Kilas

Tingkatkan Kesadaran Pemberantasan Korupsi Lewat "Roadshow Bus KPK"

Kompas.com - 11/10/2018, 09:53 WIB

KOMPAS.com - Dalam rangka meningkatkan peran masyarakat dalam pemberantasan korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menyelenggarakan program Kampanye Antikorupsi.

Program ini merupakan serangkaian kegiatan penyadaran publik dan peningkatan partisipasi masyarakat secara kolektif dan berkolaborasi dalam memberantas korupsi.

Kegiatan kampanye ini berupa "Roadshow Bus KPK" yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang. Roadshow ini akan berlangsung sejak 11 hingga 14 Oktober 2018. Target sasaranya adalah masyarakat umum yang terdiri atas pelajar, guru, mahasiswa, dosen, aparat pemerintah, dan komunitas.

Bus KPK ini nantinya akan berkeliling ke sejumlah titik yang ada di Kota Semarang. Titik-titik tersebut antara lain, Kantor Pemkot Semarang, Kampus Universitas Diponegoro, dan juga area car free day (CFD) di Kawasan Simpang Lima.

"Roadshow Bus KPK" dibuka secara langsung oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Halaman Balaikota Semarang dengan didampingi pimpinan KPK, Kamis (11/10/2018).

Setelah itu, acara akan diisi dengan Stadium Generale di Kampus Universitas Diponegoro bagi mahasiswa yang ingin menambah ilmu dan pengetahuan tentang KPK beserta seluk beluk program dan kegiatan KPK.

Pada hari kedua dan ketiga, roadshow akan diselenggarakan di Kantor Pemkot Semarang. Di sini akan ada kegiatan bagi siswa TK, SD, SMP, dan SMA, seperti playday boardgames antikorupsi (keranjang bolong), simulasi penyidik cilik, nonton bareng film KPK, hingga sosialiasi di bus.

Di hari terakhir roadshow, Minggu (14/10/2018), akan diadakan di CFD di Kawasan Simpang Lima Semarang dengan beberapa kegiatan, antara lain games dan interaktif, playday boardgame, dan pembagian merchadise.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Semarang Wing Wiyarso mengajak dan menghimbau kepada seluruh warga Kota Semarang untuk bergabung dan menyaksikan acara ini.

"Melalui Roadshow Bus KPK ini, kami harapkan masyarakat jadi lebih paham dan mengetahui tentang segala sesuatu terkait KPK dan upaya-upaya pemberantasan korupsi. Dengan demikian, semangat untuk bersama-sama mencegah dan memberantas korupsi akan terus tumbuh dalam diri seluruh lapisan masyarakat," ujar Wing.

Dalam acara ini, masyarakat bisa berinteraksi langsung dengan KPK dan mendapatkan pengetahuan baru tentang antikorupsi tanpa dipungut biaya apapun.

Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi laman Roadshow Bus KPK atau di akun Instagram "Roadshow Bus KPK."

Baca tentang
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com