Advertorial

Punya Rencana Liburan Akhir Tahun ke Luar Negeri, Siapkan 4 Hal Ini

Kompas.com - 30/11/2018, 18:01 WIB

Libur akhir tahun yakni natal dan tahun baru semakin dekat. Periode libur tersebut biasanya banyak dimanfaatkan orang untuk pergi berlibur. Tak hanya berlibur di dalam negeri saja, destinasi luar negeri juga menjadi favorit liburan akhir tahun.

Jika kamu punya rencana  berlibur akhir tahun ke luar negeri, tentu persiapan khusus harus kamu lakukan sedari sekarang. Berikut ini lima hal yang mesti kamu persiapkan:

1.      Siapkan itinerary yang matang

Sedari sekarang, siapkan itinerary atau rencana perjalanan yang matang. Jangan sampai saat tiba di negara tujuan, kamu belum tahu mau berkunjung ke mana saja sehingga akan terlihat seperti orang hilang.

Itinerary yang matang penting agar kamu bisa menentukan berapa banyak bujet yang harus dipersiapkan. Selain itu, rencana perjalanan yang teratur akan membuat liburan semakin puas karena kamu akan mengunjungi tempat yang memang ingin kamu datangi.

Pentingnya sebuah itinerary juga berkaitan erat dengan keharusanmu untuk tepat waktu, terutama jika menggunakan sarana transportasi umum. Tanpa rencana perjalanan yang matang, bisa jadi hlo kamu ketinggalan pesawat untuk pulang.

2.      Ketahui kondisi musim di negara tujuanmu

Jika negara tujuanmu memiliki musim yang berbeda dalam satu tahunnya (contoh: Jepang dengan empat musim setahun), maka wajib untuk mengetahui sedang musim apakah di negara itu ketika kamu datang pada akhir tahun besok.

Perlu diketahui, pada akhir tahun negara-negara di belahan bumi utara seperti Jepang dan Eropa sedang mengalami musim dingin. Sementara jika kamu berencana ke negara-negara di belahan bumi selatan, di sana sedang mengalami musim panas.

Jangan sampai kamu malah membawa jaket tebal saat berlibur di Australia karena mengira kalau di sana sedang musim dingin. Begitu pula sebaliknya, pastikan kamu tidak membawa pakaian musim panas saat liburan di Eropa yang sedang mengalami musim dingin.

3.      Pelajari adat istiadat di negara tujuan

Beda negara, beda pula adat istiadatnya. Hal yang satu ini penting agar kamu bisa menghindari apa yang tidak disukai masyarakat di tempat tujuan. Dengan tidak melakukannya, maka kamu tidak akan dicap sebagai turis kurang ajar.

Sebaliknya, kamu juga perlu tahu adat istiadat di sana agar bisa melakukan apa yang masyarakat sukai. Tentunya dengan berperilaku sesuai adat istiadat setempat, kamu tidak akan mendapat masalah ketika liburan.

Salah satu contohnya ialah memberi uang tip. Di beberapa negara seperti Jepang dan Korea Selatan, sangat tidak dianjurkan untuk memberi uang tip kepada petugas hotel atau pramusaji restoran. Jika nekat, maka bisa saja kamu malah dianggap tidak sopan.

4.      Bawa kartu kredit dengan limit yang cukup

Liburanmu ke luar negeri akan lebih simpel dan menyenangkan kalau membawa kartu kredit daripada uang tunai. Bisa dibayangkan betapa ribetnya membawa uang saku di mana kamu harus menukarnya terlebih dahulu dengan mata uang yang berlaku di negara tujuan.

Hal itu karena penggunaan kartu kredit begitu praktis dan nyaman, serta lebih aman. Hanya dengan menggesek kemudian masukkan PIN atau membubuhkan tanda tangan, transaksi pun selesai dengan cepat.

Tentu kamu butuh kartu kredit dengan limit yang cukup untuk membiayai segala kebutuhan liburanmu, mulai dari transportasi, penginapan, makan-minum, hingga suvenir.

Kepraktisan untuk menaikkan limit kartu kredit jelas akan mempermudah persiapan liburan ke luar negerimu. Inilah yang ditawarkan oleh BCA di mana kamu bisa menaikkan limit kartu kredit lewat aplikasi BCA mobile tanpa harus datang ke kantor cabang.

Prosesnya pun cepat karena kamu cukup mengakses menu m-Admin di BCA mobile kemudian memilih fitur “Request Limit Kartu Kredit”. Tutorial lengkapnya bisa dilihat di sini. Kamu akan semakin mudah dan praktis mempersiapkan libur akhir tahunmu. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com