Kilas

Jawa Tengah Bersiap Miliki "Rest Area Non Profit"

Kompas.com - 05/11/2018, 18:30 WIB

KOMPAS.com -Rest area non profit pertama di Indonesia bakal dibangun di ruas tol Semarang - Solo KM 49 dengan nama Pendopo 49. Seluruh isiannya adalah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jawa Tengah dari kuliner hingga kerajinan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, pembangunan rest area itu diharapkan mampu mendongkrak ekonomi lokal seiring gencarnya pembangunan infrastruktur.

"Kami coba bikin hal lain di jalan tol. Kewirausahaan sosial, pemberdayaan UMKM non profit oriented, sebagai pintu masuk menikmati kearifan lokal, kerajinan, kuliner, dan alam Jawa Tengah. Jadi, ini etalase bagi UMKM Jateng," kata Ganjar dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima.

Ganjar sendiri mengatakan itu saat menerima Presiden Direktur Astra Properti Paulus Bambang, di rumah dinas Puri Gedeh, Semarang, Jawa Tengah, Senin (5/11/2018).

Terkait kewirausahaan sosial, kata Ganjar, orientasi pembangunan rest area tidak melulu berorientasi keuntungan. Anggapan pembangunan tol mematikan usaha masyarakat pun terbantahkan.

Lebih lanjut, pembangunan yang didesain dengan luas lahan mencapai 10 hektar (ha) itu, selain sebagai tempat istirahat juga diyakini menjadi destinasi baru.

Untuk isi rest area itu, Ganjar menekankan selayaknya diisi produk asli Jawa Tengah. Namun, mesti menggunakan sistem modern berbasis seleksi.

"Dua tahun pertama tidak ada produk asing. Harga jangan ngeprok, bilang jualannya jangan caramu, tetapi cara kami. Kualitas bagus, harga terjangkau, dan semua harus enak," katanya.

Sebagai informasi, Pendopo 49 diinisiasi oleh Astra Properti. Presiden Direktur Astra Properti Paulus Bambang menjelaskan, terdapat tiga hal yang jadi andalan Pendopo 49.

"Memberdayakan produk Jawa Tengah lewat UMKM-nya, desain yang futuristik, dan connecting area," sebut Bambang.

Kepada Ganjar, Bambang menampilkan desain serta konsep yang bakal diterapkan di Pendopo 49. Dengan fasilitas lengkap ditunjang desain, pemandangan indah, serta beragam kuliner dan kerajinan khas Jawa Tengah, Bambang berharap Pendopo 49 akan jadi ikon barunya Jawa Tengah.

Ia melanjutkan, di rest area itu bakal dibangun pula panggung terbuka untuk pertunjukan kesenian. Pendopo 49 ini ditarget rampung maksimal dalam 26 bulan ke depan.

"Konsep pembangunan rest area seperti ini baru kali pertama di Indonesia. Saya harap ini jadi jawaban atas tantangan dari Pak Ganjar," ucapnya.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com