Kilas

Ini Cara Ganjar Promosikan UMKM Jawa Tengah

Kompas.com - 01/11/2018, 17:04 WIB

KOMPAS.com – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo giat memanfaatkan media sosial miliknya untuk memasarkan berbagai produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) milik warga Jateng.

Sejak menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah 2013 lalu, Ganjar memang gemar membuat video blog (vlog) untuk memasarkan produk UMKM seperti batik, kaus, serta makanan khas Jawa Tengah.

Tak jarang, video-video yang diunggah ke media sosialnya itu dikomentari ribuan orang yang penasaran untuk merasakan makanan yang dipamerkan Ganjar.

Salah satu produk yang sering dipromosikan Ganjar adalah kuliner. Soal kuliner, Ganjar dikenal sangat menggemari aneka makanan tradisional.

Makanya, setiap perjalanan dinas ke luar kota, dia selalu menyempatkan diri mampir di warung-warung kecil untuk menikmati sarapan atau makan siang.

Di setiap kunjungannya tersebut, Ganjar tak lupa membuat vlog terkait kuliner yang dia santap. Seperti saat perjalanan dinas ke Magelang, Kamis (1/11/2018), Ganjar mampir ke warung Sop Senerek yang ada di Jalan Ikhlas, Terminal Lama Magelang dan menikmati sarapan Sop Senerek yang menjadi menu andalan.

"Saya mampir di warung Sop Senerek Magelang. Di sini banyak menu yang enak-enak seperti Sop Senerek, Sop Iga, Sop Buntut dan aneka ramesan. Ada juga makanan lainnya, ini tempe gorengnya tebal-tebal, lho," ucap Ganjar dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima. 

Ganjar juga menceritakan apa saja bahan yang ada dalam sop senerek tersebut sambil mencicipinya. Tak lupa, dia juga mempromosikan warung sop senerek tersebut lewat vlog-nya.

"Ini enak, rasanya segar. Kalau ke Magelang, jangan lupa mampir ke warung Sop Senerek Terminal Lama Magelang ini," tutupnya.

Kebiasaan Ganjar ini ternyata membuat para pengusaha UKM di Jawa Tengah ketiban berkah. Mereka mengaku mendapat banyak pesanan serta didatangi banyak pembeli usai usahanya diviralkan Ganjar.

"Pak Ganjar sudah beberapa kali mampir ke warung ini, tapi ya gitu kadang mampirnya tidak kabar-kabar dulu jadi rasanya gugup," ucap Sutriah, pegawai warung Sop Senerek Magelang.

Sutriah mengatakan, dia sudah mengetahui jika Ganjar sering memamerkan makanan yang disantap ke media sosialnya. Dia pun mengaku senang saat Ganjar nge-vlog dan memamerkan Sop Senereknya.

"Alhamdulillah, semoga pengunjungnya tambah banyak. Sebelumnya pak Gubernur juga pernah mampir ke sini, kemudian warung jadi rame dan terkenal. Semoga setelah di unggah di media sosial nanti, semakin banyak pengunjung yang datang," terang Sutriah tersenyum.

Sutriah pun berharap Ganjar terus semangat untuk memamerkan produk-produk UMKM serta kuliner-kuliner khas Jawa Tengah di akun media sosialnya. Sebab menurutnya, hal itu sangat efektif membantu para pelaku usaha kecil memasarkan produknya.

"Semoga pak Ganjar sehat terus dan apa yang diinginkan tercapai. Semoga terus peduli pada rakyat agar rakyatnya bisa senang," pungkasnya.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com