Advertorial

Work, Live and Play di Jantung Pusat Bisnis Jakarta Selatan

Kompas.com - 13/11/2018, 13:58 WIB

Terciptanya konsep work-life balance menjadi idaman para profesional muda. Mereka menginginkan harmoni antara bekerja, bermain, dan tinggal di lokasi yang nyaman. Bekerja di luar kantor menjadi tren gaya hidup masyarakat urban di beberapa tahun belakangan.

Fleksibilitas lokasi serta waktu kerja yang nyaris tak terbatas, menjadi faktor-faktor yang membuat konsep ini menjadi unggul dan digandrungi anak-anak muda. Di kalangan para profesional muda, khususnya yang berkecimpung di industri kreatif, fleksibilitas dan produktivitas menjadi faktor penting  bagi mereka. 

Andrew Kang Associate Director Corporate Marketing PT Intiland Development Tbk turut mencermati pergeseran dan perubahan tersebut. Tren bekerja secara remote working ini, menurutnya sangat kontras dengan tren bekerja satu dekade lalu, yang cenderung bekerja di dalam ruang kantor.

“Saat ini banyak para profesional yang lebih memilih bekerja, meeting atau diskusi tidak harus di kantor. Mereka bisa melakukan di tempat-tempat informal seperti, coffee shop, hotel, atau yang sedang ngetren sekarang ini, co-working space,” ujar Andrew.

- -

Banyak alasan mengapa remote working menjadi tren dewasa ini. Bekerja dengan fleksibilitas dianggap dapat membuat para pekerja lebih produktif. Bekerja di luar ruangan acap kali dinilai dapat membunuh kejenuhan suasana kantor. Jika ditilik, dari sisi kesehatan, bekerja di luar ruangan memang memberikan kesempatan otak mendapatkan asupan udara segar.

Pergeseran tren dalam bekerja ini menjadi salah satu pertimbangan Intiland dalam mengembangkan kawasan perkantoran terpadu South Quarter, di kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan. Perubahan cara dan kebiasaan orang dalam bekerja inilah melahirkan sebuah gagasan untuk mengembangkan sebuah kawasan perkantoran terpadu yang mampu memenuhi beragam kebutuhan para profesional modern. 

“Konsep awal pengembangan South Quarter itu ada tiga, yaitu work, live and play. Pada pengembangan tahap pertama, kami berhasil mewujudkan space untuk work dan space untuk play lewat tiga gedung perkantoran dan satu supporting ritel yang dinamakan SQ Dome,” kata Andrew.

Menurutnya, SQ Dome selain bentuknya unik dan indah dilihat,juga menyediakan beragam fasilitas kebutuhan bagi para profesional. Pada area di bawah kubah tersebut terdapat berbagai tenant seperti restoran, coffee shop, gym, supermarket, day care, tour and travel dan masih banyak lagi. Bukan hanya itu, SQ Dome juga secara secara rutin menggelar Friday Fusion, sebuah gelaran musik yang menghadirkan artis-artis kondang ibu kota.

Melalui perpaduan antara unsur-unsur tersebut, diyakini dapat menciptakan harmoni dan work-life balance. “Pengembangan komunitas jauh lebih penting daripada sekedar membuat bangunan. Itu adalah tantangan dari setiap pengembangan baru,” ujar Andrew.

Melengkapi konsep pengembangan South Quarter secara utuh, Andrew mengungkapkan bahwa Intiland merencanakan untuk melengkapinya dengan fasilitas hunian, berupa tower apartemen yang dinamakan SQ Res. Apartemen ini lokasinya sangat strategis karena menjadi satu kesatuan kawasan South Quarter, sehingga para penghuni dapat menikmati beragam fasilitas yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Walking distance saat ini adalah sebuah kemewahan dan keunggulan. Di South Quarter semuanya lengkap untuk live, work, and play. Artinya kalau tinggal di sini, saya mau ke coffee shop dekat, mau belanja bisa jalan kaki, saya mau potong rambut atau saya mau beli tiket semuanya di satu kompleks. Jalan saja dan tidak usah naik mobil, walkability,” kata Andrew.

- -

Terletak di lokasi yang strategis, South Quarter juga memiliki akses yang mudah ke sekolah-sekolah dengan kualitas internasional, rumah sakit, pusat belanja, serta infrastruktur yang dibangun pemerintah termasuk jalan tol.

Segala fasilitas dan kemudahan akses South Quarter membuatnya menjadi kawasan incaran yang patut diperhatikan, cocok untuk remote working maupun pemenuhan kebutuhan work-life balance lainnya.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai South Quarter, silakan cek di tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com