Kilas

Menko PMK Pastikan Penyaluran Bantuan Sosial Tepat Sasaran

Kompas.com - 11/11/2018, 20:30 WIB

KOMPAS.com - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani memastikan bahwa skema pemberian bantuan sosial kepada masyarakat tepat sasaran.

Bantuan tersebut meliputi bidang kesehatan dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS), pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan ekonomi keluarga lewat Program Keluarga Harapan (PKH).

Puan mengatakan itu saat melakukan kunjungan kerja ke sejumlah tempat di Jawa Tengah, Sabtu (10/11/2018). Salah satunya di Kabupaten Boyolali.

Lebih lanjut, Menko PMK menekankan, perlu adanya sinergitas daerah dengan pusat dalam memaksimalkan penyaluran bantuan sosial pemerintah pusat dengan program kerja yang ada di daerah. Begitu pula dengan tunjangan guru.

“Kalau masyarakat mau mendukung penuh pemerintah saat ini dan masa depan, tunjangan guru Insya Allah juga meningkat,” jelas Puan, dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Minggu (11/11/2018).

Pada ajang silaturahmi tersebut, Menko PMK memberikan bantuan PKH kepada 300 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), KIP kepada 500 penerima dan 50 guru pendamping.

Politisi PDI Perjuangan itu juga memberikan bantuan makanan tambahan sebanyak 1/2 ton kepada para ibu hamil dan 1/2 ton untuk balita.

Selain itu, ada pula bantuan bantuan pendidikan dari pemerintah kepada 100 kepala satuan pendidikan berupa renovasi sekolah, peralatan laboratorium sains dan bahasa.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com