Info BCA

Ini 5 Langkah Sederhana untuk Mulai Terapkan Gaya Hidup Minimalis

Kompas.com - 23/10/2018, 13:15 WIB

Gaya hidup minimalis saat ini semakin diminati, terutama oleh generasi milenial yang memiliki kesadaran lebih terhadap persoalan finansial, sosial, dan lingkungan hidup yang semakin kompleks.

Menerapkan gaya hidup ini dinilai dapat memberikan ketenangan batin. Dengan mempersedikit barang yang dimiliki maka rasa takut akan kehilangan barang yang dimiliki dan ketergantungan pada materi akan semakin sedikit juga.

Selain itu gaya hidup minimalis juga memberikan kesempatan lebih untuk mengalokasikan uang yang dimiliki untuk sesuatu yang lebih bermanfaat. Bukan sekedar untuk memenuhi hasrat konsumtif.

Nah, mengadopsi gaya hidup yang cukup positif ini memang tidak mudah tetapi sangat mungkin untuk dilakukan secara bertahap. Kamu bisa mulai menerapkan gaya hidup minimalis dengan langkah-langkah sederhana ini.

1.        Miliki tujuan yang jelas

Kamu harus bertanya kepada diri sendiri terlebih dahulu mengenai tujuanmu menerapkan gaya hidup minimalis. Apakah untuk menekan sikap konsumtif? Menyelesaikan utang konsumsi yang menumpuk di kartu kreditmu? Ingin ikut menjaga lingkungan? Atau memperoleh ketenangan batin dengan melepaskan diri dari keterikatan dengan materi? Catat agar kamu selalu mengingatnya.

2.        Miliki prinsip “satu masuk, satu keluar”

Ketika membeli barang baru, kamu harus memastikan ada barang dengan fungsi sama yang kamu donasikan atau buang terlebih dahulu. Disiplinkan dirimu dengan prinsip ini ketika mempertimbangkan untuk membeli barang apapun.

3.        Meminimalisasi jumlah barang yang dimiliki

Mulai pilih-pilih barang kepunyaanmu. Kumpulkan sepatu, pakaian, atau tas yang sudah tidak pernah dipakai untuk disumbangkan kepada orang yang lebih membutuhkannya. Pilih-pilih juga koleksi buku, CD band kesukaanmu, atau CD film. Simpan yang paling berkesan untukmu dan sisanya bisa kamu jual dengan membuka garage sale. Lumayan untuk menambah penghasilan.

4.        Membeli barang yang berkualitas dan fungsional

Coba ubah kebiasaan belanja kamu. Jangan membeli sebuah barang karena terlihat bagus, kemasannya menarik, atau sedang tren. Pertimbangan untuk membeli sebuah barang harus selalu didasari pada faktor kebutuhan, bukan keinginan. Perhatikan juga kualitas dan fungsinya. Dengan demikian semua barang yang kamu beli akan terpakai tidak hanya menumpuk di sudut ruangan dan menjadi sia-sia.

5.        Lebih banyak memanfaatkan teknologi digital

Teknologi digital yang semakin berkembang dapat membantu mempersedikit barang yang kamu miliki. Daripada menyimpan tumpukkan album foto lebih baik simpan file digitalnya saja. Tidak usah membeli banyak CD band kesukaanmu. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi streaming musik. Film bisa kamu tonton secara online.

Untuk berbelanja pun, kamu tidak perlu repot beli di toko-toko konvensional. Manfaatkan toko-toko online yang ada. Kamu bisa memilih harga yang termurah dengan membandingkan di beberapa toko online. Kamu juga bisa cek kualitas barang dengan melihat rating, comment dan garansi barang dari toko.

Belanja pun bisa lebih simpel lagi, kamu dapat memanfaatkan aplikasi Sakuku untuk bayar belanja. Untuk bayar belanja online, caranya pilih metode pembayaran dengan Sakuku. QR Code akan tampil di layar dan ketika klik Lanjut, secara otomatis smartphone-mu akan melakukan Selfie QR Code. Setelah QR Code berhasil dipindai, transaksi pembayaranmu pun selesai. Sakuku juga bisa buat bayar di toko fisik. Tinggal klik fitur “Bayar Belanja”, lalu scan QR Code yang keluar dari EDC Kasir. Masukan PIN dan transaksi berhasil. Cek saja caranya di sini.

Selain untuk mempermudah pembayaran belanjamu dan berbagai transaksi lainnya seperti transfer ke rekening BCA atau rekening bank lain, ada satu fungsi inovatif lagi dari Sakuku yaitu Tarik Tunai Tanpa Kartu.

Buka aplikasi Sakuku kamu dan pilih fitur Tarik Tunai pada menu utama. Kemudian masukkan nominal uang yang ingin ditarik dan konfirmasi dengan memasukkan PIN Sakuku-mu. Kamu akan mendapat enam digit Kode Transaksi untuk proses transaksi di ATM. Kamu tinggal cari ATM BCA yang memiliki fitur transaksi tanpa kartu. Klik fitur tersebut, lalu masukkan nomor Sakuku dan kode transaksinya. Tinggal ambil uang tunainya. Cek selengkapnya di sini.

 Segera unduh aplikasi Sakuku di Google Playstore atau Appstore untuk mendukung gaya hidup minimalismu. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com