Advertorial

4 Persiapan yang Harus Dilakukan Saat Pertama Kali Naik Pesawat

Kompas.com - 20/12/2018, 22:52 WIB

Berbagai moda transportasi di Indonesia pada dasarnya disediakan untuk dapat mengakomodasi kebutuhan bepergian yang nyaman. Meski begitu, beberapa orang mungkin lebih memilih untuk menggunakan jalur darat atau laut untuk beberapa alasan, misalnya keselamatan.

Namun, akhirnya setiap orang mungkin tidak punya pilihan lain ketika harus bepergian ke luar negeri. Moda transportasi udara menjadi satu-satunya pilihan tercepat serta jauh lebih murah dan mudah.

Tidak seperti stasiun atau pelabuhan, ada beberapa tahap berbeda yang harus Anda perhatikan saat pertama kali naik pesawat. Berikut ini adalah 4 persiapan yang harus Anda lakukan:

1. Datang lebih cepat untuk check-in

Sebelum penerbangan, setiap maskapai mengharuskan penumpang untuk melakukan check-in. Tidak semua maskapai memiliki kebijakan yang sama saat menentukan batas check-in.

Maka dari itu, penting melakukan pengecekan untuk memperkirakan waktu yang dibutuhkan ketika tiba di bandara.

Biasanya, Anda disarankan tiba setidaknya 90 menit sebelum keberangkatan untuk dapat menjalankan semua prosedur sebelum penerbangan berlangsung.

2. Persiapkan penyimpanan barang bawaan

Saat check-in, Anda juga akan ditanya tentang barang-barang yang akan dibawa ke dalam pesawat terkait prosedur keamanan. Saat berangkat, Anda mungkin hanya membawa koper kecil, tetapi hampir tidak mungkin pulang dari luar negeri tanpa membawa oleh-oleh.

Anda masih bisa membawa masuk koper ke dalam pesawat dan menyimpannya di bagasi kabin jika beratnya tidak lebih dari 7 kg. Namun, Anda harus memiliki baggage allowance untuk menyimpan koper di bagasi pesawat jika berat koper melebihi batas itu.

Hindari membayar kelebihan muatan di bandara karena biasanya dikenakan biaya lebih mahal. Salah satu layanan bagasi bisa diakses lebih praktis dengan memesan online lewat fitur additional services di aplikasi Traveloka.

3. Perkirakan waktu boarding lewat boarding gate

Setelah check-in, Anda harus menemukan boarding gate yang biasanya ditutup 15 menit sebelum keberangkatan. Anda bisa memanfaatkan Flight Status Traveloka untuk mengetahui status penerbangan pesawat.

Anda harus bergegas menuju boarding gate jika status menunjukkan “Last Call” karena pesawat akan segera lepas landas. Selain itu, informasi pesawat yang delay atau terpaksa dibatalkan (cancelled) juga bisa dipastikan dengan melihat informasi pada flight status.

 Jika ingin mengunjungi restoran atau toko oleh-oleh di bandara, pastikan Anda sudah mengetahui lokasi boarding gate agar tidak terburu-buru.

4. Duduk di kursi yang tertera pada tiket

Pastikan tiket dan paspor tersimpan di tempat yang mudah dijangkau. Sesampainya di pesawat, Anda akan disambut oleh salah satu awak kabin yang akan menunjukkan tempat duduk. Tiket akan diperiksa untuk memastikan Anda berada pada penerbangan yang benar.

Setelah menemukan tempat duduk, simpan barang bawaan di bagasi kabin atas kursi. Pastikan Anda duduk di kursi yang tepat. Gunakan layanan seat selection Traveloka jika Anda ingin memesan tiket dengan kursi di dekat jendela untuk melihat pemandangan.

Empat hal itu perlu diperhatikan agar penerbangan pertama Anda berlangsung nyaman. Akses layanan penerbangan sudah bisa dilakukan dengan mudah secara online. Jadi untuk penerbangan yang nyaman, pesan saja tiket pesawat dari aplikasi Traveloka!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com