Advertorial

4 Hal Ini Wajib Kamu Siapkan untuk Liburan ke Jepang

Kompas.com - 16/11/2018, 14:51 WIB

Jepang adalah salah satu tempat liburan impian. Bisa dibilang merasakan langsung budaya Jepang merupakan pencapaian hidup. Masyarakatnya yang sangat teratur sampai kecanggihan sarana dan prasarana kotanya jelas membuat kamu semakin tak sabar ke sana.

Jika kamu berencana ke Jepang dalam waktu dekat, 4 hal ini yang wajib disiapkan dan jangan sampai ada yang terlewat:

1. Paspor sebagai identitas pribadi di luar negeri

Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan pejabat berwenang suatu negara. Paspor memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antarnegara. Jadi, sudah jelas, ketika kamu hendak pergi ke luar negeri, paspor wajib sudah ada di tangan.

Untuk mempersiapkannya, kamu tidak perlu repot. Kini paspor bisa dibuat secara online melalui kantor imigrasi terdekat. Kamu tidak lagi harus mengantre seharian untuk mengurusnya.

2. Visa sebagai tanda bukti kamu boleh masuk sebuah negara

Visa adalah tanda bukti “boleh berkunjung” bagi penduduk suatu negara jika memasuki wilayah negara lain yang memberi syarat adanya izin masuk. Selain pemegang e-paspor, mereka ingin berlibur ke Jepang masih memerlukan visa.

Sejak 1 Desember 2014, pemerintah Jepang memang telah mengeluarkan kebijakan bebas visa bagi para pemegang e-paspor Indonesia. Namun bebas visa hanya berlaku untuk kunjungan maksimal 15 hari.

Jika berencana tinggal lebih dari 15 hari, atau tujuan ke Jepang adalah untuk bekerja, kamu wajib mengajukan permohonan visa dengan mengikuti peraturan yang berlaku.

Kamu jelas tidak ingin diusir karena melanggar izin tinggal, kan?

Cara pengajuan visa sama sekali tidak sulit. Kamu hanya perlu membawa e-paspor dan formulir aplikasi yang sudah diisi ke Kantor Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.

Setelah mengajukan permohonan, kamu tinggal menunggu hasil registrasi. Stiker bebas visa Jepang akan ditempelkan pada e-paspor kamu.

3. Tiket pesawat ke Jepang, cari yang promo!

Untuk sampai ke Jepang, kamu perlu tiket pesawat. Untuk mendapatkannya, kamu wajib mencari yang promo. Caranya cukup dengan memaasang alert untuk semua jenis travel fair yang akan dilaksanakan. Datang dan pantau harga tiket pesawat ke Jepang di travel fair itu.

Pasang juga aplikasi yang menjual tiket pesawat online di smartphone, salah satunya Traveloka, kemudian pasang alert untuk harga tiket pesawat ke Jepang.

Sebaiknya follow juga akun media sosial aplikasi penjualan tiket pesawat itu agar tahu promo apa saja yang sedang berlaku. Jangan sampai terlewat!

4. Koneksi internet agar tetap terhubung dengan keluarga di Indonesia

Penting untuk memiliki koneksi internet di Jepang. Pertama, kamu jelas ingin selalu memberi kabar selama di luar negeri pada keluarga di Indonesia. Selain itu, sebagai pendatang di Jepang, kamu jelas tidak hafal setiap sudut kota-kota di sana.

Aplikasi seperti google maps jelas menjadi andalan selama di Jepang. Selain itu, liburan tidak akan ada gunanya bila tidak dishare ke media sosial. Tentu untuk bisa terhubung dengan media sosial, kamu perlu koneksi internet.

Cara termudah untuk mewujudkannya adalah menyewa WiFi portabel atau membeli kartu SIM data khusus di Jepang. Banyak sekali penyedia jasa sewa WiFi portabel di Jepang. Kamu bahkan bisa menyewanya sejak di Jakarta untuk tetap terkoneksi dengan internet.

Selamat menikmati liburan ke Jepang!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com