Advertorial

Sasis, Pondasi Dasar yang Diam-diam Melindungi Penumpang

Kompas.com - 04/12/2018, 14:25 WIB

Mobil Multi-purpose Vehicle (MPV) adalah salah satu jenis mobil yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia sebagai mobil keluarga. Memiliki utilitas yang baik serta kapasitas besar untuk mengangkut hingga tujuh penumpang merupakan beberapa faktor utama populernya jenis kendaraan ini.

Tingginya permintaan ini tentunya mendorong para produsen mobil untuk berlomba-lomba menawarkan mobil ini, terutama untuk tipe low MPV. Selain kapasitas, konsumen di segmen mobil ini juga mencari mobil yang aman untuk menjamin keselamatan para anggota keluarga. Selain faktor keamanan, mobil pun harus memiliki daya tahan yang tinggi. Terlebih karakter jalan di Indonesia yang sangat beragam, baik dari segi kualitas maupun kontur.

Hal-hal terkait keamanan dan daya tahan menghadapi karakter jalanan yang beragam tersebut tentunya terkait dengan sasis. Komponen kerangka yang menjadi penopang konstruksi mobil ini memegang peran vital terkait keamanan, kenyamanan, serta daya tahan kendaraan itu sendiri.

Pada umumnya kendaraan bertipe low MPV menggunakan sasis monokok (monocoque chassis), dimana kerangka menjadi satu dengan bodi mobil. Meski ringan dan efisiensi bahan bakar menjadi salah satu kelebihan dari sasis ini, daya tahan dan kemampuan menahan daya beban menjadi isu yang belum terjawab dari tipe sasis ini.

Menjawab tantangan tersebut, Toyota Avanza menghadirkan sasis Unibody yang merupakan sasis semi-monokok yang digabung dengan sub-frame. Dua jenis sasis yang melebur dalam konstruksi penopangnya, membuat Avanza memiliki daya tahan yang lebih baik.

Sasis Unibody juga memiliki kemampuan menahan beban yang besar. Meski kapasitasnya terisi penuh oleh penumpang dan barang, Avanza tetap nyaman melaju di jalanan Indonesia yang beragam kondisinya. Selain itu sasis ini cocok dengan sistem gerak roda belakang yang dimiliki oleh Avanza, sehingga performa yang dihasilkan menjadi lebih maksimal.

Kerangka ini pun dapat mengurangi bunyi dan getaran yang seringkali terjadi saat melintasi jalan yang rusak dan bergelombang. Didukung teknologi Global Outstanding Assesment (GOA) Body, struktur ini akan melindungi seluruh penumpang. Sehingga perjalanan bersama keluarga bisa lebih aman dan menyenangkan.

Teknologi sasis ini dapat menjaga mobil tetap memiliki manuver dan handling untuk kenyamanan maksimal, tanpa mengurangi kapasitas beban yang diangkut. Tentunya dengan segala kelebihan yang dihadirkan, tidak heran jika Avanza menjadi pilihan 1,7 juta masyarakat Indonesia.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com