Advertorial

Baru Dapat Gaji Pertama? Ini Cara Atur Uang Agar Tidak Boros

Kompas.com - 31/10/2018, 10:10 WIB

Siapa yang tak tahu kebiasaan milenial sekarang ini, seperti nongkrong dan minum kopi di kafe? Benar, milenial sekarang ini memiliki gaya hidup yang bisa dikatakan sedikit boros.

Apalagi kini para milenial sudah memasuki dunia kerja dan menghasilkan uang sendiri. Dengan demikian, bisa saja mereka menghabiskan gaji pertama dengan bersenang-senang tanpa memikirkan masa depan.

Nah, bagi kamu para first jobber agar tidak boros dan bisa menabung dari gaji pertama, simak beberapa tips berikut ini.

1. Hitung rencana pengeluaran sebelum gajian
Sebelum menerima gaji, list dulu apa saja keperluanmu selama satu bulan ke depan. Prioritaskan hal yang sangat diperlukan, seperti  membayar tagihan, biaya transportasi, biaya makan, dan belanja bulanan.

Catat dan hitung dengan baik rencana pengeluaran tersebut. Setelah menjumlahkan semuanya, lihat berapa uang yang tersisa. Idealnya, 25 persen dari gaji bisa kamu tabungkan untuk keperluan darurat dan juga masa depan.

Namun, bagaimana jika ternyata dari rencana pengeluaran tersebut, kamu tidak bisa mendapatkan 25 persen untuk ditabung? Tak perlu khawatir, kamu masih bisa menabung minimal 15 persen dari gaji. Jika konsisten, seiring berjalannya waktu, kamu akan bisa menyisihkan 25 persen itu, kok.

2. Tidak implusif saat berbelanja
Siapa yang tidak tergoda dengan membeli barang incaran saat bisa punya uang sendiri? Benar, hal ini tidak salah. Kamu bisa membeli barang yang selama ini diinginkan dengan gaji pertama.

Namun, jangan terlalu kalap. Jika punya banyak barang dalam list, sebaiknya beli satu per satu sesuai dengan keperluan. Tenang, kamu masih bisa membeli barang selanjutnya pada gaji berikutnya.

3. Bawa bekal makan siang
Membawa bekal makan siang bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk menghemat keuangan. Pasalnya, pada saat Anda membeli makan siang di luar, setidaknya Rp 25.000 akan keluar dari dompet. Belum lagi jika kamu tergoda untuk membeli dessert berupa es krim atau kopi kekinian.

Nah, daripada membeli makan siang yang belum tentu kebersihannya, lebih baik kamu membawa bekal dari rumah yang sudah terjamin kebersihannya. Begitu pula dengan menikmati dessert, kamu bisa pilih buah yang sudah dipotong dari rumah atau membuat kopi sendiri di pantry kantor. Selain lebih hemat, juga lebih sehat.

4. Pisahkan rekening uang operasional dan tabungan
Setelah menerima gaji dan membeli kebutuhan sehari-hari, jika gaji masih ada sisanya, segera pisahkan uang tabungan ke rekening yang berbeda dengan rekening operasional. Kamu juga bisa mengunakkam Sakuku sebagai “dompet elektronik” untuk kebutuhan sehari harimu. Jadi setiap bulannya kamu bisa transfer sebagian gaji ke account Sakuku-mu dan mengamankan uang yang tidak boleh diotak-atik di rekeningmu.

Agar lebih simpel, kamu bisa transfer melalui BCA Mobile yang selalu ada di genggaman. Setelah memasukan password, pilih m-Transfer, lalu Transfer Sakuku. Masukkan Nomor Sakuku dan centang “Simpan ke Daftar Transfer” untuk memudahkan transfer berikutnya, lalu input nominal transfer.

Setelah konfirmasi transfer dan masukkan PIN m-BCA, saldo Sakuku-mu akan otomatis bertambah. Nah, saldo yang ada di Sakuku-mu ini bisa kamu gunakan untuk hangout bersama teman atau pasangan. Cek selengkapnya di sini.

Dan jangan kawatir, kamu juga bisa dengan mudah melakukan Tarik Tuna Tanpa Kartu menggunakan Sakuku. Caranya buka aplikasi Sakuku kamu dan pilih fitur Tarik Tunai pada menu utama. Kemudian masukkan nominal uang yang ingin ditarik dan konfirmasi dengan memasukkan PIN Sakuku-mu.

 Kamu akan mendapat enam digit Kode Transaksi untuk proses transaksi di ATM. Kamu tinggal cari ATM BCA yang memiliki fitur transaksi tanpa kartu. Klik fitur tersebut, lalu masukkan nomor Sakuku dan kode transaksinya. Tinggal ambil uang tunainya. Cek selengkapnya di sini.

Sakuku juga punya berbagai promo menarik yang bisa kamu gunakan, mulai dari promo makanan, bioskop, sampai promo liburan. Klik disini untuk info promo Sakuku.

Dengan demikian, kamu bisa tetap bersenang-senang dan menikmati gaji pertama tanpa rasa bersalah.  Jadi, jajan pun tak khawatir lagi kan?

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com