Advertorial

Persiapan Liburan yang Bisa Dilakukan di Bandara

Kompas.com - 19/12/2018, 14:00 WIB

Meluangkan waktu liburan di tengah kesibukan kerja terkadang menjadi tantangan tersendiri. Agar liburan lebih nyaman, Anda tentunya harus menyelesaikan pekerjaan lebih cepat sebelum mengambil jatah cuti. Kesibukan di kantor ini yang biasanya membuat rencana perjalanan Anda sedikit terganggu.

Penting untuk melakukan pengecekan sebelum berangkat, mulai dari packing hingga membuat itinerary. Jika sudah kerepotan dengan urusan di kantor, lakukan pemeriksaan sebelum boarding jika Anda hanya sempat packing seadanya untuk mengejar jadwal penerbangan.

1. Pastikan jadwal penerbangan tepat waktu

Hal pertama yang harus dipastikan saat tiba di bandara adalah memastikan status penerbangan Anda. Meski sudah tiba di bandara sesuai dengan perkiraan jadwal, Anda tetap harus memastikan status penerbangan pesawat yang akan Anda gunakan. Banyak hal yang bisa berpengaruh pada jadwal penerbangan, faktor cuaca adalah salah satunya.

Untuk melakukan pengecekan status penerbangan dengan lebih mudah, Anda bisa menunggu sambil mencari informasi soal penerbangan. Saat menunggu waktu boarding, Anda bisa membeli makanan terlebih dahulu jika sisa waktu masih cukup lama.

Sekarang, melakukan pengecekan status penerbangan juga bisa dilakukan dengan lebih mudah jika Anda menggunakan aplikasi Traveloka. Fitur Flight Status Traveloka mengakomodasi ketersediaan informasi lengkap mengenai jadwal penerbangan Anda. Agar dapat menggunakan fitur tersebut, pastikan aplikasi Traveloka di smartphone Anda sudah diperbarui menjadi versi 3.6.

Pada kolom “Search” di aplikasi, Anda hanya perlu memasukkan flight code atau tanggal keberangkatan, lalu tekan tombol “Lihat Status”. Jika status masih belum dapat ditampilkan, artinya jadwal keberangkatan masih sesuai dengan jadwal seharusnya, akan muncul status “Scheduled”.

Jika Anda terburu-buru saat sudah menuju boarding gate, Anda masih bisa mengejar pesawat ketika status “Last Call” muncul sebagai panggilan sebelum take off. Jika penerbangan terpaksa ditunda lebih dari 15 menit, status pada aplikasi menunjukkan status “Delayed”. Status penerbangan akan berubah menjadi “Cancelled” saat penerbangan harus dibatalkan karena faktor keselamatan.

2. Periksa kembali daftar barang yang harus dibawa

Pastikan Anda sudah membawa semua barang penting yang harus dibawa. Obat-obatan pribadi harus Anda persiapkan di tempat yang mudah dijangkau. Jika hendak melakukan perjalanan ke luar negeri, sebaiknya beli obat-obatan standar di bandara. Meski sedikit lebih mahal, kamu bisa memilih obat yang sudah biasa kamu konsumsi agar lebih aman.

Tidak hanya itu, biasanya beberapa negara bahkan juga menjual obat-obatan standar seperti obat maag, obat flu, obat diare, dan minyak angin dengan harga yang berkali-kali lipat lebih mahal ketimbang harga jual di bandara.

3. Buat daftar perjalanan atau tempat yang ingin dikunjungi

Jika belum sempat membuat itinerary, setidaknya Anda sudah mempersiapkan beberapa catatan tempat yang ingin dikunjungi. Anda bisa browsing sambil menunggu waktu keberangkatan di bandara agar tidak bosan. Waktu liburan juga akan lebih efektif jika Anda sudah menentukan kapan dan tempat apa saja yang ingin diprioritaskan untuk bisa dikunjungi selama liburan.

Agar penjemputan menjadi lebih mudah, Anda juga bisa berbagi informasi penerbangan dari aplikasi Traveloka. Bagikan Flight Status Traveloka untuk orang atau travel agent yang akan menjemput di bandara tujuan.

Status penerbangan akan diperbarui secara real-time, pesawat yang menunjukkan status “In Air” menunjukkan status penerbangan yang sedang berlangsung. Ketika sudah mendarat tiba di bandara tujuan, aplikasi akan menunjukkan status “Landed”.

Baik untuk Anda yang melakukan perjalanan maupun bagi penjemput, menunggu di bandara tentu tidak sulit lagi jika sudah bisa melihat status penerbangan lewat aplikasi Traveloka. Agar perjalanan liburan yang menyenangkan, pesan tiket perjalanan liburan Anda lewat aplikasi Traveloka!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com