Advertorial

Liquid Spectrum dari Ciena Jawab Kebutuhan Ekonomi Digital Indonesia

Kompas.com - 11/10/2018, 14:45 WIB

Perkembangan ekonomi digital di Indonesia sekarang ini memang begitu pesat. Kini Indonesia merupakan populasi muda terbesar ketiga dunia dengan 130 juta pengguna media sosial aktif.

Kondisi itu membuat Indonesia siap menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Namun untuk mewujudkannya, perlu dilakukan peningkatan penetrasi infrastruktur dan internet.

“Kita berada di titik ideal untuk memanfaatkan kesempatan mengubah kehidupan jutaan orang di Indonesia. Namun operator jaringan memerlukan arsitektur yang cerdas, fleksibel, otonom, gesit, optimal, dan mudah diprogram,” ujar Sales Engineer Ciena Indonesia, Mufti Rachmat.

Ikuti momentum digital

Selain itu, menurut Rachmat operator jaringan perlu mengubah cara bermain di ambang era revolusi jaringan yang belum pernah dialami sebelumnya. Saat ini berbagai teknologi dan kemajuan membawa sarsaran jaringan yang lebih terotomasi semakin mendekat kenyataan.

Ia melanjutkan, pesatnye perkembangan ekonomi digital di Indonesia bisa dilihat dari penggunaan data yang besar dan internet seluler, hingga munculnya banyak layanan berbasis digital mulai dari keuangan dan e-commerce.

Munculnya Go-Jek pada tahun 2010 sebagai layanan transporasi panggilan melalui telepon yang sekarang menjadi platform seluler paling terkenal menjadi salah satu bukti pesatnya perkembangan industri ekonomi digital di Indonesia.

Sales Engineer Ciena Indonesia, Mufti Rachmat Sales Engineer Ciena Indonesia, Mufti Rachmat

Kini ribuan aplikasi Go-Jek telah digunakan secara bersamaan oleh orang-orang di berbagai daerah. Tentu dibutuhkan kapasitas yang mumpuni untuk mendukung lalu-lintas data dengan volume besar tersebut.

Operator jaringan pun harus mampu menyesuaikan, mengontrol, dan mengatur kapasitas optik dalam dunia on-demand secara dinamis, di mana 5G, IoT, penyampaian konten, dan cloud semakin berkembang pesat.

Pantau semua aset jaringan dengan Liquid SpectrumTM dari Ciena

Menjawab tantangan tersebut, Liquid SpectrumTM dari Ciena memiliki kemampuan memantau semua aset jaringan yang tersedia sehingga operator dapat merespon permintaan bandwidth seketika dan mengalokasikan kapasitas dalam jalur mana saja secara real-time.

Liquid Spectrum mencakup lapisan fotonika terpadu yang dapat disesuaikan dengan milik Ciena, optik coherent WaveLogic Ai, perangkat lunak Blue Planet MCP (Manage, Control, and Plan), serta aplikasi perangkat lunak canggih yang terbaru.

Sejalan dengan filosofi OP CienaTM tentang jaringan, Liquid Spectrum memanfaatkan OpenAPI dan antarmuka terstandarisasi untuk mendukung kebutuhan operator akan arsitektur yang terbuka dan mudah diakses.

Kecanggihan yang ada pada Liquid SpectrumTM dari Ciena

Liquid SpectrumTM dari Ciena memiliki empat kecanggihan yang diperlukan para operator digital, yakni:

  1. Performance Meter membantu operator secara proaktif memastikan kinerja sistem optimal dengan member akses untuk pertama kalinya terhadap data perencanaan yang akurat secara real-time bagi perangkat keras dan layanan baru yang direncanakan.
  2. Bandwidth Optimizer menggunakan kebijakan layanan yang ditentukan pelanggan dan menyarankan kapasitas, konfigurasi perangkat lunak, dan penempatan spektral yang ideal untuk segala saluran pada semua jalur jaringan.
  3. Liquid Restoration meningkatkan ketersediaan layanan dengan pengaturan kapasitas optik koheren yang disebarkan secara fleksibel sesuai keperluan untuk menentukan rute layanan yang terpengaruh di segala jalur yang tersedia dalam jaringan.
  4. Wave-Line Synchronizer mempercepat penyediaan layanan, mengurangi langkah penyediaan manual, dan menghilangkan kesalahan manusia di seluruh penyebaran optik berbagai vendor.

Melalui segala kecanggihan Liquid SpectrumTM dari Ciena, berbagai perusahaan layanan online di Indonesia seperti Go-Jek akan semakin terjamin dalam menjalankan layanannya. Takkan ada gangguan jaringan untuk layanan mereka, meski pengguna semakin bertambah.

Jika seluruh layanan berbasis digital di Indonesia dapat selalu memberikan layanan kepada masyarakat dengan optimal, maka hal itu nantinya akan berimbas pada pesatnya peningkatan ekonomi digital Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com