Advertorial

IKF VII Usung Tema Inovasi dan Nilai Transformasi Digital

Kompas.com - 09/10/2018, 09:36 WIB

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus mendukung pengembangan inovasi dan kreativitas berbasis digital melalui event Indonesia Knowlegde Forum (IKF) VII yang bertema ‘Fostering Innovation and Creating Value Through Digital Transformation’.

Hal itu dilatarbelakangi oleh pentingnya transformasi digital saat ini sehingga BCA harus selalu berupaya meningkatkan kualitas pelayanan perbankan melalui berbagai inovasi teknologi.

Dorong sektor ekonomi untuk siap beradaptasi

Dalam forum Kafe BCA 9 di Breakout Area Menara BCA, akhir September 2018, Komisaris Independen BCA, Cyrillus Harinowo mengungkapkan, perkembangan teknologi dan digitalisasi mendorong sektor ekonomi untuk siap beradaptasi.

Ia melanjutkan, adaptasi juga harus dilakukan oleh industri perbankan. Masyarakat di 17.000 pulau se-Indonesia berkesempatan mengakses ekonomi digital secara merata sehingga berpotensi untuk terus tumbuh di Indonesia.

Turut hadir dalam forum Kafe BCA 9 sebagai pembicara, Executive Vice President Learning and Development BCA, Lena Setiawati, Pakar Teknologi Informasi, Onno W. Purbo, dan Head of Jakarta Smart City, Jakarta Provincial Government, Setiaji.

“Transformasi digital yang belakangan dianut oleh perusahaan-perusahaan besar, juga turut menggairahkan generasi millennials untuk berpacu dan berlomba dalam ide, inisiatif, inovasi, dan kreativitas untuk memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini untuk menjadi entrepreneur,” ujar Lena Setiawati.

Ia melanjutkan, motivasi ini melatarbelakangi BCA menggelar IKF VII untuk memicu tumbuhnya kreativitas dan inovasi melalui transformasi digital secara berkesinambungan demi tercapainya Indonesia sebagai negara maju.

Mampu jawab kebutuhan layanan keuangan masyarakat

Sementara Cyrillus menuturkan, dari sisi perbankan, BCA menyadari inovasi berbasis teknologi mampu menjawab kebutuhan masyarakat melalui layanan keuangan yang mudah, cepat sekaligus murah.

Oleh karena itu, pihaknya senantiasa melakukan berbagai inovasi dalam rangka meluncurkan berbagai solusi atau layanan perbankan berbasis digital yang memberikan kemudahan pelayanan dan transaksi kepada nasabah.

Seiring kebiasaan millenial memakai aplikasi chatting, BCA menghadirkan VIRA (Virtual Assistant di layanan Chat Banking BCA) yang dapat diakses lewat aplikasi chat populer seperti Facebook Messenger, LINE, Kaskus Chat, dan Google Assistant.

- -

VIRA dapat membantu pengguna aplikasi chat mengetahui informasi dan promosi seputar BCA. Mereka juga bisa mengaksesnya kapan pun dan di mana pun untuk mengetahui informasi dan ragam promosi BCA.

“BCA akan menghadirkan serangkaian ekspo dan eksibisi yang diikuti oleh eksibitorpenyedia pengetahuan dan teknologi terpilih, sehingga masyarakat lebih aware dengan perkembangan teknologi saat ini,” kata Cyrillus

Ia melanjutkan, pada akhirnya acara ini nantinya diharapkan dapat memberikan sumbangsih untuk perkembangan teknologi yang mutakhir di Indonesia.

Seputar IKF VII

IKF VII yang diselenggarakan pada 9-10 Oktober 2018 di The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta ini rencananya dihadiri oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi sebagai pembicara utama.

Selama dua hari, kurang lebih 17 pembicara yang kompeten di bidangnya akan turut berpartisipasi untuk berbagi ilmu, pengalaman serta inspirasi dalam mengembangkan dunia bisnis berbasis digital.

Mereka di antaranya yakni Setiaji dari Jakarta Smart City, Handry Satriago dari GE Indonesia, Noni Purnomo dari Blue Bird, Eunice Sari dari UX Indonesia, Bill Zeng dari CISCO, Husein Samy dari IBM Indonesia, dan Agus Nurudin dari Nielsen.

Pendaftaran dapat dilakukan via www.bcalearningservice.com. Informasi lebih lanjut, hubungi BCA Learning Service 021 2556 3000 ext. 35612/35611/35607/35679, atau melalui email bca_learningservice@bca.co.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com