Advertorial

Horas! 4 Aktivitas Seru yang Wajib Dilakukan saat Menjelajahi Medan

Kompas.com - 09/10/2018, 13:34 WIB

Sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia yang dihuni lebih dari 2 juta jiwa, Medan menyimpan berbagai keunikan dan beragam budaya. Bermacam-macam corak budaya pun mewarnai wajah Medan sebagai Ibu Kota Provinsi Sumatra Utara.

Tak hanya dikenal dengan keindahan Danau Toba, Ibu Kota Provinsi Sumatra Utara ini juga menyimpan cerita sejarah dan warisan kuliner yang menggoda.

Beragam tempat wisata alam, budaya, hingga kuliner bisa dinikmati di sini. Namun, jangan lupa mengatur rencana perjalanan ketika berkunjung agar pengalaman wisata semakin berkesan.

Berikut adalah aktivitas seru yang bisa dijadikan alternatif saat berwisata ke Medan:

1. Mengintip Danau Toba dari air terjun Sipiso-piso

Danau Toba merupakan sebuah danau yang telah dikenal oleh masyarakat seluruh dunia. Memang, keindahan air danau yang tenang dengan pemandangan hutan di sekelilingnya ini menjadi daya tarik yang tak bisa ditolak.

Namun, tak banyak yang tahu jika keindahan Danau Toba bisa dinikmati bersama deburan air. Jika mengunjungi Danau Toba dari Desa Tongging, Kabupaten Karo, pengunjung akan melewati air terjun Sipiso-piso yang berada di bibir danau.

Selain melihat pemandangan indahnya, pengunjung juga bisa turun menyusuri tangga untuk bermain di dasar air terjun.

- -

2. Berkunjung ke rumah orangutan di Bukit Lawang

Jika punya waktu lebih, dedikasikan satu hari untuk bertualang di Bukit Lawang yang berjarak 80 kilometer di barat laut kota Medan. Tempat ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser dan menjadi rumah bagi para orangutan.

Di sini, pengunjung bisa melakukan jungle tracking untuk melihat orangutan. Jika beruntung, pengunjung bisa bertemu langsung dengan orangutan dan satwa lain di habitat aslinya.

3. Berpose bagai raja dan ratu di Istana Maimun

Kembali ke pusat kota, Medan memiliki sejarah panjang soal budaya. Berbagai bangunan klasik masih berdiri kokoh. Beberapa di antaranya bahkan dibuka untuk umum sebagai wisata budaya, salah satunya adalah Istana Maimun; ikon budaya Kota Medan.

Istana peninggalan Kesultanan Deli ini dibangun sejak 1888 dan mencerminkan perpaduan budaya Melayu dengan gaya Islam, Spanyol, India, serta Italia. Selain melihat isi istana, pengunjung pun bisa berfoto menggunakan pakaian Raja dan Ratu Melayu.

- -

4. Menikmati segarnya soto Medan dan legitnya durian

Berwisata di Medan tak lengkap tanpa mencoba kulinernya. Berangkatlah lebih pagi untuk sarapan soto Medan paling legendaris, yaitu Soto Sinar Pagi. Segarnya soto di kedai yang telah ada sejak 50 tahun ini hanya bisa dinikmati mulai pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Usai menyantap soto, jangan lupa mencicipi buah khas Medan, yakni durian. Ada berbagai kedai yang menyediakan durian untuk dijadikan oleh-oleh atau dimakan di tempat.

Usai menentukan destinasi wisata, pastikan agar memesan tiket dan mengatur akomodasi selama berwisata dengan baik. Liburan di Medan akan tentu semakin menyenangkan jika menginap di hotel yang nyaman.

Kini, mencari hotel di Medan semakin mudah dengan Pegipegi. Selain pilihannya semakin beragam, temukan juga penawaran menarik yang membuat liburan semakin hemat.

Salah satunya adalah promo Jelajahi Medan yang memberikan potongan harga khusus untuk pemesanan tiket pesawat dan hotel di Medan.

Pesan hotel di Pegipegi dan nikmati diskon hingga 35 persen untuk hotel pilihan. Selain itu, ada potongan harga sebesar Rp 300.000 untuk pemesanan tiket pesawat dari dan ke Medan melalui aplikasi Pegipegi.

Promo ini berlaku untuk pemesanan hingga tanggal 15 Oktober 2018 dengan periode keberangkatan dan menginap mulai 1 Oktober hingga 20 Desember 2018. Jangan tunda lagi, Pegipegi ke Medan, yuk!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com