Advertorial

Tips Siapkan Anak Hadapi Kompetisi Spelling Bee Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 20/10/2018, 08:32 WIB

Spelling Bee adalah salah satu kompetisi paling bergengsi antara anak-anak sekolah di bidang kemampuan mengeja kata dalam bahasa Inggris.

Kompetisi ini rutin diadakan setiap tahun oleh English First (EF) untuk mendorong anak-anak Indonesia membuktikan kemampuan bahasa Inggrisnya, dimulai dari mengeja kata-kata dalam bahasa Inggris.

Selain itu, gelaran Spelling Bee juga ditujukan guna membangun rasa percaya diri anak ketika tampil di depan umum.

Tahun 2018 ini, EF English Centers for Kids and Teens menargetkan dapat meraih sedikitnya 15.000 siswa-siswi dari seluruh Indonesia yang akan mengikuti kompetisi EF Spelling Bee.

Persiapan menghadapi Spelling Bee

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak siap menghadapi gelaran kompetisi Spelling Bee nasional yang akan jatuh pada 25 November 2018 di SMESCO, Jakarta:

  1. Pahamkan perbedaan kata tunggal dan jamak

    Pada aturan bahasa Inggris, kata jamak ada yang menggunakan akhiran ‘s’, ‘es’, dan ‘ies’. Anak harus mempelajari pembedanya, seperti kata yang mengandung akhiran ‘fe’ atau ‘f’, ejaan katanya jadi berubah ‘v’ dan ditambahkan ‘es’.

  2. Kenalkan huruf diam dalam kata.

    Kelompokkan beberapa kata dalam kelompok huruf diam, agar anak memahami huruf apa yang biasanya tidak dibacakan dalam sebuah kata. Contohnya pada kata ‘island’, huruf ‘s’ tidak ikut dibaca.

  3. Pahamkan tiap kata dengan bunyi yang mirip

    Ada beberapa kata dengan bunyi yang sangat mirip seperti ‘suite’ dan ‘sweet’ yang disebut homofon. Seorang anak harus bisa memahami arti tiap kata agar saat dibacakan dalam kalimat, ia bisa mengerti kata apa yang dimaksud dengan ejaan yang sesuai.

  4. Latih ketenangan ketika mengeja

    Selain semua yang disebutkan di atas, hal lain yang perlu diingat adalah ketenangan saat mengeja. Ini hal yang mungkin terlihat sederhana, tetapi pada praktiknya banyak anak yang terburu-buru saat mengeja sehingga membuat mereka menjadi hilang fokus.

Mengenali kata melalui bunyi, aturan tata bahasa umum, asal usul kata dapat membantu anak meningkatkan kemampuan menghafal, mengidentifikasikan bentuk kata dalam bahasa, dan memahami arti dan penggunaan kata.

Pada akhirnya, hal ini dapat mendukung anak lebih percaya diri dalam berbicara dalam bahasa Inggris.

Sertakan anak di kompetisi EF Spelling Bee di kota Anda dengan mendaftar di sini dan dapatkan total hadiah puluhan juta rupiah!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com