Info BCA

Ingin Sarapan Sehat Tetapi Praktis dan Hemat, Contek Menu-menu Ini

Kompas.com - 28/11/2018, 09:12 WIB

Menyantap sarapan di pagi hari adalah ritual yang penting untuk mengawali hari. Sarapan merupakan sumber energi dan nutrisi paling awal. Oleh karena itu sarapan mempengaruhi kondisi tubuh dalam satu hari.

Namun sayang, seiring dengan semakin cepatnya ritme hidup ritual menyantap sarapan semakin jarang dilakukan oleh masyarakat modern. Oleh karena keterbatasan waktu di pagi hari banyak orang memilih melewatkan sarapan, ada juga yang tetap berusaha mengisi perut di pagi hari tetapi dengan menu makanan cepat saji yang belum tentu sehat.

Sebenarnya menyiapkan sarapan sehat tidak serepot itu dan tidak perlu menguras uang jajan. Pilih bahan makanan sehat yang sederhana dan sedikit kreatif. Contek menu-menu ini!

1. Overnight oat

Kamu hanya perlu toples, susu, dan oatmeal untuk membuat overnight oat. Tuangkan susu dan oatmeal dengan perbandingan seimbang ke dalam toples, tutup, kemudian simpan di kulkas. Overnight oat bisa kamu kreasikan dengan menambah bahan-bahan di pagi hari saat kamu sarapan. Tambahkan selai kacang dan potongan pisang, atau tambahkan buah strawberry segar dan yogurt. Mudah bukan?

2. Roti panggang pisang

Pilih roti gandum yang kaya serat, kemudian panggang. Jika tidak punya oven atau pemanggang roti kamu bisa memanfaatkan wajan anti lengket untuk memanggangnya. Sesudah itu oleskan selai kacang dan tambahkan potongan pisang.

3. Smoothie bowl

Smoothie buah-buahan adalah menu yang paling praktis untuk memenuhi asupan nutrisimu di pagi hari. Kamu bisa memilih buah yang sederhana seperti pisang. Selain murah dan mudah ditemukan pisang dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat di pagi hari dan memiliki manfaat baik bagi kesehatan jantung serta sistem imun tubuh.

Gunakan pisang sebagai bahan dasar smoothie-mu. Agar tidak bosan kamu bisa berkreasi dengan menambahkan campuran strawberry atau selai kacang. Kamu juga bisa menambahkan taburan granola sebagai sumber serat.

4. Frittata telur dan keju

Penuhi kebutuhan proteinmu dengan sarapan frittata yang terbuat dari telur. Kocok rata telur, tambahkan lada dan sedikit garam. Tambahkan parutan keju cheddar untuk menambah asupan kalsium dan protein.

Setelah itu masak setengah adonan telur di atas wajan dan orak-arik telur. Ratakan dengan permukaan wajah dan tuangkan setengah adonan telur sisanya. Diamkan hingga matang. Mudah bukan?

5. Salad buah saus yogurt

Ingin menu sarapan yang lebih mudah lagi? Beli saja buah potong di minimarket atau supermarket terdekat dan siapkan yogurt. Kamu bisa pilih yogurt dengan rasa sesuai seleramu. Siramkan di atas buah potong.

Agar lebih praktis lagi saat berbelanja bahan-bahan makanan untuk menu sarapanmu manfaatkan saja Sakuku dari BCA. Saat ini Sakuku dapat digunakan sebagai alat pembayaran di Alfamart atau Alfamidi terdekat. Jika ingin membeli roti yang nikmat untuk sarapan gunakan Sakuku di gerai Tous Les Jours atau Breadlife.

Jika berbelanja roti untuk sarapan di Breadlife kamu bisa menikmati promo diskon 20-30 persen. Pada akhir pekan semua produk yang dibeli menggunakan Sakuku akan mendapat potongan harga 30 persen, sementara di hari biasa potongan harganya 20 persen. Promo ini masih berlaku hingga Januari 2019. Cek syarat dan ketentuan di sini.

Penasaran bagaimana cara praktis belanja di toko offline dengan Sakuku? Cek tutorialnya di sini. Belum punya Sakuku? Segera unduh aplikasi ini di Google Playstore atau Appstore dan nikmati mudahnya menyiapkan bahan makanan untuk sarapan setiap hari.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com