Advertorial

Praktisnya Liburan Akhir Tahun Bersama Kereta Api

Kompas.com - 18/12/2018, 19:28 WIB

Bulan Desember 2018 sudah hampir habis dan liburan Natal dan akhir tahun sudah di depan mata. Menghabiskan liburan akhir tahun dengan keluarga dan orang-orang terkasih di tempat-tempat favorit merupakan salah satu kebutuhan masyarakat saat ini. Di era yang serba cepat dan ketergantungan dengan dunia maya, momen kebersamaan bersama keluarga menjadi sesuatu yang sangat dinanti-nantikan.

Persiapan perlu dilakukan secara matang agar liburan akhir tahun Anda makin nyaman dan praktis. Salah satunya adalah kesiapan transportasi yang akan digunakan. Jika ingin menggunakan transportasi umum dengan keluarga, kini kereta api bisa menjadi alternatif. Apalagi, kelebihannya seperti melaju di jalur sendiri sehingga bebas macet dan waktu perjalanan yang lebih terprediksi serta pelayanannya yang nyaman, bisa Anda pertimbangkan.

Kini, liburan bersama kereta api kian praktis dengan hadirnya aplikasi KAI Access. Ini merupakan aplikasi resmi PT Kereta Api Indonesia (Persero). KAI Access versi terbaru kini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur baru untuk kian memudahkan penggunanya.

“Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa, kami harus terus melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa KA apalagi di era yang serba digital seperti saat ini,” kata Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro.

KAI Access telah dilengkapi fitur baru seperti fitur pembatalan online, perubahan jadwal online, pembelian tiket KA lokal online, pembelian tiket KA bandara, dan e-wallet. Fitur-fitur ini memudahkan penggunanya sehingga semua prosedur yang biasa dilakukan di stasiun atau harus keluar rumah kini dapat dilayani dalam satu aplikasi di genggaman Anda.

Fitur pembatalan dan perubahan jadwal online memudahkan penumpang yang ingin membatalkan dan memindahkan jadwal perjalanan karena tidak lagi perlu repot-repot datang ke stasiun. Fasilitas ini juga dapat digunakan meskipun pembelian tiket KA melalui channel eksternal lainnya. Anda hanya tinggal masuk ke menu “My Trip” dan memasukkan kode booking pembelian tiket di channel eksternal. Setelah itu Anda bisa melakukan pembatalan atau mengubah jadwal sesuai kebutuhan dan selama ketersediaan tiket masih ada.

Sedangkan fitur Pemesanan KA Lokal untuk memudahkan masyarakat dalam memesan tiket KA lokal tanpa harus mengantre di loket. Selain itu, kini di KAI Access juga terdapat fitur e-Wallet terdiri dari Mandiri e-cash, BNI Unikqu, dan Telkomsel T-Cash sehingga penumpang dengan mudah melakukan pembayaran dengan uang elektronik.

Untuk menikmati kemudahan melakukan pembatalan dan perubahan jadwal perjalanan KA caranya cukup mudah. Penumpang hanya cukup mendownload KAI Access yang dapat dilakukan mulai dari 2 jam sebelum keberangkatan. Bagi Anda yang sudah memiliki aplikasi KAI Access versi lama, fitur-fitur tambahan tersebut akan otomatis muncul dengan melakukan pembaharuan/update KAI Access.

“Dasar kami melakukan peningkatan dan penambahan fitur di KAI Access tentu karena munculnya kebutuhan dan antusiasme masyarakat menggunakan KA sebagai moda transportasi pilihan.  Saat ini pengguna KA datang dari berbagai lapisan masyarakat, dan peminatnya tiap tahun semakin meningkat. Masyarakat pun sekarang cenderung butuh yang serba praktis dan mudah,” pungkas Edi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com