Info BCA

Berlibur ke Luar Negeri, Bawa Uang Tunai atau Kartu Kredit?

Kompas.com - 15/10/2018, 18:33 WIB

Saat ini masih banyak traveler yang mempertanyakan, lebih baik membawa banyak uang tunai atau kartu kredit untuk bekal berlibur di luar negeri? Jawabannya sebenarnya tergantung pada kebutuhan dan itinerary liburan yang direncanakan oleh traveler.

Membawa uang tunai saat berlibur, baik dalam mata uang negara destinasi wisata maupun dalam dollar Amerika Serikat, akan efektif jika durasi liburan pendek dan traveler hanya berlibur di satu negara saja. Namun memiliki risiko kehilangan yang tinggi.

Namun, jika merencanakan liburan yang cukup panjang dan berpindah dari satu negara ke negara lain tentunya Anda akan kerepotan jika hanya mengandalkan uang tunai sebagai bekal. Bayangkan berapa banyak uang yang harus Anda bawa dan dalam mata uang apa Anda harus membawanya. Oleh karena itu, selain membawa uang tunai Anda wajib membawa kartu kredit.

Nah, agar penggunaan kartu kredit di luar negeri lebih nyaman, aman, dan terkendali, ikuti tips berikut.

1. Pilih kartu kredit dari bank yang menawarkan nilai tukar terbaik

Setiap bank menawarkan nilai tukar yang berbeda-beda untuk transaksi menggunakan kartu kredit dalam mata uang asing di luar negeri. Biaya transaksi yang dikenakan atas nilai tukar tersebut juga berbeda-beda. Oleh karena itu sebaiknya Anda memilih kartu kredit dari bank penerbit yang menawarkan nilai tukar terbaik.

2. Laporkan pada bank bahwa akan pergi ke luar negeri

Sebelum berangkat Anda sebaiknya melapor kepada bank penerbit bahwa kartu kredit tersebut  akan Anda gunakan di luar negeri. Jika tidak, ada kemungkinan Anda tidak bisa menggunakannya di negara tempat berlibur karena bank menganggap transaksi yang Anda lakukan sebagai transaksi gelap.

3. Manfaatkan promo transaksi di luar negeri sebaik-baiknya

Cek terlebih dahulu apakah kartu kredit yang akan Anda bawa berlibur menawarkan promo-promo untuk transaksi di luar negeri. Biasanya beberapa bank penerbit kartu kredit menyediakan promo berupa diskon belanja atau bonus poin dari transaksi. Manfaatkan promo sebaik-baiknya agar lebih untung. Tapi ingat, agar tagihan kartu kredit tidak membengkak seusai pulang liburan, Anda harus bijaksana menggunakannya.

4. Naikkan limit sebelum pergi

Pastikan limit kartu kredit yang ingin Anda bawa berada pada angka yang cukup untuk membiayai transaksi di luar negeri. Untuk jaga-jaga jika ada kebutuhan mendesak, Anda bisa mengajukan kenaikan limit sebelum pergi. Tenang, saat ini untuk menaikkan limit kartu kredit Anda tidak perlu melalui proses yang njelimet. Misalnya saja jika Anda memilih menggunakan Kartu Kredit BCA. Saat ini untuk menaikkan limitnya Anda bisa melakukannya lewat aplikasi BCA Mobile.

Caranya sangat simpel. Sebagai langkah awal, pastikan Kartu Kredit BCA Anda terkoneksi dengan BCA Mobile.  Jika belum, masuk ke menu m-Admin dan pilih Daftar pada bagian Koneksi Kartu Kredit. Untuk meminta kenaikkan limit, pilih Request Limit Kartu Kredit pada menu m-Admin di BCA Mobile. Masukkan angka limit yang diinginkan.

BCA akan melakukan penilaian terhadap jumlah limit yang Anda ajukan. Disetujui atau tidaknya permohonan kenaikkan limit akan dikabari oleh BCA melalui SMS notifikasi dalam waktu beberapa hari. Informasi lengkap dapat dilihat di sini.

Nah, selamat bepergian ke luar negeri. Ingat, saat menggunakan kartu kredit di luar negeri jangan lupa untuk tetap berhati-hati dengan menjaga kerahasiaan PIN, CVV (3 nomor di belakang kartu kredit), OTP (one time password) tidak boleh diberikan kepada siapapun, tidak menggunakan koneksi wi-fi publik untuk transaksi online, dan menyimpan kartu kredit di tempat yang aman. Baca tips keamanan menggunakan kartu kredit di sini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com