Kilas

Program ODSK Sulut Raih Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik

Kompas.com - 22/09/2018, 16:38 WIB

KOMPAS.com – Program pengentasan kemiskinan Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) milik provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mendapat penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia.

Program ODSK yang dijalankan oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw dipilih sebagai pemenang karena pemprov Sulut dianggap berhasil melakukan inovasi publik dalam melaksanakan program pengentasan kemiskinan.

Buktinya, dalam kurun waktu dua tahun angka kemiskinan Sulut berhasil turun dari 8,34 persen pada 2016 menjadi 7,8 persen pada 2018.

(BACA JUGAGubernur Olly Ungkap Pengendalian Inflasi Sulut Terbaik di Sulawesi)

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menpan RB Syafruddin kepada Asisten Administrasi Umum Praseno Hadi di Hotel Shangrila Surabaya, Rabu (19/9/2018).

Dalam sambutannya, Syafruddin mengatakan bahwa pemerintah mendorong inovasi-inovasi yang bersifat lokal dan instansional, tetapi potensial untuk diterapkan secara nasional serta dijadikan program nasional.

"Selain inovasi, pembentukan Mal Pelayanan Publik (MPP) di daerah juga harus diteruskan untuk mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik di Tanah Air," ujar Syafruddin dalam rilis yang Kompas.com terima, Jumat (22/9/2018).

Lebih lanjut Syafruddin mengatakan, kuatnya pilar perekonomian daerah bertumpu pada dua hal. Pertama, masuknya investasi ke Indonesia dan iklim perekonomian yang sehat.

Kedua, bertopang pada penyelenggaraan kemudahan investasi dan berusaha atau Ease of Doing Business (EoDB).

Sebagai informasi, dari 99 program yang masuk Top 99 Inovasi 2018, banyak di antaranya bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam berusaha. Hal ini sejalan dengan upaya mempercepat pembangunan nasional.

Selain Menpan RB, turut hadir dalam penerimaan penghargaan Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sulut Glady Kawatu.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com