Advertorial

Papermoon Puppet Theater akan Gelar Teater Boneka Skala Internasional

Kompas.com - 12/10/2018, 16:22 WIB

Papermoon Puppet Theater akan mengadakan festival teater boneka berskala internasional pada Hari Sabtu (13/10/2018) di IFI Yogyakarta dan Java Poetry, Sagan, Yogyakarta.

Festival Pesta Boneka yang diselenggarakan untuk keenam kalinya ini mengangkat tema “Journey”. Sebelumnya pada tahun 2016, acara yang diadakan dua tahun sekali ini bertemakan “Home”.

Diadaptasi dari perjalanan karier Iyok Suntari

Tema kali ini diadaptasi oleh kelompok kolektif seni Studio Batu yang juga berasal dari Yogyakarta untuk mengangkat kisah tentang perjalanan karier seorang seniman bernama Iyok Suntari.

Seniman fiktif ini diceritakan menyimpan sebuah master plan karya berupa mini showcase, didedikasikan untuk kekasihnya yang meninggal dalam sebuah kecelakaan pesawat pada tahun 1997 di langit Sumatra.

Sayangnya sebelum sempat mengadakan mini showcase untuk sang kekasih, ia terkena serangan asam lambung hingga meninggal. Kisah itu sampai ke telinga seorang duo seniman yang tidak sengaja ingin mengontrak studio milik Iyok Suntari.

Panggilan untuk meneruskan karya Iyok Suntari terus mendorong dua seniman ini untuk mengumpulkan dan menyusun kembali master plan tersebut dengan harapan mampu menghadirkan karya Iyok yang belum selesai.

Ajak penonton melihat perjalanan Iyok Suntari

Pada pementasan bertajuk “While You Away”, penonton seakan diajak melihat perjalanan Iyok Suntari, sang seniman yang mati muda ketika berusaha menuntaskan karya terakhirnya hingga ajal menjemput.

Menggunakan teknik shadow puppet, walaupun serupa wayang, boneka akan beradaptasi dengan konteks dan cerita yang lebih modern. Musik yang digunakan juga menggabungkan musik-musik Indonesia era 60 hingga 80an.

Mengambil latar di studio milik mendiang Iyok Suntari, pertunjukkan menghadirkan kembali hantu Iyok yang mengamati instrumen-instrumennya dan akhirnya diselesaikan serta dipresentasikan dalam sebuah minishowcase.

Karya ini adalah eksplorasi Studio Batu terhadap platform pertunjukkan setelah sebelumnya memakai film sebagai medium berkarya.

Ingatan dan perjalanan menjadi tema utama karya ini, yakni tentang ingatan yang kadang melekat di dalam lagu dan juga ketidakpastian suatu perjalanan atau masa akan datang.

Menggabungkan beberapa pendekatan seperti video mapping dan juga shadow puppet, Studio Batu berusaha menghadirkan karya yang segar untuk dinikmati.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com