Advertorial

Ini 5 Rekomendasi Destinasi Wisata Terbaik di Bali

Kompas.com - 30/11/2018, 13:55 WIB

Anda ingin berlibur ke Bali dalam waktu dekat ini? Bali memang merupakan tempat yang harus dikunjungi setidaknya sekali dalam hidup Anda. Pulau Dewata ini punya segudang keindahan yang siap untuk membantu Anda melepas penat sekaligus membuat Anda terkagum-kagum akan keindahannya.

Jika ini kali pertama Anda ke Bali, jangan khawatir. Kami punya lima rekomendasi destinasi yang wajib Anda datangi untuk merasakan ‘surga dunia’ ini. Yuk, simak rekomendasinya.

1. Pura Uluwatu

Terletak di atas tebing yang langsung menghadap ke laut serta menjadi salah satu tempat surfing terbaik di Bali, Pura Luhur Uluwatu merupakan salah satu pura dengan pemandangan terindah di Bali.

Menurut para arkeolog, pura ini sudah ada sejak abad ke-10. Pura ini dipercaya melindungi Bali dari roh jahat di laut, sementara monyet-monyet yang tinggal di sini konon merupakan para penjaga yang melindungi pura dari pengaruh buruk.

Saat matahari terbenam pemandangan di sini tiada duanya. Anda bisa mengagumi pemandangan sambil menikmati pementasan tari kecak. Namun, tetap awasi barang bawaan Anda karena jika lengah barang Anda akan direbut oleh monyet-monyet yang menghuni area pura ini.

2. Hutan Monyet Ubud

Bicara soal monyet, Ubud juga jadi surga bagi primata yang dianggap sebagai titisan Dewa Hanoman ini. Tempat ini jadi salah satu favorit para turis, utamanya para pecinta hewan dan fotografer.

Di bagian barat daya tempat ini terdapat Pura Dalem Agung Padangtegal yang sudah berdiri sejak abad ke-14. Monyet-monyet bergelantungan bebas di sini, tetapi usahakan jangan berinteraksi dengan monyet-monyet tersebut karena mereka bisa salah respons dan berubah agresif.

Anda juga bisa menikmati pemandangan sawah yang menenteramkan di Ubud. Di sini Anda bisa melihat sistem pengairan sawah terasering yang sudah diakui dunia.

3. Pura Ulun Danu Bratan

Berada di pulau kecil yang dikelilingi Danau Bratan, Pura Ulun Danu Bratan merupakan salah satu pura tercantik di Bali. Pura ini sudah berdiri sejak abad ke-17.

Danau Bratan juga merupakan salah satu sumber irigasi dan air minum terbesar di Bali. Pura suci Hindu ini paling cantik dikunjungi saat pagi hari ketika belum dipenuhi turis. Kabut tipis yang menyelimuti danau ini menambah syahdu pemandangan eksotis Pura Ulun Danu.

Lokasi Pura Ulun Danu Bratan dekat dengan Kebun Raya Bali atau Bali Treetop Adventure Park yang cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Anda bisa berkunjung ke sana setelah puas mengeksplorasi kecantikan pura ini.

4. Pura Tirta Empul

Berdiri sejak tahun 960, Pura Tirta Empul merupakan salah satu tempat tersuci di Bali. Banyak umat Hindu di sini yang melakukan ritual penyucian diri.

Tidak hanya umat Hindu, Anda juga bisa meminta izin untuk berendam di kolam penyucian yang dialiri air sejuk dari pegunungan. Namun, untuk melakukan ritual ini Anda tidak boleh sembarangan.  Anda diharuskan memakai pakaian lengkap atau memakai sarung dan kain yang sudah disediakan di sana.

Untuk para perempuan, jangan coba-coba masuk ke sini jika sedang datang bulan. Menurut keterangan penduduk asli, jika peraturan itu tidak diikuti maka akan terjadi konsekuensi yang buruk.

5. Padang Bai

Padang Bai terletak di Bali bagian timur dan terkenal karena merupakan surga untuk para penyelam. Ada tujuh tempat penyelaman di sini yang dapat dijangkau dengan mudah naik perahu.

Tidak perlu jadi penyelam profesional dan memegang sertifikasi PADI untuk bisa menikmati alam bawah laut di sini. Anda bisa memilih tempat yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Anda bisa menjumpai berbagai ikan, kuda laut, terumbu karang yang cantik di sini. Malah, jika beruntung Anda bisa berjumpa dengan hiu dan penyu.

Setelah tahu destinasi yang harus Anda kunjungi, saatnya mencari tiket pesawat ke Bali. Anda bisa mendapatkan tiket supermurah untuk perjalanan pulang-pergi Bali, utamanya jika sudah memiliki aplikasi Traveloka.

 

Di Traveloka terdapat berbagai penawaran menarik dari berbagai maskapai. Selain itu, banyak promo yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan potongan harga lebih lagi untuk menghemat pengeluaran. Yuk, berlibur ke Bali!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com