Info BCA

Biaya Belanja Bulanan Sering Membengkak? Pangkas dengan Cara Ini

Kompas.com - 07/11/2018, 09:00 WIB

Kebutuhan bulanan tentu menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Demi menunjang kehidupan sehari-hari kita membutuhkan beragam produk. Misalnya saja seperti keperluan dapur untuk membuat masakan setiap harinya seperti kecap, minyak, dan bumbu lainnya. Selain itu masih ada lagi keperluan perawatan tubuh seperti sabun, shampoo, sikat dan pasta gigi, hingga pisau cukur.

Oleh karena itu, datang ke toko swalayan setiap awal atau akhir bulan untuk belanja bulanan menjadi agenda penting yang tidak boleh terlewatkan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Nah, belanja bulanan seringkali disebut sebagai cara belanja kebutuhan yang paling efisien dan dapat membantu menghemat pengeluaran. Namun sayang tanpa sadar seringkali Anda malah boros saat melakukan belanja bulanan di toko swalayan.

Anda harus menggunakan transportasi mobil jika ingin mudah membawa semua belanjaan, harus bayar parkir, uang tol, dan bensin. Selain itu Anda juga akan mudah terdorong belanja lebih dari jumlah yang dibutuhkan akibat lapar mata mendengar penawaran-penawaran dari salesperson.

Bila Anda sering menghadapi situasi demikian, berbelanja online merupakan pilihan yang tepat. Saat ini sudah banyak situs e-commerce yang bisa Anda kunjungi untuk belanja kebutuhan bulanan mulai dari bahan makanan, kebutuhan perawatan tubuh, hingga deterjen dan lain-lain secara online.

Selain praktis, berbelanja online di situs-situs e-commerce semacam ini pun juga mampu menghemat anggaran belanja bulanan sekaligus membawa keuntungan bagi Anda. Ini alasannya.

Hemat waktu dan pengeluaran

Berapa banyak dana yang Anda habiskan untuk bepergian keluar rumah? Dalam sekali perjalanan, Anda tentu membutuhkan biaya untuk bensin, biaya parkir, dan biaya tol. Pengeluaran ini belum ditambah dengan keinginan makan di luar atau barang di luar kebutuhan bulanan yang menarik perhatian Anda saat berbelanja.

Tidak hanya pengeluaran, waktu Anda pun juga akan tersita dengan rutinitas belanja. Waktu tempuh yang tidak sebentar dalam menembus kemacetan jalanan, berkeliling menelusuri rak-rak barang, serta antrian di kasir akan cukup memakan waktu.

Belanja online dapat mengalihkan Anda dari pengeluaran tambahan yang tidak perlu serta memangkas waktu. Cukup melalui smartphone atau laptop, Anda sudah bisa mendapatkan barang yang diinginkan tanpa perlu bepergian jauh. Anda pun dapat berfokus mencari barang yang dibutuhkan melalui kolom pencarian yang tersedia.

Promo dan penawaran menarik

Maraknya layanan belanja online saat ini tentu membuat para penyedia jasa e-commerce berlomba-lomba memberikan penawaran menarik bagi para pelanggannya. Sebut saja harga spesial untuk beragam produk, bundling produk yang harganya jauh lebih murah daripada pembelian eceran, atau diskon khusus.

Tidak jarang, toko online juga memberikan cashback dalam bentuk poin pada setiap pembelanjaan yang dapat digunakan untuk berbelanja. Ada pula voucher belanja berupa potongan harga atau gratis ongkos kirim yang dapat menghemat anggaran belanja Anda.

Namun, tetap berbelanja dengan bijak. Buat daftar kebutuhan yang ingin Anda beli dan disiplin dengan tidak membeli barang-barang di luar daftar tersebut.

Kemudahan pembayaran dan pengiriman barang

Kenyamanan dalam berbelanja online tidak hanya terbatas pada kemudahan memilih barang yang dibutuhkan semata. Kini, Anda juga memilih jasa pengiriman sesuai kebutuhan Anda, seperti kurir ojek online ataupun jasa pengiriman. Tanpa perlu repot keluar rumah, kebutuhan bulanan Anda pun akan diantar ke alamat tujuan. Praktis bukan?

Selain itu, Anda bisa menentukan sendiri metode pembayaran yang akan digunakan, mulai dari uang elektronik, transfer bank, hingga pembayaran via virtual account melalui aplikasi BCA Mobile.

Anda juga bisa memanfaatkan uang elektronik Sakuku untuk pembarayan di e-commerce seperti Blibli.com, Dinomarket, Bhinneka dan lain-lain. Limit transaksi Sakuku bisa sampai 10 juta lho!Penggunaan Sakuku juga sangat praktis, Anda hanya perlu memilih Sakuku sebagai metode pembayaran anda kemudian klik Make Payment.

Setelah itu akan muncul QR Code, lalu klik “Lanjut”. Jika anda berbelanja melalui smartphone, maka smartphone anda akan melakukan Selfie QRCode secara otomatis. Jika Anda berbelanja melalui laptop atau gadget lain, anda tinggal membuka aplikasi Sakuku kemudian klik “Bayar Belanja” pada menu dan scan QR Code yang muncul. Setelah itu, anda hanya perlu memasukkan PIN sakuku anda dan transaksi pun selesai. Simpel bukan? Info lengkap klik di sini.

Nah, sudah tidak ragu lagi bukan memanfaatkan toko online untuk tempat belanja bulanan Anda? Jangan lupa, atur pula anggaran belanja bulanan Anda agar tidak berlebihan saat membeli barang. Selamat berbelanja!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com