Advertorial

Bikin Bangga, Rossa Jadi Nominator di Big Apple Music Award 2018

Kompas.com - 23/11/2018, 17:55 WIB

JAKARTA – Indonesia patut berbangga punya Diva Pop seperti Rossa. Sebab, pelantun lagu Pesona Indonesia ini kerap mengharumkan nama Bangsa. Terbaru, Rossa menjadi nominator di ajang Big Apple Music Award (BAMA) 2018. Pengumumannya akan dilakukan di Amerika Serikat, 23 November nanti.

BAMA adalah organisasi non profit. Orang-orang yang terlibat didalamnya terdiri dari pelaku industri musik. Seperti Musisi, Produser, Penulis Lagu, teknisi, dan para Profesional Industri lainnya.

Misi utama BAMA lebih memperkenalkan dan saling memperdengarkan musik dan musisi dari berbagai berlahan dunia. Dari tahun ke tahun, partisipan yang tergabung di BAMA terus bertambah. Penghargaan sendiri sudah dilaksanakan sejak tahun 2004.

Buat Rossa, penghargaan dari BAMA bukan hal baru. Tahun 2017, ia berhasil menyabet penghargaan The Best Indonesia Singer.

“Sedangkan untuk tahun 2018, nama Rossa masuk sebagai nominator. Tepatnya untuk Best Indonesian Artist,” papar manajer Rossa, Intan Bacil, Rabu (21/11).

Rossa sendiri bukanlah nama asing bagi dunia musik Indonesia. Berbagai penghargaan sudah menghiasi perjalanan kariernya. Ia pernah menyabet The Best Indonesia Singer 2017 by Wonderful Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata.

Deretan penghargaan lain yang pernah disabetnya adalah The Best Female Singer Dahsyat Awards 2017, Global Leadership Awards Celebrity of The Year (2017), Insert Fashion Awards 2017 Most Fashionable Woman (2017), The Most Favorite Singer by Insert 14th Anniversary 2017, The Most Inspiring Singer by MNC Lifestyle 7th Anniversary, The Most Consistent Indonesian Female Singer by 17th iRadio (2018), The Best Female Singer by SCTV Music Awards (2018).

Tapi, bukan hanya di Indonesia kehebatan Rossa diakui. Dikancah internasional, sejumlah penghargaan pun dibawa pulang. Seperti The Winner “Queen of Indonesia Pop” by Asia Pop 40 (2017), Planet Muzik Special Award / Legend Award – Anugerah Planet Muzik (APM 17th 2018), dan masih banyak lagi.

Bahkan, di Pahang, Malaysia, Rossa mendapat gelar Dato Sri. “Rossa adalah satu-satunya artis Indonesia yang meraih titel Dato. Dan tahun ini, gelar itu dinaikkan menjadi Dato Sri,” jelas Intan.

 Deretan penghargaan ini diraih Rossa lantaran lagu-lagunya yang hits. Yp, penyanyi asal Sumedang ini adalah seorang hits maker. Berbagai lagu yang dikeluarkannya selalu berhasil mencuri perhatian pecinta musik Indonesia.

 

Dimulai dengan lagi ‘Nada-nada Cinta’ tahun 1996, nama Rossa mulai dikenal di Tanah Air. Namun, kariernya melesat saat lagu Tegar dirilis tahun 1999. Album ini meraih 4x Platinum Award. Belum lagi lagu ‘Ayat-ayat Cinta’ yang sangat sukses dipasaran.

Rossa juga mencatatkan sukses saat berkolaborasi. Diantaranya dengan Broery Marantika untuk lagu ‘Jangan Ada Dusta Diantara Kita’, dan lagu Ku Pinang Kau dengan Bismillah’ yang berduet dengan Pasha Ungu.

Rossa juga menyanyikan lagu ‘Pesona Indonesia’ dan ‘Wonderful Indonesia’. Lagu ini adalah bagian dari promosi pariwisata Indonesia yang digunakan Kementerian Pariwisata. Promosinya dilakukan di media-media internasional.

BAMA 2018 menjadi momentum bagus bagi Rossa. Sebab, penyanyi yang akrab disapa Ocha itu baru saja mengeluarkan album terbarunya, ‘A New Chapter’. Album ini dibuat di Hollywood dengan melibatkan produser musik kelas dunia.

“Album ini saya kasih judul ‘A New Chapter’. Karena, memang hampir seluruhnya nuansanya baru. Baik musiknya, pencipta lagunya, dan aransemennya saya bikin lebih kekinian,” tutur Rossa tentang album barunya.

Ada 4 (empat) lagu yang direkam di Los Angeles. ‘Body Speak’, ‘Break It Up’, ‘Till My Heart Stop Beating’ dan ‘Firefly’.

“Kalau mendengar keseluruhan albumnya, semuanya keliatan lebih fresh. Karena saya memang inginnya di album ini terlihat lebih berbeda, lebih fresh, menunjukkan hal yang baru dari saya,” paparnya

Di Amerika, Rossa menjalani proses rekaman bersama Mitch Allan, seoarang vocal producer. Mitch Allan adalah seorang musisi, song writer dan music producer. Ia pernah menangani penyanyi-penyanyi kelas dunia seperti Demi Lovato, Miley Cyrus, Jason Derulo, Pitbull, Fifth Harmony, Kelly Clarkson sampai Simple Plan.

Selain bernyanyi, Rossa juga kerap tampil sebagai juri ajang pencarian bakat. Salah satunya, Indonesia Idol. Bahkan, di kalangan anak-anak muda Rossa dipilih menjadi favorit.

Dengan segala pamor yang dimilikinya, tak heran jika konser Rossa selalu ramai. Bahkan, tiket selalu sold out. Alias habis terjual.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku sangat bangga bisa bekerja sama dengan penyanyi sekelas Rossa.

“Lewat suara emas Rossa, pariwisata Indonesia turut dipromosikan ke luar negeri. Lewat lagu Pesona Indonesia, kita menjaring banyak wisatawan. Sangat menyenangkan bisa bekerja sama dengan sosok yang begitu luar biasa dan prestasi. Kita berharap Rossa bisa terus meraih kesuksesan, termasuk dalam Big Apple Music Award 2018,” tutur Menteri asal Banyuwangi itu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com