Kilas

Lewat "Talkshow," Pemprov Sulut Ajak Mahasiswa Jaga Pancasila

Kompas.com - 25/10/2018, 17:29 WIB

KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kementerian Dalam Negeri sebagai pelaksana Gerakan Indonesia Bersatu menyelenggarakan talkshow Pancasila Goes to Campus di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), di Manado, Sulawesi Utara, Rabu (24/10/2018).

Talkshow  yang bekerja sama dengan Universitas Sam Ratulangi ini mengusung tema, “Membumikan Pancasila di Era Milenial.” Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey turut hadir sebagai pembicara.

Dalam paparannya, Olly menjelaskan peran penting pancasila sebagai dasar dari persatuan dan kesatuan bangsa.

“Pancasila merupakan dasar yang sangat penting dan harus diimplementasikan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” jelas Olly di talkshow  itu seperti dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Kamis (25/10/2018).

Menurutnya, kemajemukan Indonesia merupakan anugerah dan potensi bangsa yang harus selalu dijaga. Dengan demikian, Indonesia akan selalu utuh dan terhindar dari perpecahan.

Untuk itu, pemerintah Provinsi Sulawesi Utara selalu mendorong peran mahasiswa agar dapat mengimplementasikan Gerakan Nasional Revolusi Mental khususnya Gerakan Indonesia Bersatu.

Ini karena peran mahasiswa sangat penting untuk menjalankan nilai-nilai pancasila sehingga persatuan dan kesatuan bangsa dapat terus terpelihara.

“Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang nantinya akan menggantikan kita semua. Maka dari itu, mereka harus memiliki semangat dan tekad yang besar untuk mengimplementasikan Pancasila sebagai pengikat dari keberagaman,” papar Olly.

Lebih lanjut, Olly menjelaskan, peran aktif mahasiswa dapat mencegah potensi ancaman radikalisme dan perpecahan.

“Berdasarkan hasil survei, lebih dari 90 persen mahasiswa masih menginginkan pancasila sebagai pemersatu dan bingkai NKRI,” jelasnya.

Salah satu mahasiswa Universitas Sam Ratulangi Renaldo Gareja mengungkapkan, pancasila merupakan lentera bangsa yang memiliki peranan penting dalam memajukan bangsa.

“Pancasila merupakan cahaya yang membawa kita menuju kemajuan bangsa sehingga cita-cita yang sudah ditetapkan oleh founding fathers dapat dicapai,” ungkapnya.

Sebagai informasi, talkshow  tersebut merupakan rangkaian dari Pekan Kerja Nyata (PKN) Revolusi Mental yang akan diselenggarakan dari tanggal 26-28 Oktober 2018.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com