Kilas

Hadiah Jutaan Rupiah Menanti di Kompetisi Semarang Innovation Award

Kompas.com - 17/09/2018, 08:30 WIB

 

SEMARANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Semarang memperpanjang Kompetisi Semarang Innovation Award hingga 20 Oktober 2018. Kompetisi ini merupakan wadah masyarakat untuk berpartisipasi membangun Kota Semarang yang diinisiasi oleh Wali Kota Hendar Prihadi.

Total hadiah sebanyak 24 juta rupiah telah disediakan untuk masing-masing pemenang. 

Juara I akan memperoleh hadiah sebesar Rp 5 juta rupiah, juara II Rp 4 juta rupiah dan juara III Rp 3 juta rupiah. Setiap peserta juga diberi kesempatan untuk terlibat dalam merealisasikan ide-ide dan inovasinya.

Pengumuman pemenang akan berlangsung pada 28 Oktober 2018 yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

“Jadi kalau kita kaitkan peringatan Sumpah Pemuda bulan depan dengan lomba ini, maka harapannya anak-anak muda, khususnya yang di Kota Semarang, meneladani semangat Sumpah Pemuda dengan memberi sumbangsih terhadap kemajuan kota Semarang," ujar Wali Kota yang akrab disapa Hendi ini. 

Hendi menjelaskan kalau kompetisi jadi diperpanjang karena melihat antusiasme masyarakat yang tinggi.

Masyarakat bisa berpartisipasi untuk pembangunan Kota Semarang melalui kompetisi Semarang Innovation Award 2018.Dok. Pemerintah Kota Semarang Masyarakat bisa berpartisipasi untuk pembangunan Kota Semarang melalui kompetisi Semarang Innovation Award 2018.
Sebelumnya, kategori kompetisi yang dapat diikuti terbagi dua, yaitu untuk masyarakat umum dan pegawai pemerintahan.

Pembagian kategori ini bertujuan agar bisa melihat perbedaan sudut pandang sebagai latar belakang ide dan inovasi, serta menjaga keseimbangan dalam penilaian.

Adapun ide inovasi yang diusulkan harus berbasis solusi berupa konsep desain visual yang dapat diwujudkan. Konsepnya dapat meliputi ide yang terkait dengan fasilitas publik, infrastruktur dekoratif atau digitalisasi pelayanan.

Setiap usul, ide dan pengajuan inovasi harus disertai dengan poin solusi serta masalah secara fokus.

Bagi masyarakat yang berminat untuk berpartisipasi dalam lomba ini dapat langsung membuka alamat website inovasi.semarangkota.go.id.

Baca tentang

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com