Advertorial

Sering Kehabisan Uang Sebelum Gajian Tiba? Lakukan 5 Hal Ini

Kompas.com - 23/10/2018, 13:19 WIB

Pernah mendengar ucapan “gajian hanya sekedar numpang lewat”? Pastinya sering. Kehabisan uang sebelum saatnya gajian tiba adalah persoalan yang paling sering dialami, terutama oleh kamu yang baru merasakan asyiknya dunia kerja.

Saat uang gaji mengucur ke rekening perasaan hati memang bisa menjadi kelewat senang. Euphoria inilah yang seringkali membuat pengeluaranmu tidak terkendali. Alhasil gaji habis di awal atau pertengahan bulan dan kamu pun bingung bagaimana membiayai keseharian hingga gajian berikutnya.

Tidak mau terus-menerus mengalami masalah ini? Ayo, mulai perbaiki diri dan coba lakukan lima hal ini agar uangmu tetap awet sampai akhir bulan.

1.        Ketahui berapa total penghasilan dan pengeluaran sebulan

Pertama, ketahui dulu secara jelas berapa penghasilan totalmu dalam sebulan. Kemudian hitung berapa pengeluaran tetap setiap bulan. Misalnya seperti pengeluaran untuk bayar tagihan listrik, bayar kos, internet di rumah, kuota internet smartphone dan pulsa, kartu kredit, hingga tagihan-tagihan bulanan lainnya. Dengan demikian kamu tahu jelas berapa uang yang bisa kamu gunakan dalam sebulan.

2.        Buat budget bulanan

Setelah itu kamu harus membuat budget bulanan. Tentukan berapa budget untuk makan enak di restoran, belanja, perawatan kesehatan, uang makan, transportasi harian. Usahakan untuk disiplin dan tetap mengikuti budget yang sudah kamu buat ini sampai akhir bulan nanti.

3.        Jangan impulsif

Jangan membeli barang karena lapar mata. Sebelum membeli pastikan kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut, barang tersebut fungsional, dan akan terpakai. Jika tidak memenuhi kriteria tersebut lupakan untuk membeli barang tersebut.

4.        Miliki rekening dana darurat

Kita tidak pernah tahu kapan musibah datang. Misalnya, tiba-tiba kamu sakit dan memerlukan biaya besar untuk berobat, kendaraan harus masuk bengkel, dan sebagainya. Oleh karena itu memiliki rekening dana darurat adalah keharusan untuk membiayai pengeluaran tidak terencana seperti itu. Jadi, kamu tidak perlu mengorbankan uang bulananmu dan kebingungan bagaimana menjalani keseharian hingga akhir bulan.  Setiap habis menerima gaji sisihkan 10-20 persen dari gajimu untuk ditabung di rekening terpisah sebagai dana darurat.

5.        Saat makan, manfaatkan promo atau makan patungan bareng teman

Saat makan siang bersama teman-teman kantor pastikan kamu mengecek tempat mana saja yang menawarkan promo. Nah, coba download aplikasi Sakuku. Buka “news” di halaman Info, di sana banyak informasi promo dari Sakuku.

Untuk menghemat, kamu juga bisa pesan menu dengan porsi yang dapat dinikmati bersama dengan teman-teman alias patungan. Pilih menu sederhana untuk dimakan bersama. Irit kan?

Cara bayarnya tidak perlu repot karena ada fitur Split Bill dari Sakuku. Tinggal kamu atau teman kamu yang menalangi dulu semua tagihannya, kemudian nanti di -“Split-Bill” pakai Sakuku.

Kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana. Pilih “Split Bill” pada menu utama Sakuku. Kemudian masukkan nominal tagihan yang ingin kamu bagi bersama teman-teman. Pilih kontak Sakuku teman-teman yang akan berbagi bill.

Bila ingin dibagi rata: klik “bagi rata tagihan”. Bila tagihan masing-masing orang tidak sama nominalnya karena pesanan minumannya beda-beda, isi jumlah tagihan di bawah nama  atau akun masing-masing. Klik Lanjut, maka Sakuku akan mengirim tagihan ke teman-teman via Sakuku.

Setelah teman-temanmu menyetujui permintaan untuk Split Bill dengan menekan OK dan memasukkan PIN Sakuku, transaksi Split Bill akan langsung diproses. Jika transaksi Split Bill kamu berhasil bukti transaksi akan dikirim ke Inbox Sakuku-mu.  Mudah dan simpel bukan? Klik di sini untuk tutorial lengkap.

Seru tapi hemat kan? Jika belum punya Sakuku yuk segera unduh di Google Playstore atau Appstore.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com