Advertorial

Sensasi Melihat Kembang Api Tahun Baru 2019 dari Gugusan Candi

Kompas.com - 19/11/2018, 15:07 WIB

Banyak cara menikmati malam tahun baru 2019, antara lain menonton live music, berkumpul bersama keluarga, atau menikmati kembang api di tengah kota. Agar lebih berkesan, merayakan pergantian tahun bisa kamu lakukan di berbagai destinasi populer seperti Jogja.

Tak hanya kawasan favorit seperti Jalan Malioboro, Pantai Parangtritis, ataupun Gunung Nglanggeran, menikmati tahun baru di Yogyakarta bisa lebih dari itu. kamu bisa berkunjung ke berbagai situs peninggalan budaya seperti candi untuk merayakan malam tahun baru.

Selain menyimpan nilai sejarah, candi-candi di Yogyakarta dan sekitarnya juga memiliki keindahan eksotis untuk menyaksikan kembang api. Berikut ini adalah beberapa candi di yang bisa dikunjungi untuk merasakan kemeriahan malam tahun baru yang berbeda:

Menikmati panorama Yogyakarta dari ketinggian Candi Ijo

Candi Ijo, candi tertinggi di Yogyakarta (Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya) Candi Ijo, candi tertinggi di Yogyakarta (Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya)

Berada pada ketinggian 425 di atas permukaan laut, Candi Ijo adalah candi dengan lokasi tertinggi di Yogyakarta. Terletak sekitar 18 kilometer sebelah timur Kota Yogyakarta, candi ini dibangun di Bukit Hijau atau Gumuk Ijo sekitar abad ke-9.

Dari sini, kamu bisa menikmati pesona kembang api dari setiap sudut Kota Jogja sejauh mata memandang. Setelah malam pergantian tahun usai, tidak ada salahnya menunggu datangnya pagi. Ajak orang terdekatmu untuk menyaksikan keindahan di akhir tahun bersama!

Melihat gemerlap kembang api di Candi Prambanan

Candi Prambanan (Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya) Candi Prambanan (Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya)

Dikenal sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO, Candi Prambanan bisa menjadi tempat bagi kamu untuk merayakan tahun baru 2019. Setiap malam pergantian tahun, terdapat pertunjukan pesta kembang api di kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia ini.

Gemerlap cahaya kembang api bisa kamu saksikan dari balik bebatuan candi. Banyak wisatawan dalam dan luar negeri yang menyambut awal tahun di Candi Prambanan. Saat berkunjung, jangan lupa mengabadikan momen perayaan satu tahun sekali ini.

Panorama keindahan candi dengan latar belakang warna-warni kembang api tentunya akan memberikan pengalaman berkesan untuk merayakan tahun baru. Selain pesta kembang api, Anda juga bisa menikmati berbagai pertunjukan seni tradisional di sana.

Pergantian Tahun Baru Sakral dan Magis di Candi Borobudur

Tahun Baru di Candi Borobudur (Shutterstock) Tahun Baru di Candi Borobudur (Shutterstock)

Tak jauh dari Yogyakarta, Anda bisa menuju Magelang untuk merayakan malam tahun baru 2019 di Candi Borobodur. Menjadi destinasi ikonik di Indonesia, candi ini merupakan tempat favorit merayakan malam tahun baru bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

Dengan aristektur berdasarkan filsafat agama Budha “Stupa Prasada”, yakni gabungan stupa piramida yang memiliki punden berundak, bangunan Candi Borobudur memiliki pesona tersendiri untuk merayakan pergantian tahun.

Tak hanya kemeriahan pesta kembang api, perayaan malam tahun baru di Candi Borobudur juga semakin sakral dengan adanya doa bersama serta penerbangan lampion.

Kamu juga bisa merayakan tahun baru di Candi Borobudur dengan menikmati matahari pertama tahun 2019. Menikmati matahari terbit melalui puncak stupa di hari pertama tahun baru tentu semakin menambah semangat kamu untuk mencapai resolusi di 2019.

Setelahnya, kamu bisa mengelilingi Kabupaten Magelang, tempat Candi Borobudur berada. Di sana banyak sekali yang bisa Anda lakukan seperti membuat gerabah, dan berendam air panas di candi kuno.

Untuk lebih tahu wisata di Magelang ataupun Yogyakarta, kamu bisa mencari informasinya melalui rubrik “Jelajah Lebih Jauh” di Traveloka App. Di sana, banyak inspirasi wisata yang bisa kamu dapatkan untuk merayakan tahun baru 2019. Selamat mempersiapkan rencana liburan tahun baru!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com