Advertorial

Dilengkapi dengan Kecerdasan Buatan, Apa yang Ditawarkan Vivo V11 Pro?

Kompas.com - 22/10/2018, 18:35 WIB

Saat ini semakin banyak smartphone dirilis dengan mengusung teknologi kecerdasan buatan. Teknologi yang seringkali disebut dengan istilah artificial intelligence (AI) ini adalah mesin yang diberi kemampuan intuitif layaknya manusia melalui sistem informasi atau program aplikasi.

Memiliki teknologi ini perangkat smartphone  dapat mengumpulkan informasi, membaca kebiasaan penggunanya melalui aktivitas di smartphone, serta memahami kebutuhan penggunanya. Dengan demikian smartphone dapat menyuguhkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Misalnya saja seperti Vivo V11 Pro. Tidak hanya mengusung inovasi pengamanan smartphone yaitu Screen Touch ID alias pemindai sidik jari yang disematkan di bawah layar, smartphone ini dilengkapi dengan kecerdasan buatan.

Kecerdasan buatan disematkan pada beberapa fitur esensial seperti kamera, antarmuka (interface), hingga pengolahan dokumen. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan performa dan memberi kemudahan saat penggunaan smartphone.

Jason Fanjaya, Product Manager Vivo Indonesia mengatakan bahwa kecerdasan buatan pada Vivi V11 Pro dikembangkan sesuai dengan hasil riset akan fitur apa yang diinginkan pengguna. “Vivo adalah consumer-centric smartphone, tentu riset konsumen kami menjadi salah satu acuan untuk fitur AI yang kami kembangkan di setiap serinya,” ujar Jason.

Nah, mari kita membedah kecerdasan buatan pada Vivo V11 Pro dan kemudahan apa saja yang bisa didapat pengguna dengan adanya teknologi ini.

Mendorong performa sesuai kebutuhan

-- -

Memiliki kecerdasan buatan Vivo V11 Pro bekerja lebih personal layaknya asisten pribadi penggunanya. Ini karena kecerdasan buatan dapat mempelajari fitur atau aplikasi apa yang paling sering dibuka oleh penggunanya, kemudian mendorong kinerja RAM dan ROM yang lebih maksimal untuk fitur atau aplikasi tersebut.

Kecerdasan buatan juga mempermudah pengguna Vivo V11 Pro dalam mengatur data-data yang tersimpan di dalamnya. Vivo V11 Pro memiliki fitur AI Image Identification yang dapat mengenali dan memilah dokumen gambar berupa foto pada memori sesuai jenisnya. Misal, foto pemandangan, selfie, dan lain sebagainya. Fitur ini juga dapat memilah foto sesuai wajah yang ditangkap dalam foto tersebut.

Fitur AI Image Identification ini terintegrasi dengan fitur cerdas IManager sehingga pengguna mudah mengatur foto-foto pada galeri.

Tidak hanya menyesuaikan performa untuk kegunaan smartphone yang umum, kecerdasan buatan pada Vivo V11 Pro juga dapat memahami kebutuhan performa besar bagi pengguna yang gemar bermain mobile game.

Memahami bahwa saat ini semakin banyak pengguna yang membutuhkan smartphone andal untuk bermain mobile game Vivo melengkapi V11 Pro dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 660 AIE, RAM 6 GB, dan ROM 64 GB. Memori dapat ditambah dengan microSD hingga 256 GB.  Untuk menyokong performa saat pengguna bermain mobile game, Vivo V11 Pro dilengkapi fitur kecerdasan buatan AI Game Mode dan Game Assistant.

AI Game Mode dapat memaksimalkan kinerja prosesor, ROM, dan RAM saat menjalankan mobile game. Sementara fitur Game Assistant memungkinkan pengguna Vivo V11 Pro melakukan multitasking saat bermain game. Sambil bermain game pengguna masih dapat melakukan aktivitas lain seperti chatting atau telepon.

Memaksimalkan kinerja kamera

Kecerdasan buatan juga membantu kinerja kamera. Seperti seri-seri flagship Vivo sebelumnya V11 Pro juga dilengkapi dengan kamera yang unggul. Selain resolusinya yang cukup memadai yaitu 12 MP dengan dual pixel sensor untuk kamera belakang dan 5 MP untuk kamera depan, kamera pada Vivo V11 Pro juga cerdas.

Dengan disematkannya kecerdasan buatan kamera dapat mengenali karakteristik wajah saat mengambil foto atau video selfie. Kamera dapat melakukan pemindaian wajah berdasarkan gender, fitur pada wajah, dan pencahayaan. Foto atau video yang dihasilkan dapat menonjolkan detail serta fitur wajah terbaik.

Hasil selfie dengan mode Beauty Face pun lebih baik. Tone warna kulit wajah, bentuk wajah, dagu, hidung, dan bibir dapat disesuaikan sesuai keinginan, namun hasil foto tetap natural. 

-- -

Sementara saat memotret dengan kamera belakang pengguna dapat memperoleh hasil foto yang lebih proporsional berkat adanya fitur cerdas AI Portrait Framing. Fitur ini dipadukan dengan fitur cerdas lainnya yaitu AI Scene Identification yang dapat mengenali objek foto secara otomatis berdasarkan jenisnya. Misal, foto pemandangan, foto makanan, dan lainnya. Kemudian kamera akan secara otomatis menyesuaikan filter yang digunakan agar hasil foto lebih maksimal.

Agar dapat menghasilkan foto ideal di kondisi backlight, Vivo V11 Pro memiliki fitur Anti Backlight AI-HDR yang secara otomatis dapat menyesuaikan pengaturan kamera dengan kondisi pencahayaan.

Akses yang lebih mudah

Selain fitur pemindai sidik jari inovatif Screen Touch ID, Vivo V11 Pro memiliki sistem keamanan smartphone yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan yaitu AI Face Access. Fitur ini dapat memindai dan mengenali wajah pengguna dalam waktu kurang dari satu detik bahkan saat kondisi gelap sebagai autentikasi untuk membuka screenlock.

Jason Fanjaya mengatakan demi meningkatkan pengalaman pengguna, fitur kecerdasan buatan masih akan terus dikembangkan oleh Vivo untuk seri-seri smartphone selanjutnya.  

“Saat ini, 6 pusat R&D Vivo yaitu San Diego, Beijing, Hangzhou, Nanjing, Shenzen, dan Dongguan kami pusatkan sebagai basis global pengembangan fitur AI untuk smartphone Vivo kedepan. Teknologi ini masih akan terus berkembang sesuai kebutuhan pengguna yang menginginkan teknologi smartphone yang cerdas dan intuitif untuk kemudahan hidup mereka sehari-hari,”ujarnya. 

Bagi Anda yang tertarik memiliki Vivo V11 Pro, saat ini smartphone tersebut sudah tersedia di situs-situs e-commerce rekanan Vivo, mitra ritel, serta gerai resmi Vivo di seluruh Indonesia. Vivo V11 Pro ditawarkan dengan harga Rp 4.999.000. Tersedia dua pilihan warna yaitu Nebula Purple dan Starry Black. 

Jika membeli Vivo V11 Pro, Anda dapat memperoleh hadiah berupa backpack dan paket bundling IM3 Ooredoo SIM card 30 GB Unlimited Streaming untuk mengakses YouTube dan media sosial. Kunjungi website resmi Vivo Indonesia untuk informasi lebih lengkap mengenai spesifikasi dan fitur cerdas lainnya dari Vivo V11 Pro. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com