Kebutuhan akan pendidikan yang berkualitas dan bertaraf internasional tersebut membuat Sampoerna Academy menerapkan metode pengajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics). Melalui STEAM, para siswa belajar mengenai kerjasama, komunikasi, penelitian, penyelesaian masalah, dan kemampuan berpikir kritis.

 “Kami menawarkan pendidikan bertaraf internasional yang didasarkan pada nilai-nilai moral dan budaya Indonesia. Melalui metode STEAM yang kami terapkan, seorang anak dapat tumbuh menjadi individu yang kreatif, berani, dan inovatif,” kata Dr. Mustafa Guvercin, Direktur Sampoerna Academy, dalam sambutannya di peluncuran sekolah Sampoerna Academy di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, (8/9/2018).

Menurut Guvercin, metode pengajaran sebelumnya hanya berkutat pada empat aspek yakni Science, Technology, Engineering, dan Mathematics. Aspek seni (Arts) kini ditambahkan guna membantu anak agar dapat berkembang secara mental, sosial, dan emosional. Seni dapat membuat siswa menjadi individu yang percaya diri, kreatif, penuh inisiatif dan inovatif, imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, psikolog Jovita Maria Ferliana menerangkan bahwa seni bersifat fundamental bagi tumbuh kembang anak. Melalui seni, perkembangan kognitif, fisik, emosi, dan sosial seorang anak dapat terjadi.

“Ketika seni terintegrasi, murid akan lebih terlibat karena mereka akan merasakan sendiri berbagai hal secara langsung dan mengekspresikan diri mereka dengan beragam cara. Oleh karena itu, sangat penting bagi orangtua untuk memilih sekolah yang tepat yang bisa memfasilitasi anak-anak mereka untuk belajar seni,“ ujar perempuan yang memegang gelar Magister Psikologi Anak ini.

Keunggulan yang dimiliki oleh Sampoerna Academy tidak sebatas pada metode belajar tetapi juga dari segi kompetensi guru dan fasilitas sekolah. Untuk mengajar di sekolah ini, para guru harus menjalani proses seleksi yang ketat. Bahkan, mereka harus menguasai dua bahasa yakni Bahasa Indonesia dan Inggris. Teknologi yang canggih untuk mendukung kegiatan siswa pun membuat para guru harus memiliki sertifikasi dari Google dan pelatihan dari Apple Learning Consultant.

-- -

Tentang fasilitas, Sampoerna Academy menyediakan berbagai ruangan untuk siswa agar dapat mengeksplorasi bakat mereka, seperti kelas seni, kelas menari, kelas musik, laboratorium komputer, perpustakaan, dan fasilitas olahraga. Semua ruangan ini dilengkapi dengan sistem keamanan 24 jam.

Dengan berbagai fasilitas dan metode yang dimiliki oleh Sampoerna Academy, orang tua akan merasa lebih yakin dengan perkembangan anak karena telah memberikan pendidikan yang terbaik untuk masa depan mereka.

Hal tersebut dirasakan Gisella yang menyekolahkan Gempita putrinya di Sampoerna Academy. Pada kesempatan yang sama, ia mengatakan bahwa metode STEAM berperan penting bagi perkembangan Gempita.

“Satu hal yang bikin aku tertarik adalah metode STEAM ini. Apalagi ada penekanan art-nya. Disiplin ada etika ada, semua bisa didapet di Sampoerna Academy dan itu terbukti.  Aku lihat Gempi sudah berkembang menjadi anak yang mandiri, mudah bersosialisasi dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi,” jelas penyanyi jebolan Indonesial Idol 2008 ini.

Sampoerna Academy BSD yang berlokasi di Jalan Raya Serpong BSD CBD Lot II-2, Serpong, Tangerang Selatan merupakan kampus kelima yang dibangun setelah kampus L’Avenue (Pancoran, Jakarta), kampus Cipto dan CitraGarden (Medan, Sumatera Utara), serta kampus Sentul (Sentul City, Bogor).

-- -

Pada tahun ajaran 2018/2019, Sampoerna Academy BSD membuka pendaftaran untuk Playgroup, Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (Kelas 1-6), dan Sekolah Menengah (kelas 7). Jenjang sekolah ini akan terus berkembang lebih lengkap (Playgroup hingga kelas 12) di masa mendatang. (*/)

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com