Advertorial

Sumbangsih Nyata PLN dalam Meningkatkan Daya Saing Industri Indonesia

Kompas.com - 29/11/2018, 19:25 WIB

Memasuki tahun penyelenggaraannya yang ke-9, Harian Kompas kembali bekerja sama dengan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dalam Kompas100 CEO Forum. Setelah melalui serangkaian acara sejak Oktober 2018, penutup sekaligus acara puncak Kompas100 CEO Forum 2018 Powered by PLN diselenggarakan pada 27 November 2018 di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center.

Kompas100 CEO Forum 2018 Powered by PLN adalah ajang tahunan bagi para CEO yang tergabung sebagai emiten Kompas100 Bursa Efek Indonesia. Ajang ini diselenggarakan sebagai wadah pertemuan dan bertukar pikiran mengenai proyeksi perekonomian setiap tahunnya. Tema “Meningkatkan Daya Saing Industri Indonesia” yang diangkat pada tahun ini diharapkan dapat menggali inspirasi, baik untuk pemerintah maupun korporasi untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang diinginkan.

Sudut pandang yang coba digali dalam forum ini adalah bagaimana kesiapan industri Indonesia dalam mengadopsi Revolusi Industri 4.0 dalam rangka meningkatkan efisiensi di dalam proses bisnis. Selain itu strategi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang ramah investasi pun tak luput dalam topik pembicaraan forum ini.

- -

Acara Kompas100 CEO Forum 2018 Powered by PLN ini dibuka oleh CEO Kompas Gramedia Lilik  Oetama, dan dilanjutkan pidato kunci oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Pada kesempatan ini Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa CEO harus tetap optimis dan memanfaatkan kesempatan yang ada, untuk menguatkan industri dan ekspor Indonesia dalam menghadapi situasi perang dagang dan Revolusi Industri 4.0 saat ini.

Setelah pidato pembukaan oleh Presiden Joko Widodo, acara dilanjutkan sesi diskusi panel yang dipandu oleh Kepala Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada,  A. Tony Prasetiantono. Rangkaian acara ini membahas potensi dan tantangan dalam meningkatkan daya saing industri yang dikupas melalui sudut pandang industri, sumber daya manusia, serta keuangan dan investasi.

- -

Panel diskusi diisi oleh paparan serta diskusi dengan menghadirkan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Airlangga Hartarto, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Hanif Dhakiri, dan Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia Mardiasmo. “Di tengah tekanan internasional, pemerintah telah berbuat banyak hal dan melakukan antisipasi terhadap Revolusi Industri 4.0,” ujar A. Tony Prasetiantono dalam simpulan diskusi panel ini.

Setelah panel diskusi usai, forum dilanjutkan dengan paparan dari Co-Founder & Managing Partner Northstar Group, Glenn Sugita. Lewat paparannya, Glenn menekankan bahwa aspek sumber daya manusia (SDM) masih menjadi masalah yang perlu diperbaiki untuk memajukan bangsa. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas SDM seperti kurangnya asupan gizi, prioritas orang tua, keterbatasan sekolah dan guru, serta pola pengajaran top down perlu diperhatikan kembali, agar Indonesia memiliki daya saing industri.

- -

Rangkaian acara Kompas100 CEO Forum 2018 Powered by PLN ini ditutup dengan konferensi pers untuk mengingatkan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat dalam meningkatkan daya saing industri Indonesia.

“Situasinya memang tidak mudah untuk Indonesia, tapi bagaimana di tengah semua ini kita bisa mengejar ketertinggalan itu. Kedepannya optimisme seperti ini yang coba kita tularkan oleh Kompas, dan menjadi jembatan antara dunia usaha, pemerintah, dan masyarakat,” ujar Ninuk Mardiana Pambudy, Pemimpin Redaksi Harian Kompas.

Direktur Perencanaan Korporat PT PLN (Persero), Syofvi Roekman mengatakan bahwa PLN menangkap banyak aspirasi sehingga akan terus mendukung Kompas100 CEO Forum. “Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong investasi terhadap proyek-proyek PLN, sehingga kami dapat menjaga kecukupan serta kualitas pasokan listrik, khususnya untuk industri,” ujar Syovfi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com