Advertorial

McDonald’s Junior Futsal Championship 2018 Dapatkan Juara Baru dari Surabaya

Kompas.com - 29/11/2018, 22:27 WIB

Piala bergilir McDonald’s Junior Futsal Championship 2018 akhirnya jatuh ke tangan SD Pelita Permai. Tim futsal yang berasal dari Surabaya ini berhasil mengalahkan SD Al-Azhar Cibubur dengan perolehan skor 10-6 untuk SD Pelita Permai pada gelaran final yang diadakan di Spartan Futsal, Tangerang (18/11/18). Sementara itu, posisi ketiga ditempati oleh SD Cijawura Bandung yang berhasil mengalahkan SD Al-Amanah Jakarta.

Memasuki tahun kedelapan penyelenggaraannya,  McDonald’s Junior Futsal Championship telah menjadi salah satu kompetisi bergengsi dan ditunggu-tunggu oleh para tim futsal sekolah dasar di seluruh Indonesia. Setiap tahun, penambahan lokasi penyisihan juga dilakukan agar peserta yang berpartisipasi menjadi lebih banyak dan pertandingan semakin kompetitif.

Tahun ini, penambahan tim di wilayah penyisihan Surabaya dilakukan menjadi 32 tim yang sebelumnya hanya 16 tim. Dengan demikian, total tim yang berpartisipasi berjumlah 192 tim. Secara rinci, 192 tim tersebut terdiri atas 64 tim dari Zona Barat, 64 tim dari Zona Timur, 32 tim dari Bandung, dan 32 tim dari Surabaya. Total peserta yang tergabung dalam 192 tim tersebut adalah 2.880 anak.

- -

 “McDonald’s fokus pada anak-anak. Makanya, kita selalu adakan kegiatan yang relevan dengan aktivitas mereka, salah satunya yakni futsal. Kami percaya bahwa lewat olahraga, banyak soft skill dan hard skill yang didapat oleh anak-anak. McDonald’s Junior Futsal Championship ini komitmen nyata dari kami untuk mendukung perkembangan anak-anak di Indonesia,” kata Rio Hascaryo, Manajer Marketing McDonald’s Indonesia.

Rio menambahkan bahwa lewat futsal anak-anak akan belajar mengenai perjuangan, kerja keras, dan kerja sama dengan menjunjung sportivitas. Ketiganya merupakan aspek-aspek penting yang harus dimiliki dalam kehidupan mereka kelak. Oleh karena itu, “Truly Champion” menjadi tema yang digaungkan pada McDonald’s Junior Futsal Championship 2018.

Babak penyisihan telah berlangsung sejak pertengahan bulan Oktober lalu. Dari 192 tim yang bertanding, hanya 16 tim yang berhasil bertahan dan masuk ke babak Grand Final. Pada babak grand final keenam belas tim tersebut pun bertanding dengan sekuat tenaga. Kompetisi semaking sengit dan ramai dengan kehadiran supporter yang menyemangati dari pinggir lapangan.

Pada momen final, SD Al-Azhar Cibubur mampu mencetak gol terlebih dahulu di menit pertama. Tertinggal satu gol, SD Pelita Permai Surabaya terus gigih untuk menekan baris pertahanan SD Al-Azhar. Pertandingan menjadi kian sengit.

Tidak berselang lama, SD Pelita Permai mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Kegigihan SD Pelita Permai secara konsisten berhasil membawa sekolah ini unggul menjadi 10-6 hingga pertandingan usai.

- -

Nantinya, juara pertama McDonald’s Junior Futsal Championship 2018 akan mendapatkan hadiah Rp 10 juta, futsal equipment, school branding, futsal scholarship yang diasuh coach Vennard Hutabarat, serta sehari berlatih bersama perwakilan pemain sepak bola tim nasional indonesia. Sedangkan juara dua akan mendapatkan hadiah senilai Rp 7 juta. Juara tiga mendapatkan total Rp 5 juta  dan juara empat mendapatkan total Rp 3 juta.

“Pada tahun selanjutnya, kami berharap akan ada peningkatan baik itu dari proses penyelenggaraan dan cakupannya, hingga hadiah yang diberikan. Sampai saat ini, kami masih ingin mengevaluasi terlebih dahulu mana yang akan ditambahkan. Kami berharap acara ini bisa menjadi parameter kompetisi futsal tingkat sekolah dasar di Indonesia,” tutup Rio Hascaryo.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com