Advertorial

Pameran Ketenagalistrikan Asia digelar menyambut Hari Listrik Nasional ke 73

Kompas.com - 16/09/2018, 17:06 WIB

Hari Listrik Nasional (HLN) selalu diperingati pada 27 Oktober setiap tahunnya. Momen HLN ini pun menjadi momen bagi Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) dalam menyampaikan peluang, tantangan, dan hal-hal yang harus diselesaikan para pemangku kepentingan untuk mendorong pembangunan nasional.

Memperingati Hari Listrik Nasional 2018, MKI dan PennWell menggelar acara bersama yaitu HLN ke 73 dan Power-Gen Asia 2018.Terkait hal itu, menjelang peringatan HLN ke-73 tahun ini, MKI bekerja sama dengan perusahaan penyelenggara pameran industri dan konferensi skala internasional, yaitu PennWell menggelar acara pameran Power Gen Asia (PGA) 2018 yang menjadi tempat berkumpulnya para pelaku usaha industri ketenagalistrikan.

Bertempat di International Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, acara yang akan digelar pada 18-20 September 2018 ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan industri ketenagalistrikan, terutama Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Acara ini rencananya akan dibuka secara resmi langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Forum ini diharapkan bisa menjadi suatu wadah strategis untuk para ahli, regulator maupun pelaku usaha di industri ketenagalistrikan bisa bertemu dan membahas pertumbuhan industri ketenagalistrikan, terutama mengenai bagaimana peran Tingkat Komponen Dalam Negeri dalam membantu mendorong pertumbuhan perekonomian nasional,” kata Wakil Ketua Umum MKI, Andri Doni dalam keterangan tertulis, Kamis (13/9/2018).

Andri mengatakan, Presiden Jokowi  berpesan soal TKDN yang harus secara konsisten sejalan dengan Peraturan Menteri Perindustrian No. 54/2012 tentang Pedoman Penggunaan Produk Dalam Negeri untuk Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal MKI Dr Heru Dewanto menyebut Hari Listrik Nasional tahun ini menjadi ajang diskusi mengenai TKDN dan infrastruktur ketenagalistrikan. Hal ini juga merupakan upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan tenaga listrik nasional yang terus meningkat. Kebijakan TKDN akan mendorong terjadinya kemitraan atau transfer teknologi.

Demi terciptanya persepsi yang sama antara semua pemangku kepentingan, komunitas global, dan publik melalui rangkaian acara HLN ke-73 dan PGA 2018, Ketua Panitia HLN ke-73 Noesita Indriani berharap masyarakat mendukung pembangunan yang diusung pemerintah ini.

"Kami ingin masyarakat luas selalu ter-update dan selalu mendukung pembangunan sektor ketenagalistrikan,” ujar Noesita.

Selain menjadi wadah berkumpulnya para pelaku usaha di industri ketenagalistrikan, HLN ke-73 juga akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti upacara, konferensi dan pameran bisnis ketenagalistrikan, juga kegiatan seru lainnya.

Pameran PGA 2018 ini dibuka untuk umum. PGA 2018 juga akan diisi oleh ratusan booth yang menampilkan produk dan teknologi terbaru seperti Paviliun Indonesia yang menghadirkan pelaku bisnis ketenagalistrikan nasional secara lengkap.

Dengan begitu, PGA 2018 diharapkan mampu menambah wawasan publik sekaligus meningkatkan awareness pada sektor ketenagalistrikan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.mki-ieps.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com