Advertorial

Sebuah Panduan untuk Memilih Kapasitas Memori Smartphone Sesuai Kebutuhan

Kompas.com - 22/09/2018, 11:48 WIB

Seiring dengan menjamurnya fitur canggih, para produsen smartphone pun berlomba-lomba menyuntikkan ruang memori yang luas kepada produknya. Tak cukup hanya 3GB atau 4GB, kini smartphone dengan kapasitas RAM 6 GB pun telah tersedia di pasaran. Klaimnya, semua ini dilakukan untuk menyediakan pengalaman terbaik bagi penggunanya. Namun pertanyaan sesungguhnya adalah, apakah lebih besar lebih baik?

Memori smartphone sendiri terbagi menjadi dua, yakni Random Access Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM). Singkat kata, RAM berfungsi untuk menyimpan data yang sedang bekerja pada sistem dan mempengaruhi kecepatan serta kelancaran aplikasi yang ketika digunakan bersamaan. Sementara ROM berfungsi untuk menyimpan data di dalam perangkat serta sedikit banyak mempengaruhi kecepatan smartphone setelah lama digunakan.

Meskipun pasar dibombardir dengan smartphone dengan memori super besar, menurut pakar teknologi Vishal Kara, tidak ada jawaban salah atau benar soal seberapa besar RAM yang dibutuhkan sebuah smartphone, terlepas dari perannya untuk menjaga kelancaran aplikasi. Pakar lainnya pun mengamini hal ini. Menurut John Poole, RAM 4GB sudah cukup untuk penggunaan harian karena faktanya pengguna smartphone hanya menggunakan 9 aplikasi per hari atau 30 aplikasi selama satu bulan. Data lain pun menunjukkan hanya dibutuhkan 2,3GB RAM per hari untuk mengoperasikan 47 aplikasi dalam sebuah smartphone dengan RAM 4GB.

Sebaliknya, besaran RAM ini justru berimplikasi terhadap performa baterai. Semakin besar RAM maka semakin besar daya yang dibutuhkan untuk mengoperasikannya. Alhasil, baterai pun semakin cepat terkuras. Karenanya, kapasitas RAM 4BG disebut sebagai ukuran paling tepat untuk smartphone yang tidak memiliki solusi penghemat daya untuk multitasking dan penggunaan harian.

Lain halnya dengan ROM dalam sebuah smartphone. Sebagai medium penyimpanan internal, semakin luas kapasitasnya, maka semakin baik. Bagi penggemar fotografi, kemampuan kamera smartphone yang semakin baik harus diimbangi dengan kapasitas ROM yang memadai untuk menyimpan hasil jepretannya. Begitu pun dengan mobile gamers yang membutuhkan ruang hingga 2GB untuk setiap game yang diunduhnya. Dengan ROM yang besar, pengguna tidak perlu lagi terganggu dengan notifikasi  berbunyi “Not enough memory”.

- -

Sebagai produsen smartphone yang berfokus kepada konsumen, Huawei telah merilis Huawei nova 3i, sebuah smartphone yang mampu mengakomodasi semua kebutuhan penggunanya dengan efektif dan efisien.

Soal memori, tak perlu diragukan lagi. Jauh melampaui para pesaing di kelasnya yang notabene hanya sudi memasang ruang penyimpanan seluas 64GB, Huawei nova 3i telah dibekali dengan RAM 4GB dan ROM seluas 128GB. Dengan demikian, pengguna bisa mengambil foto, video, bahkan mengunduh berbagai game dengan lebih leluasa.

Fitur lainnya pun tak kalah canggih. Di sektor kamera, Huawei nova 3i telah dibekali dengan empat lensa kamera berteknologi AI untuk mengambil gambar dengan lebih cerdas. Tampilan fisiknya pun tampak mewah dengan sapuan gradasi warna iris blue yang unik. Dibanderol dengan harga Rp 4.199.000, smartphone ini bisa dibilang merupakan pilihan paling tepat untuk semua kalangan.

Meski tersedia berbagai pilihan smartphone dengan kapasitas memori besar, setiap pengguna memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Sebagai konsumen, pilihlah produk yang bukan hanya berkualitas, namun juga bisa menghadirkan value terbaik bagi penggunanya. Simak informasi lebih lanjut tentang produk-produk Huawei di sini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com