Advertorial

Surabaya Sambut Event Kolaborasi Terbesar di Bidang Industri Kreatif

Kompas.com - 12/11/2018, 19:06 WIB

Event kolaborasi terbesar di bidang industri kreatif akan digelar di Surabaya mulai 14-18 November 2018. Sedikitnya empat acara siap memberikan pengalaman tak terlupakan. Diantaranya, Innocreativation pada 14-15 November, Bekraf Festival pada 15-17 November, dan Startup Nations Summit pada 16-17 November. Ketiganya dilaksanakan di Grand City Convex. Sementara, Mlaku-mlaku Nang Tunjungan Spesial akan dihelat di Jalan Tunjungan pada 18 November.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memastikan sudah menyiapkan segala sesuatu untuk menyambut event kolaborasi terbesar di tahun 2018 ini. Ia mengaku sengaja membuat event besar ini karena Surabaya sudah mulai memasuki era baru pertumbuhan startup, sebuah era dimana belajar mandiri telah dimulai, dan menjadi entrepreneurship serta pelaku industri kreatif merupakan pilihan yang tepat.

“Acara ini merupakan sebuah rangkaian karena kita ingin membuat sesuatu yang besar untuk Indonesia. Kita ingin suatu saat nanti menjadi hub-nya industri kreatif dan teknologi informasi di Asia dan ASEAN. Makanya kita gabung menjadi suatu kemasan acara yang menarik,” kata Wali Kota Risma saat jumpa pers bersama Founder and Chairman CT Corp Chairul Tanjung di kediaman Wali Kota Surabaya, Sabtu (10/11/2018).

Risma memastikan acara ini akan menjadi peluang besar bagi anak muda Surabaya. Sebab, SNS ini akan dihadiri oleh sekitar 170 negara anggota SNS dan juga mengundang pembicara dari dalam maupun luar negeri, diantaranya dari luar negeri ada dari New York Smart City, Fukuoka-Jepang, Liverpool, dan beberapa pembicara lainnya. “Ini saatnya untuk memulai. Karena menurut saya, industri kreatif itu tidak akan mati hingga hari kiamat,” tegasnya.

Berbeda dengan Startup Nations Summit yang lebih mengarah pada forum level pengambil kebijakan di bidang start up atau usaha rintisan, Innocreativation hadir dengan kemasan yang lebih nge-pop.

- -

Founder and Chairman CT Corp Chairul Tanjung menjelaskan Innocreativation adalah sebuah acara dimana para inovator dan orang-orang kreatif berkumpul bersama dan berbicara untuk menyebarluaskan pengetahuan dan pengalaman mereka di bidang inovasi, kreativitas, dan enterpreneurship kepada generasi muda, khususnya yang ada di Surabaya, Jawa Timur dan tentu provinsi-provinsi lainnya di Indonesia. “Nanti ini acara selama dua hari dan pembicaranya dari dalam dan luar negeri,” katanya.

Ia pun merinci para pembicara yang akan hadir pada acara itu, diantaranya CEO Buka Lapak Achmad Zaky, CEO Kita Bisa Timmy Alfatih, Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf, Senior Director of  Business Development Tencent International Business Benny Ho, South East Asia Head of  Customer Engineering at Google Anish Malhotra, Head of  Consumer Marketing at Google Fibriyani Elastria, Head of Sales Go-Pay Arno Tse, General Manager External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin.

Selain itu, ada pula Dian Sastrowardoyo, Ernest Prakasa, Pandji Pragiwaksono, Dimas Djay, Ruben Onsu, Giring Nidji, Andrian Ishak, Eka Gustiwana, Pongki Barata. Pada acara itu, peserta juga akan dihibur oleh performance musik dari Afgan, Sheryl Sheinafia, dan NEV+Bams serta Mocca.

Menurut Chairul Tanjung, acara ini sangat penting dan menarik karena di era sekarang ini yang menentukan seorang berhasil atau tidak, menang dalam kompetisi atau tidak, bukan lagi kemampuannya memproduksi sesuatu lebih produktif dan efisien. Namun, bagaimana orang itu lebih kreatif dan lebih inovatif. “Nah, kekuatan ini yang harus dimiliki oleh generasi muda saat ini,” katanya.

Dengan konsep acara yang unik, jelas bahwa Innocreativation membidik pangsa audiens kalangan milenial pecinta dan pelaku industri kreatif. Harapannya, event ini mampu mempersiapkan generasi muda agar mampu menjawab tantangan masa depan.

Sementara itu, Mantan Menteri Pendidikan Mohammad Nuh memastikan acara Innocreativation ini akan menjadi ‘minuman segar’ tentang kreativitas dan konstruktivitas. Harapannya nanti di Kota Surabaya muncul mesin-mesin baru para anak-anak muda yang memiliki jiwa kreatif dan inovatif. “Ujung-ujungnya nanti, kesejahteraan warga Surabaya dan juga Indonesia akan semakin naik dan lebih baik. Selamat kepada Bu Risma, mudah-mudahan Surabaya bisa terus menjadi kota yang luar biasa,” pungkasnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com